Banyak orang rentan terserang penyakit seperti batuk saat sedang berlibur
Batuk pilek merupakan penyakit yang rentan menghantui ketika musim liburan tiba

Musim liburan selalu menjadi sesuatu yang ditunggu-tunggu dan diharapkan. Berbagai perencanaan sudah disusun demi liburan yang menyenangkan. 

Semuanya akan berjalan dengan lancar, andai saja Anda tidak terserang sakit saat sedang berlibur. Faktanya, Anda dan keluarga memang lebih rentan terkena penyakit saat sedang musim liburan.

Umumnya, keluhan sakit yang dialami saat atau setelah musim liburan adalah kelelahan, mual, sakit kepala, flu, nyeri otot, dan pilek. Apakah semua penyakit dan gangguan fisik di atas memang lebih mungkin terjadi saat sedang musim liburan?

Benarkah seseorang lebih rentan sakit ketika musim liburan?

Saat musim liburan, Anda dan keluarga tentunya sudah menetapkan berbagai aktivitas yang akan dilakukan di beragam tempat wisata yang menarik.

Sayangnya, segala persiapan tersebut malah dapat menimbulkan stres karena Anda ingin liburan berjalan lancar. Tak jarang, Anda juga kurang tidur karena terlalu gembira menyambut datangnya liburan.

Stres yang Anda rasakan ini akan meningkatkan hormon kortisol dalam tubuh yang bisa memengaruhi sistem imun tubuh dalam melawan penyakit. Ditambah lagi ketika Anda kurang tidur, Anda lebih berisiko terkena pilek.

Tidak hanya itu, saat sedang dalam perjalanan di pesawat, Anda dan keluarga bisa saja terpapar oleh virus dan bakteri. 

Di dalam pesawat, Anda tak pernah tahu apakah penumpang lainnya membawa virus atau bakteri. Saat kekebalan tubuh Anda menurun akibat stres mempersiapkan liburan, Anda bisa saja terinfeksi virus dan bakteri dari penumpang lain.

Namun, jangan salah, penularan bakteri dan virus dapat terjadi kapan saja saat sedang musim liburan. Anda dan keluarga dapat terinfeksi bakteri dan virus saat sedang menyentuh uang, gagang pintu, dan sebagainya.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh saat musim liburan

Salah satu kunci untuk mengurangi kemungkinan Anda dan keluarga terserang penyakit saat liburan adalah dengan menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh. Cara meningkatkan kekebalan tubuh bisa dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti:

  • Berolahraga secara rutin
  • Mengelola stres dengan benar
  • Mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan bergizi imbang, serta memperbanyak sayur-mayur dan buah-buahan
  • Beristirahat yang cukup
  • Mengurangi konsumsi alkohol
  • Menghindari dan berhenti merokok
  • Menjaga kebersihan diri, seperti mencuci tangan dengan benar setelah berakivitas

Menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh adalah salah satu dasar dari menjaga kesehatan agar tidak rentan terkena penyakit. Namun, beberapa hal juga perlu dilakukan untuk bisa mengurangi kemungkinan terpapar virus dan bakteri saat musim liburan.

Tips ampuh untuk menghindari sakit saat musim liburan untuk penumpang pesawat

Tidak ada yang menginginkan sakit saat musim liburan. Selain menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, Anda dapat mempraktikkan tips-tips di bawah ini untuk menghindari terinfeksi virus dan bakteri saat di pesawat.

  • Minta air mineral dalam kemasan saat di pesawat

Meminum air mineral sebagai salah satu cara untuk menjaga cairan tubuh perlu dilakukan, tetapi saat sedang di pesawat, usahakan untuk meminta air yang masih dalam kemasan. 

Terkadang tangki air mineral dalam pesawat jarang dibersihkan dan dapat menjadi sarang pertumbuhan bakteri. Selain itu, hindari juga konsumsi alkohol, minuman bersoda, dan kopi saat sedang di dalam pesawat.

  • Pilih kursi pesawat dekat jendela 

Pemilihan kursi pesawat tidak hanya menentukan kenyamanan dalam pesawat, tetapi juga dapat menentukan kemungkinan Anda dan keluarga terekspos dengan bakteri dan virus. 

Biasanya, kursi pesawat yang berada di samping lorong adalah kursi pesawat yang memiliki banyak bakteri dan virus. 

Hal ini karena penumpang yang sehabis dari kamar kecil akan lebih sering menyentuh kursi pesawat dekat lorong sebagai pegangan saat berjalan atau kembali ke tempat duduk.

  • Bersihkan kursi pesawat yang diduduki 

Sebelum duduk, tidak ada salahnya Anda dan keluarga membersihkan kursi pesawat dengan tisu basah yang mengandung desinfektan, terutama bagian-bagian kursi pesawat yang sering menjadi tempat bakteri dan virus berada.

Daerah-daerah yang sering menjadi sarang dari bakteri dan virus adalah bagian tempat menaruh lengan dan meja untuk makan. Bakteri dan virus bisa tetap hidup dan aktif di daerah-daerah tersebut hingga 12 jam.

  • Pastikan hidung tetap lembap

Udara yang kering dalam pesawat malah membuat Anda dan keluarga lebih rentan terkena infeksi virus dan bakteri, khususnya bagi orang-orang yang mudah terjangkit infeksi pernapasan.

Hal ini karena jaringan pada hidung, mulut, dan tenggorokan yang berfungsi untuk melindungi dari infeksi virus dan bakteri akan bekerja dengan optimal ketika sedang lembap.

Anda dan keluarga bisa menggunakan semprotan hidung yang berisi larutan garam atau saline yang tidak mengandung pengawet. Alternatif lainnya adalah mengoleskan gel saline atau lidah buaya pada lubang hidung.

Jangan sebarkan penyakit pada orang lain

Jika Anda terjangkit penyakit tertentu atau menjadi sakit menjelang musim liburan, maka ada baiknya bila Anda beristirahat di rumah dan menunda liburan Anda. 

Selain memberikan waktu bagi tubuh untuk sembuh, Anda juga bisa mencegah penularan penyakit kepada orang lain yang juga sedang berlibur. Konsultasikan ke dokter apabila sakit yang diderita makin parah atau tidak kunjung sembuh.

Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/easier-get-sick-holidays/
Diakses pada 02 Agustus 2019

Harvard Health Publishing. https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/how-to-boost-your-immune-system
Diakses pada 02 Agustus 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health-news/why-we-are-sick-during-holidays#1
Diakses pada 02 Agustus 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/26118561
Diakses pada 02 Agustus 2019

The University of Melbourne. https://medicine.unimelb.edu.au/news-and-events/do-you-really-get-sick-as-soon-as-you-go-on-holiday
Diakses pada 02 Agustus 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed