Pilihan Sunscreen untuk Kulit Berminyak Agar Terlindungi dari Sinar UV

Sunscreen untuk kulit berminyak cukup beragam, pastikan kandungannya tidak menambah minyak di kulit
Semua jenis kulit, termasuk kulit berminyak, tetap memerlukan sunscreen untuk melindunginya dari sinar UV

Memiliki kulit berminyak memang kadang bikin tak nyaman dan tak pede. Beberapa orang mungkin cenderung menghindari penggunaan sunscreen jika memiliki kulit berminyak. Padahal, jenis kulit ini tetap memerlukan perlindungan dari kulit berminyak, lho! Sebagai solusinya, banyak brand yang telah merilis produk sunscreen untuk kulit berminyak.

Mengapa kulit kita berminyak?

Kulit berminyak bisa terjadi karena kelenjar sebasea di bawah kulit bekerja terlalu aktif. Akibatnya, kelenjar ini pun akan menghasilkan sebum atau minyak lebih banyak.

Sebenarnya, sebum tersebut membantu melindungi dan melembapkan kulit. Hanya saja, terlalu banyak sebum memang dapat menyebabkan kulit berminyak, pori-pori tersumbat, dan timbul jerawat. Merawat kulit berminyak seringkali mengharuskan kita melakukan perawatan kulit secara teratur, termasuk berhati-hati dalam memilih produk skin care.

Dalam memilih sunscreen untuk kulit berminyak, pastikan kamu memilih produk yang tidak menambah minyak pada kulit. Cek rekomendasinya.

Rekomendasi sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak

Memilih produk sunscreen yang tepat untuk kulit berminyak penting agar tak menambah kilap di kulit. Ulik rekomendasi sunscreen untuk kulit berminyak ini:

1. Skin Aqua UV Moisture Gel

Skin Aqua sudah menjadi pilihan banyak orang untuk melindungi kulit mereka. Salah satu sunscreen andalannya yakni Skin Aqua UV Moisture Gel, dengan SPF 30/PA++ yang memberikan perlindungan ganda terhadap paparan UVA maupun UVB. Produk sunscreen ini bisa digunakan oleh kamu yang memiliki kulit normal maupun berminyak.

Kandungan kunci dalam Skin Aqua Moisture Gel adalah serat kolagen dan dan improved hyaluronic acid-nya, sehingga kulit tetap lembap, lembut, dan terjaga elastisitasnya. Kandungan vitamin dalam produk ini juga bisa menutrisi kulit, seperti vitamin B5, E, dan C. Siapkan dana di kisaran 47 - 57 ribu Rupiah untuk mencoba sunscreen ini

2. Nivea Sun Protect & White Oil Control Serum SPF50+/PA+++

Siapa yang tak kenal Nivea? Brand ini juga menjadi kesayangan banyak orang untuk menjaga kulit. Salah satu sunscreen rilisan Nivea adalah Nivea Sun Protect & White Oil Control Serum SPF50+/PA+++. Dari namanya saja, produk ini memang cocok untuk kulit yang berminyak, dengan perlindungan ganda terhadap UVA maupun UVB.

Sunscreen berbentuk serum ini cocok digunakan setiap hari untuk melindungi kulit wajah dari efek negatif sinar matahari. Produk ini pun mengandung ekstrak licorice serta L-Carnitine.

Kamu bisa mendapatkan Nivea Sun Protect & White Oil Control Serum dengan merogoh kocek sekitar di kisaran 45 – 55 ribu Rupiah saja.

3. Hedtutu Nigella Sunscreen

Produk Hedtutu memiliki formula oil free sehingga cocok untuk kamu dengan kulit berminyak. Dengan SPF 30, produk ini juga cocok untuk kulit berjerawat dan sensitif.

Hedtutu Nigella Sunscreen mengandung bahan aktif ekstrak Habbatussauda atau Nigella Sativa, yang juga dikenal bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Harganya pun cenderung terjangkau, yakni sekitar 75 ribu Rupiah.

4. Erha21 Acne Care Lab Sun Friendly SPF30/PA+++ 30G

Orang dengan kulit wajah berminyak kadang juga rentan berjerawat, sehingga mencari sunscreen pun butuh ketelitian. Solusinya? Kamu bisa mencoba Erha21 Acne Care Lab Sun Friendly SPF30/PA+++ 30G. Dari namanya saja, produk ini dapat melindungi kulit wajah dari sinar UVA maupun UVB, dan cocok digunakan jika kamu memiliki kulit berminyak sekaligus berjerawat.

Untuk mengontrol minyak dan mengendalikan jerawat, produk ini mengantongi zinc gluconate dan niacinamide. Niacinamide, sebagai salah satu bentuk vitamin B3, memang dilaporkan mampu mengatasi jerawat dan mengendalikan minyak.

Dengan kelebihan-kelebihan di atas, Erha21 Acne Care Lab Sun Friendly dibanderol sekitar Rp88.000,-.

5. L'Oreal UV Perfect Matte & Fresh

Brand termasyhur ini memang banyak dicintai, termasuk produk-produk perawatan kulitnya. Salah satu sunscreen untuk kulit berminyak yang bisa kamu coba dari L'Oreal adalah L'Oreal UV Perfect Matte & Fresh. Sunscreen ini cukup menggiurkan karena memiliki SPF 50/PA++++ sebagai proteksi dari UVA dan UVB.

sunscreen loreal untuk kulit berminyak
L'Oreal UV Perfect Matte & Fresh (sumber: loreal-paris.co.id)

Kandungan mattifying pure clay pada sunscreen menjadi elemen penting untuk kulit berminyak. Mattifying pure clay membantu mencegah produksi minyak berlebih dengan hasil yang matte dan tanpa kilap di kulit. Produk ini pun mengandung detoxyl yang melindungi kulit dari partikel polusi hingga PM 2,5 yang super kecil.

Tertarik denga L'Oreal UV Perfect Matte & Fresh? Produk ini bisa kamu beli dengan mengocek 99 ribu Rupiah saja.

6. Innisfree Intensive Long-lasting Sunscreen SPF50+ PA++++ 50ml

Brand asal korea, Innisfree, juga memiliki berbagai produk sunscreen yang layak dicoba. Salah satunya yakni Innisfree Intensive Long-lasting Sunscreen dengan SPF50+ dan PA++++, untuk memberi perlindungan ganda pada kulit. Produk ini cocok untuk kamu yang memiliki kulit kombinasi maupun kulit berminyak.

Sunscreen yang waterproof ini juga mengandung centella dan ekstrak teh hijau. Kandungan ini membuat kulit kamu akan terasa lebih lembut. Menurut studi, teh hijau mengandung molekul antioksidan yang disebut EGCG, yang dapat mengendalikan minyak di kulit.

Dengan kandungannya tersebut, Innisfree Intensive Long-lasting Sunscreen ini bisa kamu dapatkan dengan 210 ribu Rupiah.

7. Bioderma Photoderm AKN Mat SPF 30

Bioderma Photoderm AKN Mat SPF 30 merupakan salah satu terobosan Bioderma untuk kamu dengan kulit berminyak dan kombinasi, maupun kulit yang rentan berjerawat. Produk ini mengandung bahan paten eksklusif Fluidactiv®, yang membantu meningkatkan kualitas sebum agar pori-pori tidak tersumbat serta mencegah timbulnya noda pada kulit.

Tak sampai di situ, Photoderm AKN Mat juga mengandung bahan paten Bioderma lain, yaitu Cellular Bioprotection®. Kandungan ini mempertahankan dan merangsang sistem perlindungan kulit saat terpapar sinar matahari, serta melindungi bahan kepadatan jaringan kulit.

Harga Bioderma Photoderm AKN Mat SPF 30 mungkin sedikit di atas dibanding yang lain, yakni sekitar 319 ribu Rupiah. Namun, dengan bahan paten eksklusif Bioderma di produk ini, kamu tentu penasaran untuk mencobanya.

Itu dia beberapa rekomendasi sunscreen untuk kulit berminyak yang layak dicoba. Dengan memilih sunscreen yang sesuai untuk kulit, kamu tetap bisa terlindungi sepanjang hari dari paparan sinar matahari. Jangan lupa untuk rutin mengaplikasikan ke kulit secara berulang, ya.

Semoga bermanfaat!

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/niacinamide
Diakses pada 12 Maret 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/benefits-of-green-tea-for-skin
Diakses pada 12 Maret 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321090
Diakses pada 12 Maret 2020

Artikel Terkait