Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berminyak dan Cara Memilihnya yang Tepat


Simak beberapa rekomendasi sunscreen untuk kulit berminyak yang layak dicoba. Sunscreen adalah item wajib untuk kamu miliki, termasuk jika kamu memiliki kulit berminyak.

(0)
13 Mar 2020|Arif Putra
Sunscreen untuk kulit berminyak cukup beragam jadi pastikan kandungannya tidak menambah minyak di kulitPemilik kulit berminyak tetap memerlukan sunscreen untuk melindunginya dari sinar UV
Memiliki kulit berminyak memang kadang bikin tidak nyaman dan tidak pede. Bahkan, beberapa orang mungkin cenderung menghindari penggunaan sunscreen untuk kulit berminyak karena dianggap memiliki tekstur yang berat dan kental sehingga membuat kulit semakin berminyak. Padahal, jenis kulit berminyak tetap memerlukan perlindungan dari paparan sinar matahari, lho! Sebagai solusinya, penting untuk memilih produk sunscreen atau tabir surya untuk kulit berminyak yang tepat.

Mengapa kulit kita berminyak?

Memilih sunscreen untuk kulit berminyak tidak boleh sembarangan
Pemilik kulit berminyak sering menggunakan blotting paper (kertas minyak)
Kulit berminyak bisa terjadi karena kelenjar sebasea di bawah kulit bekerja terlalu aktif. Akibatnya, kelenjar tersebut akan menghasilkan sebum atau minyak lebih banyak.Sebenarnya, sebum adalah komponen pada kelenjar sebasea yang membantu melindungi dan melembapkan kulit. Akan tetapi, terlalu banyak sebum memang dapat menyebabkan kulit berminyak, pori-pori tersumbat, dan timbul jerawatMerawat kulit berminyak seringkali mengharuskan kita melakukan perawatan kulit secara teratur. Termasuk berhati-hati dalam memilih produk skincare.Nah, dalam memilih sunscreen wajah untuk kulit berminyak, pastikan kamu memilih produk yang tidak membuat kulit tampak semakin berminyak. 

Bagaimana cara memilih sunscreen wajah untuk kulit berminyak?

Sunscreen untuk kulit berminyak wajib digunakan
Gunakan sunscreen sebelum beraktivitas di luar ruangan
Jenis kulit wajah apa pun memerlukan penggunaan sunscreen atau tabir surya, tak terkecuali bagi pemilik kulit berminyak. Hal ini bertujuan untuk memperlambat kemunculan tanda penuaan serta mengurangi risiko munculnya hiperpigmentasi hingga kanker kulit. Apalagi kalau kamu mengoleskan obat jerawat yang sensitif terhadap paparan sinar matahari, menggunakan sunscreen wajah untuk kulit berminyak menjadi hal yang penting dilakukan. Meski demikian, cara memilih sunscreen wajahuntuk kulit berminyak dan berjerawat tidak boleh sembarangan. Sebab, pemilihan tabir surya yang salah justru dapat memperparah masalah kulit berminyak yang dialami. Berikut adalah cara memilih sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat yang tepat. 

1. Pilih label bebas minyak dan noncomedogenic

Salah satu cara memilih sunscreen wajah untuk kulit berminyak dan berjerawat adalah pilih produk bebas minyak dan noncomedogenic (tidak rentan menyumbat pori-pori wajah). Produk sunscreen bebas kandungan minyak mampu membuat kulit wajah kamu bebas mengilap atau semakin berminyak. Sementara, sunscreen berlabel noncomedogenic bisa membuat kulit kamu bebas dari masalah jerawat lantaran kandungan di dalamnya yang tidak rentan menyumbat pori-pori wajah. Sebaiknya, hindari mengoleskan tabir surya untuk badan ke permukaan wajah. Pasalnya, sunscreen untuk badan cenderung memiliki tekstur lebih tebal, berat, dan berminyak sehingga rentan menimbulkan jerawat. 

2. Pilih sunscreen berbahan dasar air 

Bagi pemilik kulit berminyak, penting untuk memilih sunscreen wajah untuk kulit berminyak dari bahan dasar air atau water-based. Sunscreen berbahan dasar tentu memiliki tekstur yang lebih cair dan mudah menyerap di kulit. Dengan ini, membuat kulit kamu tidak terlalu kelihatan berminyak.  

3. Tekstur sunscreen

Cara memilih sunscreen wajah untuk kulit berminyak juga perlu mempertimbangkan teksturnya. Kamu bisa menggunakan tekstur sunscreen wajah berupa krim atau lotion yang ringan. Jika tekstur krim atau lotion dirasa terlalu berat atau tebal pada kulit berminyak, kamu bisa menggunakan sunscreen bertekstur gel karena memiliki tekstur cair dan lebih mudah menyerap ke dalam kulit. 

4. Mampu melindungi sinar UVA dan UVB dari matahari

Untuk melindungi kulit kamu dari paparan sinar matahari sepenuhnya, penting untuk memilih sunscreen berlabel “broad spectrum”. Ini artinya, sunscreen dapat melindungi kulit Anda dari sinar ultraviolet A dan B (UVA dan UVB).Sinar UVB adalah salah satu penyebab kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Sebagian besar tabir surya hanya berfungsi untuk melindungi kulit dari jenis sinar UV ini. Padahal, sinar UVA juga tak kalah membahayakan. Sebab, sinar UVA menjadi penyebab munculnya tanda penuaan di kulit. Bahkan, paparan sinar UVA berkepanjangan dapat meningkatkan risiko kanker kulit. Maka dari itu, penting untuk memilih sunscreen wajah untuk kulit berminyak yang mampu melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB sepenuhnya. 

5. Pilih yang mengandung SPF

Cara memilih sunscreen untuk wajah berminyak yang tak kalah penting adalah harus mengandung SPF (Sun Protection Factor). SPF merupakan cara untuk mengukur perlindungan kulit dari paparan sinar UVB. Semakin tinggi kadar SPF dalam tabir surya, maka semakin banyak perlindungan yang diberikan untuk kulit Anda. American Academy of Dermatology merekomendasikan penggunaan sunscreen dengan kadar SPF minimal 30 atau lebih setiap harinya. Ini dapat membantu menghambat paparan sinar UV sampai 97%.

6. Pertimbangkan menggunakan pelembap yang mengandung SPF dan berlabel “broad spectrum

Selain menggunakan sunscreen untuk wajah berminyak, penggunaan pelembap yang mengandung SPF dan berlabel “broad spectrum” sudah bisa melindungi kulit kamu dari paparan sinar UV yang berasal dari matahari. 

Rekomendasi sunscreen untuk kulit berminyak yang bisa jadi pilihan

Sunscreen untuk kulit berminyak harus dipilih dengan tepat
Pilih sunscreen dengan tekstur air dan bebas kandungan minyak
Memilih produk sunscreen untuk kulit berminyak yang tepat sangat penting agar tidak menambah kilap di kulit. Yuk, simak ragam rekomendasi sunscreen untuk kulit berminyak ini:

1. Skin Aqua UV Moisture Gel

Salah satu sunscreen untuk kulit berminyak yang menjadi pilihan banyak orang untuk melindungi kulit adalah Skin Aqua UV Moisture Gel. Mulai dari kamu yang mempunyai kulit normal sampai berminyak, bisa menggunakan sunscreen satu ini. 

Kelebihan:

  • Mengandung SPF30/PA++ yang memberikan perlindungan ganda terhadap paparan UVA maupun UVB
  • Bisa digunakan oleh pemilik kulit normal sampai kulit berminyak
  • Mengandung serat kolagen dan improved hyaluronic acid sehingga kulit tetap lembap, lembut, dan tetap elastis
  • Menutrisi kulit berkat kandungan vitamin B5, vitamin E, dan vitamin C

Harga:

  • Rp47.000 - Rp57.000

2. Nivea Sun Protect & White Oil Control Serum SPF50+/PA+++

Siapa yang tak kenal Nivea? Brand ini juga menjadi kesayangan banyak orang untuk menjaga kulit. Tak terkecuali untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Hadir dengan produk Nivea Sun Protect & White Oil Control Serum SPF50+/PA+++, apa kelebihan jenis sunscreen untuk wajah berminyak ini? 

Kelebihan:

  • Cocok digunakan oleh kulit berminyak
  • Berfungsi sebagai perlindungan kulit ganda terhadap UVA maupun UVB
  • Mengandung ekstrak licorice serta L-Carnitine
  • Memiliki tekstur menyerupai serum 
  • Bisa digunakan setiap hari untuk melindungi kulit wajah

Harga:

  • Rp45.000 - Rp55.000

3. Hedtutu Nigella Sunscreen

Pilihan sunscreen untuk kulit berminyak lainnya adalah Hedtutu Nigella Sunscreen. Suncreen untuk kulit berminyak dan berjerawat ini bebas kandungan minyak (oil-free)Tak hanya melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari, menggunakan sunscreen ini juga bisa mencegah tanda penuaan dini. Tertarik mencoba?

Kelebihan:

  • Mengandung SPF30
  • Cocok digunakan oleh kulit berminyak, kulit berjerawat, dan kulit sensitif
  • Mengandung bahan aktif ekstrak Habbatussauda atau Nigella Sativa, yang dikenal bermanfaat untuk mencegah penuaan dini

Harga:

  • Rp75.000

4. Erha21 Acne Care Lab Sun Friendly SPF30/PA+++ 30G

Sunscreen untuk kulit berminyak yang direkomendasikan adalah Erha21 Acne
Orang dengan kulit wajah berminyak kadang juga rentan berjerawat. Maka dari itu, mencari sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat pun butuh ketelitian. Solusinya? Kamu bisa mencoba Erha21 Acne Care Lab Sun Friendly SPF30/PA+++ 30G. 

Kelebihan:

  • Melindungi kulit wajah dari sinar UVA maupun UVB
  • Cocok digunakan oleh pemilik kulit berminyak sekaligus berjerawat
  • Mengandung zinc gluconate dan niacinamide untuk mengendalikan produksi minyak dan mencegah jerawat

Harga

  • Rp88.000
Beli Erha21 Acne Care Lab Sun Friendly SPF30/PA+++ 30G di toko online SehatQ

5. L'Oreal UV Perfect Matte & Fresh

Brand termasyhur ini memang banyak dicintai, termasuk produk-produk perawatan kulitnya. Salah satu sunscreen untuk kulit berminyak yang bisa kamu coba dari adalah L'Oreal UV Perfect Matte & Fresh. Apa kelebihannya?

Kelebihan:

  • Memiliki SPF50/PA++++ sebagai proteksi dari UVA dan UVB.
  • Mengandung mattifying pure clay untuk mencegah produksi minyak berlebih
  • Mengandung detoxyl yang melindungi kulit dari partikel polusi hingga PM 2,5 yang super kecil.

Harga:

  • Rp99.000

6. Innisfree Intensive Long-lasting Sunscreen SPF50+ PA++++ 50ml

Brand asal Korea, Innisfree, juga memiliki produk sunscreen untuk kulit berminyak yang layak dicoba. Salah satunya yakni Innisfree Intensive Long-lasting Sunscreen dengan SPF50+ dan PA++++ untuk memberi perlindungan ganda pada kulit.

Kelebihan:

  • Cocok untuk kamu yang memiliki kulit berminyak maupun kulit kombinasi
  • Mengandung centella dan ekstrak teh hijau
  • Menetralkan dan melembapkan kulit
  • Melembutkan kulit
  • Menyegarkan kulit
  • Waterproof (tahan air)

Harga:

  • Rp210.000

7. Bioderma Photoderm AKN Mat SPF 30

Bioderma Photoderm AKN Mat SPF 30 merupakan salah satu terobosan dari Bioderma untuk kamu yang mencari sunscreen wajah untuk kulit berminyak dan kombinasi, maupun kulit yang rentan berjerawat. 

Kelebihan:

  • Cocok untuk pemilik kulit berminyak, kulit kombinasi, kulit berjerawat
  • Mengandung Fluidactiv®, yang membantu meningkatkan kualitas sebum agar pori-pori tidak tersumbat serta mencegah timbulnya noda pada kulit
  • Melindungi kulit saat terpapar sinar matahari
  • Melindungi kepadatan jaringan kulit

Harga

  • Rp319.000

8. Wardah Sun Care Sunscreen Gel SPF 30

Kalau kamu sedang mencari sunscreen wajah untuk kulit berminyak merek lokal, Wardah Sun Care Sunscreen Gel SPF30 mungkin bisa jadi pilihannya. Kabar baiknya, Wardah Sun Care Sunscreen Gel SPF 30 bisa digunakan oleh semua kalangan dengan harga terjangkau.

Kelebihan:

  • Memiliki tekstur gel yang ringan sehingga lebih mudah menyerap ke dalam kulit.
  • Mengandung aloe vera yang mampu melembapkan dan menenangkan kulit. 
  • Bisa digunakan oleh semua kalangan.
  • Harga terjangkau. 

Harga: 

  • Rp33.500

Pilih sunscreen sesuai jenis kulit

Itu dia beberapa rekomendasi sunscreen yang bagus untuk kulit berminyak dan berjerawat yang layak dicoba. Dengan menggunakan sunscreen yang sesuai untuk kulit, kamu tetap bisa terlindungi sepanjang hari dari paparan sinar matahari. Jangan lupa untuk rutin mengaplikasikan ke kulit secara berulang, ya.Kalau kamu ingin tahu lebih banyak seputar sunscreen untuk wajah berminyak dan mana yang lebih tepat, konsultasikan langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQCaranya, download sekarang di App Store dan Google Play.Temukan juga produk sunscree yang bagus untuk kulit berminyak lainnya di sini.
kulit berminyakkulit dan kecantikanproduk kecantikanperawatan wajah
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/niacinamide
Diakses pada 12 Maret 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/benefits-of-green-tea-for-skin
Diakses pada 12 Maret 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321090
Diakses pada 12 Maret 2020
VeryWell Health. https://www.verywellhealth.com/how-to-choose-sunscreen-for-acne-prone-skin-15916
Diakses pada 27 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait