Rendah Kalori dan Kaya Protein, Ini Manfaat Konsumsi Daging Kepiting


Meski bercangkang serta hanya mengandung sedikit daging, manfaat kaki kepiting adalah kaya vitamin dan mineral.

(0)
27 Nov 2020|Azelia Trifiana
Kepiting mengandung vitamin dan mineralSelain enak, kepiting mengandung vitamin dan mineral
Bagian mana dari kepiting yang menjadi favorit Anda? Mulai dari daging hingga kakinya, semuanya bernutrisi. Tak hanya itu, manfaat kepiting juga memberikan asupan vitamin, mineral, serta lemak sehat pada tubuh.Bagian kaki kepiting memiliki area bercangkang lebih banyak dibandingkan dengan dagingnya. Meski demikian, justru ini adalah bagian yang dagingnya paling terasa sedap.

Kandungan nutrisi kepiting

Mirip seperti lobster, kepiting adalah sumber protein dan asam lemak omega-3 melimpah. Di tiap 100 gram kepiting bagian kakinya saja, sudah memenuhi 35-39% kebutuhan protein harian seseorang. Berbeda jenis kepiting, akan lain pula kandungan nutrisinya.Lebih jauh lagi, kandungan nutrisi dalam 100 gram kaki kepiting jenis Alaskan king crab adalah:
  • Kalsium: 5% AKG
  • Copper: 131% AKG
  • Magnesium: 15% AKG
  • Fosfor: 22% AKG
  • Potasium: 6% AKG
  • Selenium: 73% AKG
  • Zinc: 69% AKG
  • Vitamin B12: 497% AKG
Sementara untuk dagingnya, sebagian besar kalori datang dari proteinnya. Cara mengolah juga sangat berpengaruh terhadap jumlah total kalori dan lemaknya.Apabila ingin menghindari asupan lemak berlebih, hindari butter atau saus krim yang menambah jumlah kalori. Sebanyak 1 sendok makan butter leleh saja sudah menambah 100 kalori, utamanya dari lemak jenuh.Tak sedikit pula yang khawatir dengan kadar kolesterol dari daging kepiting. Dalam 85 gram kepiting terdapat kurang dari 0,2 gram lemak jenuh, sedangkan asupan normal lemak jenuh yang direkomendasikan adalah antara 16-22 gram per-hari. Anda harus memerhatikan total asupan lemak (jenuh dan tak jenuh) agar tidak melebihi 25%-30% kalori harian.

Manfaat konsumsi kepiting

Dalam kategori hewan air bercangkang, kepiting adalah salah satu yang paling bernutrisi. Nutrisi-nutrisi penting ini menjadikannya bermanfaat untuk tubuh, dengan cara:

1. Kaya asam lemak omega-3

Sangat penting memastikan asupan asam lemak omega-3 tercukupi. Apabila mengalami kekurangan nutrisi jenis ini, bisa terjadi penyakit kulit. Sebaliknya, orang yang mendapat asupan asam lemak omega-3 sesuai kebutuhan dapat menurunkan risiko mengalami penyakit jantung, saraf, peradangan, dan penyakit mata.Selain itu, asam lemak ini juga dapat menjaga keseimbangan kadar kolesterol sehingga risiko terjadinya peradangan pun menurun. Sejalan dengan itu, tekanan darah juga lebih terkendali sehingga mencegah penyakit jantung hingga risiko mengalami stroke.

2. Memperkuat tulang

Kalsium merupakan faktor penting untuk kesehatan tulang manusia. Tak hanya itu, fosfor juga merupakan mineral yang tak kalah krusial. Daging kepiting mengandung fosfor yang bermanfaat bagi pertumbuhan tulang dan gigi. Fosfor juga dapat menjaga tulang tetap kuat serta mencegah penyakit aibat penuaan seperti osteoporosis.

3. Baik untuk otak

Daging otak juga mengandung banyak nutrisi seperti vitamin B2, selenium, copper, dan asam lemak omega-3. Zat-zat ini sangat baik untuk perkembangan otak serta meningkatkan fungsi kognitif sistem saraf. Tak hanya itu, mengonsumsi kepiting juga dapat mengurangi risiko radang dan penebalan pembuluh darah.

4. Sumber antioksidan

Kandungan antioksidan dalam kepiting juga bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh. Zat seperti selenium dan riboflavin dapat mengoptimalkan fungsi sistem imun sekaligus mencegah terjadinya penyakit kronis. Lebih jauh lagi, antioksidan dalam kepiting juga dapat menangkal zat radikal bebas yang buruk bagi tubuh.

5. Melancarkan sirkulasi darah

Mineral dalam kepiting seperti copper membantu penyerapan zat besi oleh sistem pencernaan. Tak hanya itu, mineral ini juga mengoptimalkan produksi sel darah merah sehingga darah yang mengalir di tubuh membawa cukup oksigen.Masih berkat copper di dalamnya, zat ini dapat mempercepat proses penyembuhan serta pertumbuhan sel-sel tubuh setelah cedera atau sakit. Kepiting merupakan sumber copper yang cukup tinggi, sudah memenuhi 131% angka kecukupan gizi harian.

Adakah efek sampingnya?

Kandungan yang komposisinya paling menonjol dalam kepiting adalah copper (131% AKG) dan vitamin B12 (479% AKG). Risiko terlalu banyak mengonsumsi vitamin B12 tidak terlalu signifikan mengingat jenisnya yang merupakan vitamin larut air.Di sisi lain, ada risiko mengonsumsi terlalu banyak copper. Mineral ini dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti diare dan muntah. Bahkan, akumulasi copper dalam jangka panjang dapat menyebabkan gagal organ.Tak hanya itu, perhatikan pula asupan sodium dari mengonsumsi kepiting. Apabila Anda memiliki tekanan darah tinggi, sebaiknya batasi konsumsinya. Jika Anda ingin tahu alternatif cara mengolah kepiting yang tidak menambah kalori dan sodiumnya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
makanan sehathidup sehatpola hidup sehat
Live Strong. https://www.livestrong.com/article/378158-are-crab-legs-a-healthy-food/
Diakses pada 13 November 2020
Global Seafoods. https://globalseafoods.com/blogs/news/why-eating-crab-is-good-for-you
Diakses pada 13 November 2020
Live Strong. https://www.livestrong.com/article/339094-is-crab-meat-healthy/
Diakses pada 13 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait