Remaja Perempuan Harus Tahu, Ini Tanda-tanda Payudara Ingin Membesar

Gatal di sekitar puting dan area dada terasa kenyal menjadi salah satu tanda-tanda payudara ingin membesar.
Salah satu tanda-tanda payudara ingin membesar adalah munculnya benjolan yang terasa kencang di bawah puting.

Seiring berjalannya waktu, remaja perempuan akan tumbuh menjadi wanita dewasa. Perubahan fisik pun banyak terjadi, salah satunya payudara yang membesar. Sebelum sampai ke tahap itu, ada tanda-tanda payudara ingin membesar, yang harus diketahui.

Sangatlah normal, bagi remaja perempuan, yang penasaran dan banyak bertanya, tentang pertumbuhan payudaranya. Melihat perubahan pada tubuh, tentu bisa menjadi hal yang bisa mencemaskan. Namun, semua itu normal. Sebab, setiap remaja perempuan, akan merasakannya.

Tanda-tanda payudara ingin membesar

Payudara remaja perempuan, biasanya akan tumbuh, saat menginjak usia 8-13 tahun. Pertumbuhan payudara akan terus berlanjut, hingga mencapai awal usia 20 tahun.

Payudara bisa tumbuh dalam bentuk dan ukuran yang tak dapat ditebak. Biasanya, berat badan dan faktor genetik menjadi penentu bentuk serta ukuran payudara seorang perempuan.

Berikut ini adalah tanda-tanda payudara ingin membesar:

  • Munculnya benjolan yang terasa kencang di bawah puting
  • Gatal di sekitar puting dan area dada terasa kenyal
  • Rasa sakit pada payudara
  • Sakit punggung

Perlu diketahui, selama masa pubertas, remaja perempuan akan merasakan beberapa perubahan pada tubuhnya. Membesarnya payudara, menjadi salah satu perubahan fisik yang terjadi, bahkan bisa Anda alami, sebelum menstruasi pertama datang.

Keempat tanda di atas, menjadi tanda-tanda payudara ingin membesar, yang mungkin bisa Anda rasakan, saat menginjak usia pubertas. Namun, masih banyak pertanyaan yang mungkin muncul di benak remaja perempuan, selama payudara mulai membesar.

Mengapa payudara terasa sakit, saat membesar?

Sebagian remaja perempuan merasakan nyeri pada payudaranya, sebagai tanda-tanda payudara ingin membesar. Sebab, saat hormon estrogen dan progesteron membuat jaringan payudara tumbuh, kulit yang ada di sekitarnya akan meregang. Ini menjadi salah satu penyebab payudara sakit saat membesar.

Selain itu, hormon dapat mengubah kadar cairan di dalam jaringan payudara, sehingga payudara lebih sensitif, rasa sakit pun muncul.

Jika remaja perempuan sudah mulai mengalami haid, maka rasa sakit pada payudara juga bisa muncul, akibat siklus menstruasinya.

Tidak hanya rasa sakit, benjolan yang muncul pada payudara, terkadang jadi sebuah kekhawatiran, karena dianggap menjadi salah satu tanda kanker. Perlu diingat, benjolan yang muncul di bawah puting saat payudara masih berkembang, tidaklah berbahaya. Namun sebagai perempuan, kenalilah payudara, dengan sering melakukan cek, untuk mewaspadai benjolan yang timbul.

Jika payudara sudah membesar sepenuhnya, tapi masih ada benjolan yang muncul, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter.

Munculnya tanda merah di sekitar payudara

Saat jaringan payudara berkembang, kulit di area sekitarnya harus merenggang untuk mengakomodir pembesaran payudara. Terkadang, kulit di sekitar payudara tidak merenggang dengan cepat, sehingga mengakibatkan adanya lapisan yang sedikit luka.

Itulah penyebab kemunculan tanda merah di sekitar payudara. Seiring berjalannya waktu, tanda-tanda merah ini akan memudar, dan tidak terlihat lagi.

Perbedaan besar payudara kiri dan kanan

Satu hal lagi yang juga menjadi kekhawatiran para remaja perempuan adalah, saat payudara kiri dan kanan mereka, memiliki ukuran dan bentuk yang berbeda. Jangan dicemaskan, sebab kedua payudara bisa tumbuh dan membesar pada tingkatan yang berbeda dan ini adalah hal yang normal. Bahkan, banyak wanita dewasa, yang memiliki ukuran payudara berbeda.

Selain itu, keberadaan payudara rata juga dikhawatirkan, karena mampu menurunkan rasa percaya diri remaja perempuan. Menggunakan bantalan di satu sisi bra, dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri.

Catatan dari SehatQ

Saat ada rasa sakit yang tidak terkontrol selama pertumbuhan payudara, ada baiknya konsultasikan hal ini pada dokter.

Jika hal-hal di bawah ini terjadi, langsung datang ke dokter:

  • Keluarnya cairan dari dari puting, selain ASI
  • Pembengkakan payudara
  • Iritasi kulit payudara
  • Nyeri pada payudara
  • Puting yang masuk ke dalam

Anda disarankan untuk selalu datang ke dokter, jika ada benjolan baru atau benjolan “asing”, yang sebelumnya belum pernah ada, pada payudara. Selain itu, jika ada tanda merah dan menyakitkan pada payudara Anda, ini bisa menjadi infeksi, dan membutuhkan pengobatan.

Teen Health Source. http://teenhealthsource.com/puberty/breasts/

Diakses pada 26 November 2019

 

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319270.php#what-are-the-signs-that-breasts-are-developing

Diakses pada 26 November 2019

 

Healthline. https://www.healthline.com/health/womens-health/do-your-breasts-hurt-when-they-grow#common-questions

Diakses pada 26 November 2019

Artikel Terkait