Rangkaian Skincare yang Ampuh untuk Kulit Senstif dan Berjerawat, Ini Rekomendasinya


Mencari produk perawatan untuk kulit sensitif maupun berjerawat bisa menjadi tantangan tersendiri. Namun kini, telah tersedia rangkaian skincare yang cocok untuk para pemilik kulit sensitif dan berjerawat.

0,0
06 May 2021|Maria Yuniar
Kehadiran jerawat sekecil apapun tentu akan mengganggu kenyaman sekaligus penampilan. Terlebih jika masa pandemi ini menuntut Anda tetap on-cam ketika mengikuti berbagai kelas online, kuliah online, maupun Zoom meeting. Oleh karena itu, mencari obat jerawat yang ampuh, tentu menjadi langkah penting demi kulit kembali bersih dan sehat.
Namun, menemukan obat jerawat yang ampuh dan cocok di kulit, termasuk untuk kulit sensitif dan berjerawat, tentu merupakan tantangan tersendiri. Jenis kulit sensitif memiliki ciri berupa kemerahan, gatal, terasa terbakar, dan kering.Apabila Anda memiliki jenis kulit sensitif, maka cobalah untuk mencari tahu pemicunya dan menghindari hal yang menyebabkan kulit menjadi sensitif. Ada banyak kemungkinan penyebab kulit menjadi sensitif, tapi biasanya adalah respons kulit terhadap produk skincare tertentu. Oleh karena itu, pilihkah skincare yang cocok untuk jenis kulit sensitif.Dengan rekomendasi berikut ini, Anda tidak perlu lagi mencoba-coba berbagai skincare untuk kulit sensitif maupun yang berjerawat.

Rekomendasi skincare untuk kulit sensitif dan berjerawat yang ampuh

Pada awalnya, jerawat terbentuk karena adanya penyumbatan pada pori-pori kulit wajah karena infeksi bakteri. Selanjutnya, infeksi ini berubah menjadi inflamasi atau peradangan, yang disertai rasa sakit dan gatal. Masalah kulit ini termasuk yang paling banyak dialami remaja, termasuk di Indonesia.Untuk mengobati jerawat membandel, Acnes menghadirkan produk untuk perawatan sekaligus pencegahan jerawat, yang cocok untuk semua jenis kulit, khususnya kulit sensitif.Ada rangkaian skincare Acnes Derma Care sebagai obat jerawat untuk jenis kulit sensitif dan acne prone skin, yang dapat membantu mengatasi sekaligus mencegah jerawat di kulit wajah Anda. Skincare ini direkomendasikan untuk kulit berjerawat dan kulit sensitif karena:
  • Sudah melalui uji dermatologis
  • Tanpa alkohol, tanpa pewangi tambahan, tanpa pewarna tambahan
  • Mengandung vitamin C, Salicylic Acid, dan Hydrolized Protein Jelly
Berikut ini dua produk yang wajib Anda coba untuk menghalau jerawat membandel yang bermunculan di wajah.

1. Acnes Derma Care Gentle Cleanser

Acnes Derma Care Gentle Cleanser
Pembersih wajah keluaran Acnes ini sangat lembut, dan mampu membantu membersihkan menjaga kelembapan kulit, dan menyamarkan flek hitam maupun bekas jerawat, serta mencerahkan wajah dengan jenis kulit sensitif.Berikut ini kandungan dan bahan aktif di dalam Acnes Derma Care Gentle Cleanser beserta manfaatnya bagi kulit wajah.
  • Vitamin C: berperan sebagai antioksidan dan pencerah wajah. Dalam bentuk Ethyl Ascorbic Acid, vitamin C di dalam pembersih wajah ini mampu menyerap ke dalam kulit dengan lebih baik, dengan risiko iritasi lebih rendah dibanding vitamin C biasa.
  • Salicylic Acid: berperan dalam merawat kulit berjerawat
  • Hydrolized Royal Jelly Protein: mampu mengurangi risiko iritasi pada kulit
  • pH balanced dan non-soap formulation: sangat lembut di kulit

2. Acnes Derma Care Anti-Blemish Essence

Acnes Derma Care Anti-Blemish Essence
Essence ini berperan sebagai face serum untuk mencerahkan wajah, menyamarkan flek hitam, dan bekas jerawat. Serupa produk pembersih wajahnya, Acnes Derma Care Anti-Blemish Essence mengandung vitamin C, Salicylic Acid, serta Hydrolized Royal Jelly Protein. Selain itu, produk essence ini pun:
  • Non comedogenic dan non acnegenic
  • Tanpa paraben, tanpa sulfat, tanpa silikon
  • Aman untuk kulit yang mengalami fungal acne

Manfaat bahan aktif dalam Acnes Derma Care

Beberapa bahan aktif dalam Acnes Derma Care, yaitu vitamin C dan Salicylic Acid, berperan penting untuk mengatasi timbulnya jerawat pada kulit wajah. Berikut ini masing-masing manfaatnya bagi kesehatan kulit.

1. Vitamin C

Vitamin C mampu membantu meredakan peradangan kulit
Jerawat terjadi akibat peradangan kulit karena tersumbatnya pori-pori. Kondisi ini memicu kemerahan, pembengkakan, maupun benjolan berisi nanah. Selain menimbulkan iritasi, jerawat pun bisa menyisakan bekas luka dan kerusakan kulit.Berdasarkan penelitian, vitamin C dapat digunakan sebagai perawatan untuk beberapa kondisi tersebut. Bagi kulit sensitif, jenis vitamin C yang cocok adalah Ethyl Ascorbic Acid.Vitamin C merupakan antioksidan kuat, dan dikenal mampu melawan radikal bebas yang merusak sel-sel kulit, sekaligus membantu perawatan kulit berjerawat. Produk-produk oles yang mengandung vitamin C, dipercaya mampu meningkatkan hiperpigmentasi dan meredakan peradangan akibat jerawat. Meski demikian, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk membuktikannya.Namun, vitamin C telah banyak digunakan dalam berbagai produk skincare. Sebut saja serum, pelembap, dan krim lainnya.

2. Salicylic Acid

Salicylic Acid dapat mengatasi jerawat di kulit wajah
Salicylic Acid atau asam salisilat banyak digunakan sebagai bahan aktif pada produk perawatan kulit berjerawat. Misalnya losion dan krim wajah.Asam salisilat dapat membantu membuka pori-pori untuk mengatasi dan meredakan jerawat pada kulit wajah. Meski demikian, bahan aktif pada produk perawatan kulit berjerawat yang satu ini, memang tidak memengaruhi produksi sebum maupun membunuh bakteri.Seperti halnya Benzoyl Peroxide, Salicylic Acid harus digunakan secara rutin untuk meredakan jerawat membandel. Sebab apabila tidak dipakai secara teratur, penyumbatan pori-pori kembali terjadi dan jerawat pun berisiko muncul lagi.

Pola hidup sehat untuk menjauhkan kulit wajah dari jerawat

Bersihkan layar handphone secara teratur
Selain menggunakan Acnes Derma Care untuk mengatasi jerawat sekaligus merawat kulit wajah yang sensitif, ada tips hidup sehat yang juga penting untuk diikuti. Meski terlihat sederhana, pola hidup sehat berikut ini ternyata mampu menjauhkan kulit wajah dari jerawat.
  • Menghindari stres

    Produksi minyak berlebih atau sebum pada kulit wajah ternyata dipicu oleh stres. Sebab ketika Anda mengalami stres, kadar hormon kortisol dalam tubuh pun meningkat. Akibatnya, kelenjar penghasil minyak pada kulit wajah pun akan semakin aktif. Oleh karena itu, menghindari stres penting dilakukan untuk menghalau jerawat.
  • Tidur yang cukup

    Ketika tubuh kurang istirahat karena Anda tidak tidur dengan cukup, hormon kortisol pun akan meningkat. Alhasil, kulit menjadi lebih berisiko mengalami jerawat. Jadi mulai sekarang, pastikan Anda tidur dengan cukup, meski kegiatan begitu padat setiap hari. Jangan lupa untuk memberihkan wajah sebelum tidur di malam hari.
  • Membersihkan wajah sebelum dan sesudah berolahraga

    Berolahraga memang baik untuk meredakan stres. Namun, jangan lupa untuk membersihkan wajah, bukan hanya setelah berolahraga, tapi juga sebelum melakukan aktivitas yang satu ini. Jika berkeringat selama berolahraga, tepuk lembut kulit dengan handuk bersih dan kering. Sebab, menggosok-gosoknya malah akan mengiritasi.
  • Mengonsumsi makanan sehat

    Pilihlah sumber makanan sehat seperti buah, sayur, dan gandum utuh. Begitu juga dengan sumber protein yang menyehatkan kulit dan seluruh tubuh. Sebaliknya, hindarilah asupan dengan indeks glikemik tinggi, seperti makanan manis maupun berbahan karbohidrat yang diproses. Asupan semacam ini dipercaya mampu memicu jerawat.
  • Membersihkan handphone dengan teratur

    Ketika permukaan handphone kerap bersentuhan dengan kulit wajah, jerawat pun mudah timbul. Selain ponsel, telepon rumah maupun kantor juga bisa menjadi sarang bakteri. Oleh karena itu, bersihkan semuanya, termasuk handphone dengan kain mikrofiber lembap setiap hari.
  • Memakai sunscreen

    Lindungilah kulit wajah dari risiko kerusakan akibat paparan ultraviolet (UV). Pilih sunscreen dengan SPF minimal 30, yang mampu menangkal sinar UVA dan UVB. Pastikan untuk memakai sunscreen bebas minyak dengan formula non-comedogenic, sehingga tidak akan memperparah jerawat.
Setelah mengetahui rekomendasi skincare untuk kulit sensitif dan kulit berjerawat yang ampuh, kini Anda tak perlu kesal lagi menghadapi gangguan pada kulit wajah yang satu ini. Selain itu, selalu jalani gaya hidup sehat untuk kulit yang senantiasa jauh dari jerawat.
kulit berminyakkulit sehatperawatan kulitjerawatpengobatan jerawatkesehatan kulitadv acnes
WebMD. https://www.webmd.com/beauty/whats-your-skin-type#1
Diakses pada 13 April 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-c-for-acne
Diakses pada 8 April 2021
WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/acne/understanding-acne-treatment
Diakses pada 8 April 2021
WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/acne/features/acne-lifestyle-changes
Diakses pada 8 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait