Rekomendasi Sabun Pepaya yang Bikin Kulit Kamu Semakin Cantik dan Mulus

Beberapa sabun pepaya ini bisa membuat kulit cerah dan lembap, manakah yang mau kamu coba?
Ini dia rekomendasi sabun pepaya terbaik di tahun 2020, yang bisa kamu coba.

Selain menjadi buah yang lezat dan menyehatkan, ternyata pepaya juga bisa menjadi bahan sabun. Bahkan, sabun pepaya dipercaya mampu membuat kulit lebih putih. Untuk kamu yang sedang mencari sabun pepaya, kenalilah rekomendasi sabun pepaya terbaik di tahun 2020 ini.

Apa itu sabun pepaya?

Sabun pepaya adalah jenis sabun yang dianggap aman untuk digunakan di seluruh bagian tubuh, termasuk wajah.

Sabun pepaya mengandung bahan alami, seperti enzim pepaya, yang mampu memecah protein. Enzim ini dikenal bisa menyehatkan sistem pencernaan. Di dunia kecantikan, enzim pepaya yang ada di dalam sabun bisa membasmi peradangan pada kulit.

Itulah sebabnya, sabun pepaya sangat laku di pasaran, terutama bagi mereka yang ingin kulitnya tampak lebih putih dan glowing.

Manfaat sabun pepaya

Sabun pepaya mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit, seperti vitamin C dan antioksidan yang bisa mengurangi pigmentasi tak teratur serta merangsang produksi kolagen.

Sabun pepaya juga mengandung vitamin A, yang jelas-jelas menjadi nutrisi baik untuk kesehatan kulit. Vitamin A bisa merangsang pertumbuhan sel kulit baru, dan mampu menghilangkan bekas luka.

Berikut ini adalah beberapa manfaat sabun pepaya yang bisa bikin kulit kamu makin bercahaya:

  • Mengobati jerawat

Jika kulit kamu berjerawat, sabun pepaya bisa menjadi solusinya. Sebab, sabun pepaya bisa membersihkan noda dan mengurangi jerawat.

Kandungan papain dapat menghilangkan keratin yang rusak dari kulit. Jika keratin menumpuk, benjolan kecil seperti jerawat bisa muncul.

Kemampuan sabun pepaya dalam eksfoliasi juga bisa mencegah penyumbatan pori-pori, yang biasanya “mengundang” jerawat.

  • Mengangkat sel kulit mati

Sabun pepaya memiliki sifat eksfoliasi, yang artinya bisa mengangkat sel kulit mati. Itulah sebabnya, sabun pepaya dipercaya bisa membuat kulit terlihat cerah dan terasa lebih halus.

  • Menyembuhkan gigitan serangga

Terkadang, gigitan serangga bisa menimbulkan rasa nyeri. Nah, dengan menggunakan sabun pepaya pada area gigitan serangga itu, nyeri, pembengkakan, hingga gatal-gatal bisa diredakan.

  • Penghilang noda

Sabun pepaya tidak hanya membersihkan wajah dan kulit saja, tapi juga bisa bertindak sebagai penghilang noda.

Berterima kasihlah pada kandungan papain yang ada di dalam sabun pepaya. Sebab, papain bisa membantu hilangkan noda akibat kotoran berbasis protein, seperti rumput, telur, dan lain-lain.

  • Mencerahkan kulit

Jika kamu mengidap kondisi hiperpigmentasi atau kulit belang, sabun pepaya bisa "mengobatinya". Sebab, sabun pepaya bisa membantu mengangkat sel kulit mati. Jika digunakan secara rutin, sabun pepaya bisa membantumu mencerahkan kulit!

Beberapa hal di atas merupakan manfaat sabun pepaya yang bisa kamu petik, jikalau menggunakannya secara rutin.

Rekomendasi sabun pepaya terbaik 2020

Setelah mengetahui manfaat sabun pepaya, kini saatnya kamu mengintip rekomendasi sabun pepaya terbaik di tahun 2020 ini.

1. Bathaholic “Natural Soap Papaya Smoothies

Sabun pepaya
Bathaholic "Papaya Natural Smoothies" (Sumber: Bathaholic)

Jikalau kulit kamu sensitif, sabun pepaya dari Bathaholic ini bisa jadi rekomendasi sabun pepaya terbaik di tahun 2020.

Bayangkan saja, produk ini menggunakan buah pepaya segar sebagai bahan utamanya. Tidak heran kalau banyak orang yang percaya bahwa sabun Papaya Natural Smoothies dari Bathaholic ini bisa mengangkat sel kulit mati, mencerahkan kulit, hingga menghilangkan kotoran yang menumpuk di kulit.

Harga dari sabun pepaya ini sekitar Rp40.000-an.

2. Nubian heritage “Coconut & Papaya Bar Soap

Ingin merasakan “keajaiban” campuran buah pepaya dan minyak kelapa dalam sabun? Kamu harus coba sabun pepaya Coconut & Papaya Bar Soap dari Nubian Heritage. Sabun pepaya ini menggunakan bahan-bahan organik bersertifikat, sehingga aman digunakan.

Kandungan minyak kelapanya bisa melembapkan dan menyehatkan kulit kamu. Selain itu, ada juga kandungan lemak alami dari pohon shea, yang bisa melindungi kulit dari sinar UV dan bakteri.

Buat kamu yang penasaran dengan harganya, sabun pepaya ini dibanderol Rp85.000-an.

3. Jinzu “Papaya Brightening Soap

Beberapa orang, baik itu pria maupun wanita, ingin punya kulit yang putih. Nah, dengan menggunakan sabun pepaya yang mengandung bahan arbutin, kulit putih bisa diraih!

Salah satu sabun pepaya yang mengandung arbutin adalah Papaya Brightening Soap dari Jinzu. Sabun pepaya ini mengandung papain (enzim pada getah pepaya), vitamin, dan mineral yang bisa menyehatkan kulit.

Selain itu, karena ekstrak pepaya yang dikandung sabun pepaya ini sifatnya alami, kulit jadi lebih cepat dalam menyerap kandungannya.

Harga dari Jinzu Papaya Brightening Soap ini relatif murah, yakni Rp7.900-an.

4. Thai “Papaya Lightening Soap

Kulit kasar memang mengganggu penampilan. Namun tenang saja, sabun pepaya bisa membuat kulit kasar kamu jadi lebih halus, kok. Coba saja sabun Papaya Lightening Soap dari Thai, yang diformulasikan untuk melembutkan dan mencerahkan kulit.

Selain itu, sabun pepaya ini juga telah terdaftar dalam Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Jadi, bahannya dianggap aman untuk penggunaan sehari-hari.

Walau merupakan produk impor, harga sabun pepaya ini masih cukup terjangkau, yakni Rp24,900-an.

5. GIV “White Beauty Soap Papaya

Sabun pepaya
White Beauty Soap Papaya dari GIV (Sumber: GIV)

White Beauty Soap Papaya dari GIV mengandung papain, yang bisa mengeksfoliasi kulit, sehingga sel-sel kulit mati dapat dihilangkan. Kandungan moisture white-nya juga mampu mencerahkan kulit kamu.

Jika digunakan secara teratur, sabun pepaya dari GIV ini bisa membuat kulit lebih cerah dan halus. Harga sabun seberat 80 gram ini adalah Rp2.000-an.

6. Asantee “Papaya & Honey Soap

Sabun pepaya
Papaya & Honey Soap dari Asantee (Sumber: Amazon)

Kalau tadi sudah ada sabun pepaya yang dikombinasikan dengan minyak kelapa, kini ada Papaya & Honey Soap dari Asantee. Kandungan pepaya dan madunya bisa menyehatkan sekaligus mempercantik kulit, lho.

Sabun herbal yang berasal dari Thailand ini bisa mengurangi noda hitam dan pencegah penuaan dini yang efektif. Selain itu, kandungan vitamin C, E, AHA (asam alfa hidroksi), serta antioksidan dari sabun pepaya ini juga bisa mencegah datangnya jerawat, serta melembutkan dan menjaga kesehatan kulit.

Dengan berbagai manfaatnya untuk kulit, sabun pepaya ini dihargai Rp24,900-an.

7. Metal Fortis “Papaya Transparent Soap

Metal Fortis tidak hanya menjual sampo pemanjang rambut, tapi juga sabun pepaya. Sabun pepaya dari Metal Fortis, bernama Papaya Transparent Soap, dipercaya sebagai pelembap kulit yang efektif mencegah kulit kering.

Busa yang dihasilkan oleh sabun pepaya ini juga sangat banyak, sehingga kulit kamu bisa lebih bersih. Harganya juga cukup murah, yakni Rp7.000-an per batang.

8. The Body Shop "Papaya Shower Gel"

Bagi kamu yang suka sabun dalam bentuk encer, bisa coba The Body Shop Papaya Shower Gel. Sabun pepaya ini diklaim memiliki ekstrak biji pepaya asli. Selain itu, sabun pepaya ini juga memiliki busa yang banyak dan lembut.

Jika kamu ingin kulit yang lebih lembut dan terasa segar, coba saja sabun pepaya The Body Shop Papaya Shower Gel ini!

9. Leivy Shower "Cream Papaya Enzymes"

Selanjutnya ada sabun pepaya cair lagi. Kini dari Leivy Shower Cream Papaya Enzymes. Sabun pepaya ini laku di Jepang, Malaysia, dan Indonesia.

Sabun pepaya ini mengandung enzim papain. Selain itu, sabun pepaya encer ini juga mengandung ekstrak licorice yang bisa membuat kulitmu terlihat lebih lembut, segar, dan berseri!

10. Surewhite Brightening Soap

Buat kamu yang ingin memutihkan kulit wajah dengan sabun pepaya, Surewhite Brightening Soap bisa jadi pilihannya. Ekstrak pepaya yang dikandung sabun pepaya ini "ditemani" dengan glutathione dan arbutin, untuk mempercantik kulit wajah.

Mulai dari bintik hitam hingga keriput, bisa dicegah dengan sabun pepaya ini. Tertarik mencobanya?

Peringatan sebelum memakai sabun pepaya

Walaupun sabun pepaya terbuat dari bahan alami, tapi ada beberapa peringatan sebelum menggunakannya.

Sebelum menggunakan sabun pepaya untuk pertama kalinya, coba oleskan dulu sedikit busa dari sabun pepaya ke kulit kamu. Jika ada reaksi alergi seperti gatal-gatal, bisa jadi kamu alergi terhadap pepaya.

Jika reaksi alergi muncul, segera hindari penggunaan sabun pepaya, dan carilah sabun alami lainnya.

Itulah tadi beberapa rekomendasi sabun pepaya terbaik 2020 yang mudah dicari, dan bisa kamu beli. Jadi, sabun pepaya manakah yang ingin dicoba pertama kali?

Healthline. https://www.healthline.com/health/papaya-soap#uses
Diakses pada 12 Maret 2020

Artikel Terkait