Renang Gaya Kupu-Kupu Paling Efektif Turunkan Berat Badan Dibanding Teknik Lain, Benarkah?


Renang gaya kupu-kupu memiliki banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya menurunkan berat badan. Dibandingkan dengan gaya renang lain, berenang memakai teknik kupu-kupu membakar lebih banyak kalori.

(0)
Berenang gaya kupu-kupu dapat membakar kalori dalam jumlah besarBerenang gaya kupu-kupu dapat membakar kalori dalam jumlah besar
Setiap orang mempunyai gaya favorit masing-masing ketika berenang. Salah satu gaya yang cukup sering dijadikan pilihan saat berenang yaitu kupu-kupu. Meski terbilang sulit dilakukan, gaya renang kupu-kupu disebut mempunyai beragam manfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk menurunkan berat badan.

Benarkah renang gaya kupu-kupu bantu turunkan berat badan?

Renang gaya kupu-kupu merupakan teknik yang paling efektif untuk menurunkan berat badan. Saat melakukan gaya kupu-kupu, seluruh tubuh Anda dituntut untuk bergerak. Hal itu membuat gaya renang ini membakar paling banyak kalori dibandingkan teknik lain.Ketika melakukan renang gaya kupu-kupu selama 30 menit, tubuh Anda membakar sekitar 450 kalori. Jumlah tersebut jauh lebih banyak dibanding ketika Anda berenang dengan gaya bebas (300 kalori) dan gaya punggung (250 kalori) dalam waktu yang sama.

Manfaat renang gaya kupu-kupu selain menurunkan berat badan

Manfaat renang gaya kupu-kupu umumnya sama dengan teknik lain. Berikut sejumlah manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan berenang menggunakan gaya kupu-kupu:

1. Membentuk otot

Berenang dengan gaya kupu-kupu dapat membantu membentuk otot tubuh. Selain itu, teknik renang ini juga memberi beragam dampak positif untuk tubuh secara keseluruhan, mulai dari mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dengan meningkatkan detak jantung, membentuk otot, hingga membangun ketahanan.

2. Meningkatkan kualitas tidur

Olahraga renang bisa membantu meningkatkan kualitas tidur di malam hari. Menurut sebuah studi yang dilakukan pada penderita insomnia, mereka mengalami peningkatan kualitas tidur setelah melakukan olahraga aerobik atau kardio secara teratur. Berenang sendiri merupakan salah satu jenis olahraga kardio.

3. Memperbaiki mood

Menurut penelitian yang dilakukan terhadap kelompok penderita demensia, olahraga air seperti dapat membantu meningkatkan suasana hati para peserta. Hasil tersebut didapat setelah para peserta diminta untuk berpartisipasi dalam program akuatik.

4. Mengurangi nyeri

Semua gaya renang, termasuk kupu-kupu bisa membantu mengurangi rasa nyeri. Selain itu, jenis olahraga ini juga turut mempercepat pemulihan bagian tubuh yang mengalami cedera. Dalam sebuah studi, penderita osteoarthritis yang melakukan aktivitas fisik seperti berenang dan bersepeda membuat nyeri maupun kekakuan sendi yang dialami para peserta berkurang secara signifikan. Hal tersebut membuat para peserta menjadi lebih bisa bergerak leluasa.

5. Melatih pernapasan

Renang gaya kupu-kupu membantu Anda untuk mengontrol pernapasan dengan baik. Selain itu, teknik ini juga membantu meningkatkan kapasitas paru-paru dengan cara latihan menahan napas. Meski begitu, Anda harus berhati-hati ketika berenang dalam kolam yang menggunakan campuran klorin dalam airnya karena dapat meningkatkan risiko terserang asma.

Cara melakukan teknik renang gaya kupu-kupu dengan benar

Gaya kupu-kupu adalah gerakan layaknya gelombang yang menggabungkan ayunan lengan dan tendangan layaknya lumba-lumba. Agar  mendapatkan manfaat renang gaya kupu-kupu untuk menurunkan berat badan secara optimal, Anda harus memastikan bahwa gerakan yang dilakukan sudah benar. Berikut ini cara berenang dengan gaya kupu-kupu yang benar:

1. Posisi tubuh

Dalam melakukan gerakan renang gaya kupu-kupu, tubuh dan kepala Anda harus menghadap ke air dengan posisi bahu dan pinggul sejajar. Usahakan supaya tubuh Anda sedekat mungkin dengan permukaan air.

2. Gerakan lengan

Ketika hendak berenang dengan gaya kupu-kupu, ada tiga gerakan lengan yang harus Anda perhatikan:
  • Catch: dengan posisi lengan lurus ke depan, bahu dan telapak tangan menghadap ke dalam air, lakukan dorongan ke bawah dengan menggunakan kedua tangan Anda. 
  • Pull: tarik kedua tangan ke sisi samping tubuh dengan gerakan setengah lingkaran. Jaga agar posisi siku Anda lebih tinggi dari tangan.
  • Recovery: setelah kedua tangan berada pada masing-masing sisi paha, sapukan lengan Anda keluar dari air. Lempar kedua tangan Anda ke depan untuk kembali ke posisi awal. Pastikan telapak tangan menghadap keluar sehingga ibu jari Anda masuk ke dalam air terlebih dahulu.

3. Teknik bernapas

Renang gaya kupu-kupu menuntut Anda untuk mengambil napas dalam waktu cepat. Waktu yang paling tepat untuk mengambil napas adalah ketika memasuki fase recovery. Saat Anda menyapukan lengan keluar dari air, angkat dagu ke atas air untuk mengambil napas.

4. Gerakan kaki

Agar bisa menguasai gerakan kaki di teknik kupu-kupu, Anda harus membayangkan diri seperti seekor lumba-lumba. Dengan posisi kedua kaki rapat dan jari kaki mengarah ke bawah, lakukan tendangan sebagai bentuk dorongan.Tendangan kecil diperlukan untuk menyeimbangkan posisi tubuh saat mulai masuk ke dalam air. Sementara itu, tendangan besar dilakukan untuk mendorong tubuh maju ke depan seusai kehilangan momentum selama fase recovery.

5. Gerakan tubuh

Saat melakukan gaya kupu-kupu, Anda harus menggerakkan tubuh layaknya gelombang atau huruf S. Mirip dengan menari, biarkan insting Anda mengambil alih dan mengikuti arus gerakan. Butuh waktu yang cukup lama dan latihan keras untuk bisa menguasai gerakan ini.

Catatan dari SehatQ

Manfaat renang gaya kupu-kupu sangatlah beragam untuk tubuh, salah satunya menurunkan berat badan. Selain itu, teknik berenang ini juga memberikan dampak positif seperti layaknya gaya renang lain, mulai dari membentuk otot, melatih pernapasan, hingga mengurangi nyeri.Untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai renang gaya kupu-kupu serta manfaatnya untuk tubuh, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
tips diettips olahragamenurunkan berat badanberenang
Healthline. https://www.healthline.com/health/exercise-fitness/how-to-swim-to-lose-weight
Diakses pada 19 Januari 2021
Swimming.org. https://www.swimming.org/justswim/best-swimming-stroke-for-weight-loss/#:~:text=1st%20place%3A%20Butterfly&text=It's%20most%20effective%20all%20round,the%20body%20to%20improve%20posture.
Diakses pada 19 Januari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/benefits-of-swimming
Diakses pada 19 Januari 2021
ActiveSG. https://www.myactivesg.com/Sports/Swimming/Training-Method/Swimming-for-Beginners/How-to-swim-butterfly-stroke
Diakses pada 19 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait