Mengenal Relationship Red Flag untuk Tentukan Kelanjutan Hubungan


Relationship red flag adalah tanda seseorang tidak dapat menjalin hubungan dengan sehat. Beberapa contohnya mulai dari melakukan kekerasan, sering bertengkar, minim komunikasi, hingga sikap posesif.

0,0
Relationship red flag adalah tanda seseorang tidak dapat menjalin hubungan dengan sehatTerlalu sering bertengkar dapat menjadi red flag dalam sebuah hubungan
Banyak pasangan yang seringkali tak menyadari bahwa mereka sedang dalam hubungan tidak sehat. Padahal, jenis hubungan ini bisa memberi dampak buruk terhadap kesehatan, entah itu secara fisik maupun mental.Untuk tahu apakah hubungan Anda dan pasangan berjalan sehat atau tidak, ada sejumlah red flag yang perlu dipahami. Hal tersebut dapat membantu dalam pengambilan keputusan terkait kelanjutan hubungan Anda dan pasangan.

Apa itu red flag dalam hubungan?

Dalam sebuah pertandingan, red flag kerap kali digunakan sebagai tanda bahwa perlombaan harus dihentikan karena terlalu bahaya untuk dilanjutkan. Hal tersebut ternyata juga berlaku di dalam hubungan.Red flag adalah sifat, sikap, atau perilaku seseorang yang menjadi tanda bahwa ia tidak dapat menjalin hubungan dengan sehat. Apabila dipaksakan, hubungan yang dijalani bisa berbahaya secara emosional.

Beragam red flag dalam hubungan yang patut diwaspadai 

Ada beberapa sifat, sikap, dan perilaku yang termasuk dalam relationship red flag. Jika tanda-tanda tersebut ada dalam diri pasangan Anda, jangan ragu untuk mengakhiri hubungan demi kebaikan bersama.Berikut ini beberapa red flag dalam hubungan yang patut diwaspadai:

1. Kekerasan fisik

Kekerasan fisik merupakan salah satu red flag dalam hubungan. Segera tinggalkan pasangan jika ia memperlakukan Anda secara kasar atau melakukan tindakan yang mengancam fisik. Tak hanya membuat fisik terluka, perlakuan kasar dari pasangan juga dapat memicu trauma.

2. Kekerasan verbal

Selain kekerasan fisik, kekerasan verbal adalah salah satu tindakan yang tidak bisa ditoleransi dalam hubungan. Untuk menciptakan hubungan yang sehat, Anda dan pasangan harusnya saling mendukung satu sama lain, bukan menjatuhkan. Kekerasan verbal dapat berdampak buruk bagi kesehatan mental Anda.

3. Bersikap posesif

Cemburu memang merupakan hal yang wajar dalam hubungan. Namun, jika dilakukan secara berlebihan dan memicu munculnya sikap posesif, hal tersebut perlu diwaspadai. Sikap posesif membuat Anda kesulitan berekspresi sehingga tidak bisa bebas melakukan apa yang ingin dilakukan.

4. Gaslighting

Gaslighting adalah salah satu relationship red flag yang perlu diwaspadai. Sikap ini merupakan jenis manipulasi yang digunakan pasangan untuk mengendalikan Anda. Apabila diterima secara terus-menerus, korban akan dibuat bingung dengan emosi dan intuisi mereka sendiri.

5. Sering bertengkar

Bertengkar adalah hal yang biasa dalam hubungan. Tidak jarang, setelah bertengkar hubungan malah semakin dekat. Namun, jika pertengkaran terjadi terlalu sering, kondisi tersebut bisa jadi salah satu red flag dalam hubungan. Bahkan, hal-hal kecil yang sebenarnya tidak penting saja mungkin dapat memicu keributan antara Anda dan pasangan.

6. Minim komunikasi

Komunikasi merupakan salah satu fondasi penting dalam sebuah hubungan. Jika komunikasi Anda dan si Dia tidak berjalan dengan baik, mulai pertimbangkan terkait kelanjutan hubungan. Untuk menciptakan hubungan yang sehat, diperlukan sikap terbuka dan jujur antara satu sama lain. Jangan ragu mengekspresikan perasaan agar Anda dan pasangan bisa saling mengerti.

7. Suka mengontrol pasangan

Perilaku mengontrol pasangan adalah salah satu hal yang patut Anda waspadai. Satu-satunya orang yang boleh memegang kendali penuh atas Anda yaitu diri Anda sendiri. Apabila pasangan mulai membatasi dengan siapa Anda harus bergaul atau tak mengizinkan untuk pergi ke acara penting tertentu, hal tersebut menjadi salah satu red flag dalam hubungan.

8. Memberikan semua waktunya

Ketika pasangan memberikan seluruh waktunya hanya untuk Anda, hal tersebut merupakan salah satu relationship red flag. Setiap orang berhak mempunyai waktu untuk dirinya sendiri. Apabila semua waktu pasangan diberikan untuk Anda secara keseluruhan, hubungan yang dijalani dapat mengikat secara tidak sehat.

Bagaimana cara keluar dari hubungan yang tidak sehat?

Hubungan yang tidak sehat dapat berdampak buruk bagi kesehatan Anda, baik secara fisik maupun mental. Untuk keluar dari hubungan ini, berikut sejumlah tindakan yang bisa Anda lakukan:
  • Utarakan perasaan

Salah satu cara keluar dari hubungan tidak sehat adalah dengan menyampaikan apa yang Anda rasakan. Sampaikan apa saja tindakan pasangan yang memberi dampak buruk untuk Anda. Jika pasangan merupakan orang yang tempramental, Anda bisa menulis surat untuk menghindari amarahnya.
  • Buat keputusan

Setelah menyampaikan apa yang Anda rasakan ke pasangan, buat keputusan. Jika pasangan tidak mau untuk diajak berubah menjadi lebih baik lagi atau memperbaiki hubungan, ada baiknya Anda mengakhiri hubungan tersebut demi  kebaikan bersama.
  • Meminta bantuan profesional

Jika Anda merasa bahwa hubungan dengan pasangan sudah tidak sehat, jangan ragu untuk meminta bantuan profesional. Nantinya, Anda akan dibantu mencari jalan terbaik untuk menyelesaikan masalah. Apabila perilaku pasangan sudah mengarah ke tindakan kekerasan fisik, mintalah bantuan teman, keluarga, atau pihak berwajib.

Catatan dari SehatQ

Red flag adalah sifat, sikap, atau perilaku seseorang yang menjadi tanda bahwa ia tidak dapat menjalin hubungan dengan sehat. Beberapa contohnya mulai dari melakukan kekerasan, sering bertengkar, minim komunikasi, hingga sikap posesif.Jika dilanjutkan, hubungan yang dijalani dapat berjalan dengan tidak sehat. Tidak hanya itu, tindakan-tindakan tersebut juga berpotensi memberi dampak buruk bagi kesehatan, baik itu secara fisik maupun mental.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
menjalin hubungan
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/10-red-flags-in-relationships-5194592
Diakses pada 2 Oktober 2021
Mind Body Green. https://www.mindbodygreen.com/articles/red-flags-in-relationships
Diakses pada 2 Oktober 2021
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/in-flux/201407/10-relationship-red-flags
Diakses pada 2 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait