Relaksasi BPJS Kesehatan, Program Keringanan Iuran Selama COVID-19


Relaksasi BPJS Kesehatan adalah kebijakan pemerintah untuk meringankan beban perekonomian peserta BPJS. Kebijakan ini diambil karena selama pandemi COVID-19, situasi perekonomian menjadi lebih lesu.

0,0
19 Sep 2021|Azelia Trifiana
Relaksasi BPJS Kesehatan membantu masyarakat selama pandemiRelaksasi BPJS Kesehatan membantu masyarakat selama pandemi
Relaksasi BPJS Kesehatan adalah kebijakan pemerintah untuk meringankan beban perekonomian peserta BPJS. Kebijakan ini diambil karena selama pandemi COVID-19, situasi perekonomian menjadi lebih lesu.Lebih spesifik lagi, program relaksasi ini dialokasikan bagi peserta yang sudah menunggak lebih dari enam bulan. Pemerintah menuangkannya dalam Peraturan Presiden Nomor 64 Tahun 2020 pasal 42 ayat 3a terkait jaminan kesehatan. Selain itu, didukung pula dengan Peraturan BPJS Kesehatan Nomor 3 Tahun 2020.

Penjelasan relaksasi BPJS Kesehatan

Relaksasi BPJS Kesehatan adalah program dari pemerintah untuk meringankan pembayaran iuran peserta program BPJS Kesehatan. Tujuannya demi meringankan pembayaran iuran peserta program yang telah menunggak selama lebih dari enam bulan.Lebih detail lagi, berikut ini penjelasan terkait relaksasi BPJS Kesehatan:
  • Peserta yang sudah tidak aktif karena menunggak iuran selama lebih dari enam bulan bisa kembali aktif
  • Pendaftaran program relaksasi BPJS Kesehatan dilakukan melalui aplikasi secara self service. Tujuannya untuk mengurangi penyebaran COVID-19.
Program relaksasi BPJS Kesehatan bisa meringankan pembayaran tunggakan dari:
  • Kelompok Peserta Mandiri
  • Peserta Bukan Penerima Upah
  • Pekerja Penerima Upah
  • Badan Usaha
Masa berlakunya relaksasi ini mulai dari bulan Juni hingga Desember 2020 atau selama enam bulan. Artinya, peserta dengan tunggakan iuran JKN lebih dari enam bulan serta status kepesertaannya tidak lagi aktif bisa membayar selama enam bulan ditambah satu bulan iuran berjalan.Dengan cara itu, status kepesertaan bisa kembali aktif. Sementara sisa tunggakan iuran JKN harus sudah rampung setidaknya sebelum 31 Desember 2021.

Apa saja syaratnya?

Tentu ada syarat yang harus dipenuhi apabila peserta ingin mendapatkan relaksasi BPJS Kesehatan. Peserta yang bisa mengikuti program ini adalah mereka yang telah menunggak lebih dari enam bulan.Kemudian, peserta bisa membayar iuran minimal selama enam bulan serta iuran berjalan selama satu bulan. Sisa tunggakan selanjutnya bisa dibayarkan hingga 31 Desember 2021 baik sekaligus maupun dicicil.Pada bulan selanjutnya, iuran bisa dibayarkan setidaknya tanggal 10 setiap bulannya.Program relaksasi BPJS Kesehatan ini sangat bermanfaat terutama bagi peserta yang memiliki tunggakan iuran selama bertahun-tahun. Bahkan, mereka yang kartunya sudah tidak aktif lagi masih bisa kembali bergabung dengan adanya keringanan pembayaran.

Cara pendaftaran relaksasi BPJS Kesehatan

Peserta BPJS Kesehatan yang ingin mendaftarkan diri dalam program relaksasi ini bisa lewat aplikasi Edabu Mobile. Aplikasi ini diperuntukkan bagi HRD yang mengelola JKN dan KIS Badan Usaha miliknya.Selain itu, peserta yang termasuk Peserta Bukan Penerima Upah atau PBPU bisa mendaftar lewat aplikasi mobile JKN (Jaminan Kesehatan Nasional). Selain itu, bisa juga dengan Pandawa atau Pelayanan Administrasi dengan Whatsapp.Care center 1500400 juga bisa menjadi tempat peserta bertanya seputar pendaftaran program relaksasi BPJS Kesehatan ini.Ketika program relaksasi diberlakukan, proses pendaftaran dilakukan secara online tanpa ada kontak fisik. Tentu saja, ini penting untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Catatan dari SehatQ

Program relaksasi BPJS Kesehatan ini bertujuan untuk membuat kartu peserta BPJS yang lama menunggak bisa kembali aktif. Tapi jangan salah, ini bukan berarti menghapus seluruh tunggakan selama bertahun-tahun.Banyak hoax yang beredar terkait program ini. Untuk mengetahui informasi yang paling akurat, tentu paling baik menghubungi pihak BPJS Kesehatan.Jika Anda ingin tahu lebih lanjut seputar manfaat BPJS Kesehatan serta persyaratan lainnya yang terkait, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
bpjs kesehatan
BPJS Ketenagakerjaan. https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/relaksasi.html
Diakses 9 September 2021
BPJS Kesehatan. https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/post/read/2020/1658/Peserta-JKN-KIS-Bisa-Manfaatkan-Cicilan-Tunggakan-Iuran-Melalui-BRI
Diakses 9 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait