Rempah Pencegah Peradangan, Coba Rasakan Manfaat Teh Kunyit


Selain menjadi bumbu untuk masakan, sejak dulu kunyit banyak digunakan untuk pengobatan berkat kandungan antioksidannya yang tinggi. Mulai dari mencegah alzheimer hingga penyakit hati.

(0)
05 Feb 2021|Azelia Trifiana
Jus kunyit baik untuk mencegah kankerJus kunyit baik untuk mencegah kanker
Jika bosan dengan air putih atau infused water, teh kerap kali menjadi pilihan untuk variasi. Sudah pernah coba teh kunyit? Rempah kaya antioksidan ini bisa membantu melawan sekaligus mencegah peradangan dalam tubuh.Rasanya menarik, unik namun tidak terlalu dominan. Siapa tahu, dengan mengonsumsinya masalah medis yang diderita bisa mereda. Bonusnya, tubuh pun jadi lebih sehat.

Manfaat konsumsi teh kunyit

Bukan hanya bumbu untuk masakan, sejak dulu kunyit banyak digunakan untuk pengobatan berkat kandungan antioksidannya yang tinggi. Beberapa manfaatnya adalah:

1. Mencegah penyakit Alzheimer

Kandungan curcumin dalam kunyit dapat membantu mencegah penyakit degeneratif seperti Alzheimer. Fungsi antioksidan ini juga terbukti dalam penelitian menurunkan akumulasi amyloid yang berhubungan erat dengan terjadinya Alzheimer.Tak hanya itu, ada temuan yang melihat potensi teh kunyit dalam mengatasi depresi.

2. Membantu mencegah kanker

Teh kunyit bahkan bermanfaat untuk mencegah kanker, berkat kandungan antioksidan dan anti-peradangan di dalamnya. Menurut The National Cancer Institute, curcumin bersifat antikarsinogen yang bisa membantu mencegah kanker.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Jika merasa mudah sakit dan kesibukan menuntut mobilitas tinggi, coba konsumsi teh rempah yang satu ini untuk meningkatkan imunitas. Bahkan, hal ini terbukti efektif juga pada orang yang menderita penyakit autoimun. Ada studi pada tahun 2007 lalu yang menyebut kunyit dapat mengatur sistem kekebalan tubuh dengan baik.

4. Meredakan gejala arthritis

Arthritis adalah radang sendi akibat penumpukan kristal asam urat. Jika mengalami hal ini, coba konsumsi teh kunyit yang bisa membantu meredakannya. Kandungan curcumin lagi-lagi bisa mengurangi rasa nyeri akibat peradangan.Menariknya, cara kerja kandungan aktif dalam kunyit ini bisa sama efektifnya dengan mengonsumsi obat. Hanya saja, tidak disertai dengan efek samping.

5. Menurunkan kolesterol

Kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat yang terlalu tinggi bisa berpengaruh terhadap kesehatan, termasuk meningkatkan risiko menderita berbagai masalah seperti penyakit jantung dan stroke.Kabar baiknya, kunyit bisa efektif menurunkan kolesterol. Dalam sebuah penelitian di tahun 2008, ditemukan korelasi antara dosis rendah curcumin dengan menurunnya kadar LDL dan kolesterol secara keseluruhan. Ini tentu saja juga berdampak positif bagi kesehatan jantung.

6. Melindungi dari masalah hati

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan dalam kunyit bisa melindungi hati dari kerusakan. Teh kunyit bisa meningkatkan produksi cairan empedu. Di saat yang sama, sel hati juga terlindung dari kerusakan yang berkaitan dengan zat kimia empedu.

7. Potensi mengatasi masalah paru

Para peneliti meyakini ada manfaat dari curcumin terhadap masalah paru, yaitu dengan meredakan gejala penyakit paru kronis atau menahun. Dalam ulasan medis tahun 2017, diketahui bahwa kandungan dalam kunyit bisa mengobati asma, cystic fibrosis, kanker paru, hingga penyakit paru obstruktif kronis. Namun, masih perlu penelitian lebih lanjut seputar hal ini.

8. Potensi mencegah diabetes

Kunyit juga digunakan dalam pengobatan alternatif untuk mencegah hingga meredakan diabetes. Beberapa studi pada uji coba hewan hingga manusia menunjukkan pemberian suplemen curcumin berpotensi bekerja mencegah diabetes.

Cara membuat teh kunyit

Sangat mudah membuat sendiri teh kunyit di rumah. Tahapannya adalah:
  • Rebus 3-4 cangkir air
  • Tambahkan 2 sendok teh kunyit, aduk rata
  • Matikan api, dinginkan selama 5-10 menit
  • Saring teh ke kontainer atau tempat penyimpanan lain
Setelah itu, Anda juga bisa menambahkan madu, lemon, atau susu untuk memperkuat rasanya. Selama dikonsumsi dalam porsi wajar, kunyit tidak menimbulkan efek samping apa-apa.Meski demikian, ada beberapa kondisi yang perlu diperhatikan apabila Anda pernah mengalami masalah seperti:
  • Batu empedu
  • Peradangan empedu
  • Penyumbatan saluran empedu
  • Tukak lambung
  • Diabetes
Ingat pula bahwa apapun yang berlebihan tidak akan baik. Mengonsumsi kunyit terlalu banyak bisa menimbulkan efek samping seperti tingginya kadar asam dalam lambung hingga mengencerkan darah.Itulah mengapa, orang yang akan menjalani operasi sebaiknya tidak mengonsumsi teh kunyit sejak 2 minggu sebelumnya. Tak hanya itu, orang yang mengonsumsi obat pengencer darah juga sebaiknya tidak minum teh kunyit karena fungsinya yang serupa.

Di luar itu, hampir semua orang boleh mengonsumsi teh kunyit dan merasakan manfaatnya. Utamanya, bagi orang yang kerap merasakan nyeri akibat peradangan seperti yang terjadi pada penderita arthritis.Jika ingin berdiskusi lebih lanjut apa saja pengobatan yang mungkin berinteraksi dengan kunyit, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
makanan sehathidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/turmeric-tea-benefits#_noHeaderPrefixedContent
Diakses pada 22 Desember 2021
Springer Plus. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3591524/
Diakses pada 22 Desember 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319638#preparation
Diakses pada 22 Desember 2021
WebMD. https://www.webmd.com/diet/turmeric-tea-good-for-you#1
Diakses pada 22 Desember 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait