Rendah Karbohidrat, Ini Pilihan Buah untuk Diet Keto yang Bisa Anda Konsumsi

(0)
22 Nov 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Buah alpukat merupakan salah satu pilihan sempurna sebagai buah untuk diet ketoAlpukat tinggi kandungan lemak sehat dan sangat ideal untuk dikonsumsi saat diet keto
Dalam menjalani diet keto, Anda akan perlu menjaga asupan karbohidrat serendah mungkin dan mengutamakan makanan tinggi lemak dan cukup protein. Biasanya, dalam prinsip diet keto, karbohidrat yang dikonsumsi harian memiliki rentang kurang dari 20 gram hingga 50 gram. Namun, pembatasan karbohidrat dalam diet keto tak harus membuat Anda melupakan nutrisi dari buah-buahan. Beberapa buah mengandung karbohidrat bersih yang rendah sehingga tetap bisa dikonsumsi sewajarnya. Simak ragam pilihan buah untuk diet keto.

Pilihan buah untuk diet keto untuk penuhi serat dan nutrisi mikro

Berikut ini beberapa pilihan buah untuk diet keto yang bisa Anda sisipkan:

1. Alpukat

Buah alpukat merupakan salah satu pilihan sempurna sebagai buah untuk diet keto. Buah yang memang populer dalam budaya hidup sehat ini tinggi dengan kandungan lemak sehat – membuatnya ideal untuk diet keto yang mengutamakan konsumsi lemak sehat.Buah alpukat juga rendah dengan karbohidrat, yakni sekitar 8,5 gram untuk setiap 100 gram. Hampir 7 gram dari karbohidrat tersebut merupakan serat.  

2. Semangka

Siapa sangka, buah semangka yang identik dengan rasa manisnya juga dapat menjadi pilihan buah untuk diet keto. Dibandingkan buah lain, semangka relatif rendah dengan karbohidrat yang hanya sekitar 11,5 gram untuk setiap 152 gram. Jumlah tersebut memberikan sekitar 0,5 gram serat.Namun, asupan karbohidrat bersih dalam semangka tentu akan kembali lagi pada konsumsi Anda. Anda mungkin perlu mengurangi sajian di atas jika Anda ingin mencoba sumber karbohidrat lain saat menjalani diet keto.

3. Stroberi

Strawberry cocok sebagai buah untuk diet keto
Stroberi mengandung serat yang tinggi
Stroberi juga bisa Anda konsumsi dengan bijak sebagai buah untuk diet keto. Buah imut kemerahan ini rendah karbohidrat namun tinggi dengan serat. Untuk 152 gram buah stroberi, terkandung karbohidrat total sebanyak 11,7 gram – dengan 3 gramnya merupakan serat. Konsumsi stroberi saat menjalani diet keto juga memberikan asupan nutrisi mikro, termasuk vitamin C, mangan, dan vitamin B9. Jangan abaikan pula kandungan zat antioksidan dalam stroberi, seperti antosianin.

4. Tomat

Walau sering diolah dan dikonsumsi sebagai sayur, tomat sebenarnya merupakan jenis buah. Buah ini cocok untuk diet keto karena rendah karbohidrat dibandingkan buah lain. Setiap 180 gram tomat mentah hanya mengandung 7 gram karbohidrat total. Sekitar 2 gramnya merupakan serat yang tak bisa dicerna tubuh. Tomat merupakan buah yang rendah kalori dengan beragam nutrisi mikro, termasuk vitamin C, kalium, vitamin K1, dan folat. Buah kemerahan ini juga mengandung beragam zat antioksidan, seperti likopen dan beta-karoten.

5. Melon jingga

Melon jingga atau cantaloupe juga menjadi pilihan buah untuk diet keto yang masih berkerabat dengan melon madu dan semangka. Setiap 156 gram melon jingga mengandung 12,7 gram karbohidrat total – dengan 1,5 gram di antaranya merupakan serat.Melon jingga juga bernutrisi karena mengandung vitamin B9 atau folat, kalium, vitamin K, dan antioksidan untuk mata yang disebut beta-karoten. Anda bisa mengonsumsi melon yang disesuaikan dengan batas karbohidrat Anda dalam menjalani diet keto.

6. Belimbing

Belimbing merupakan buah khas Asia Tenggara yang ternyata juga dapat dikonsumsi sebagai buah untuk diet keto. Setiap 108 gram belimbing hanya mengandung karbohidrat total 7,3 gram dengan 3 gram di antaranya merupakan serat. Tak sampai di situ, belimbing juga mengantongi vitamin C, tembaga, kalium, dan vitamin B5 (asam pantotenat).

7. Persik

Beberapa orang mungkin masih awam dengan buah persik. Padahal, buah ini juga relatif rendah karbohidrat sehingga cocok menjadi buah untuk diet keto. Tiap 154 gram buah belimbing mengandung 14,7 gram karbohidrat total dengan 2,5 gram di antaranya merupakan serat. Buah persik turut mengandung nutrisi mikro lain, seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B3 (niasin), dan kalium. Konsumsi buah persik dengan makanan nabati tinggi flavonoid dan stilbene juga dikaitkan dengan pengendalian kolesterol dan trigliserida di dalam tubuh.

Sayuran untuk diet keto yang juga tinggi serat

Selain mengonsumsi buah untuk diet keto di atas, Anda pun masih bisa menikmati beragam jenis sayuran saat menjalani diet ini. Beberapa pilihan sayuran untuk diet keto, yaitu:
  • Asparagus
  • Brokoli
  • Kubis
  • Kembang kol
  • Terong
  • Kale
  • Selada
  • Bayam

Catatan dari SehatQ

Ada beragam buah untuk diet keto yang bisa Anda sisipkan, termasuk alpukat, semangka, tomat, dan stroberi. Persik dan belimbing juga menjadi pilihan buah untuk diet keto. Apabila masih memiliki pertanyaan buah untuk diet keto, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ tersedia gratis di Appstore dan Playstore yang berikan informasi diet terpercaya.
makanan sehatmakanan dietnutrisidiet ketomenurunkan berat badanbuah dan sayuran
Health. https://www.health.com/nutrition/keto-fruits
Diakses pada 9 November 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/ketogenic-diet-101
Diakses pada 9 November 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/keto-fruit
Diakses pada 9 November 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/ketogenic-diet-foods
Diakses pada 9 November 2020
US Department of Agriculture. https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/1102710/nutrients
Diakses pada 9 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait