Pilihan Obat Pilek Medis dan Alami yang Efektif


Obat pilek ada berbagai macam jenisnya. Obat bekerja dengan cara meredakan gejala pilek seperti batuk, bersin, demam, hidung tersumbat, dan sakit kepala. Selain obat-obatan medis, ada juga obat pilek alami untuk membantu meredakan gejala pilek.

0,0
18 Sep 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
obat pilekAda berbagai macam pilihan obat pilek, mulai dari obat medis hingga obat pilek alami
Pilek memang menjadi kondisi yang menyebalkan. Anda menjadi kurang nyaman beraktivitas karena merasa lemas, tenggorokan sakit, serta mungkin hidung tersumbat. Untungnya, pilek dapat diatasi secara mudah dengan mengonsumsi sejumlah obat pilek medis yang dijual bebas di apotek, toko obat, hingga swalayan.Bahkan, Anda juga bisa menggunakan sejumlah bahan alami untuk membantu meredakan gejala pilek! Apa saja pilihan obat pilek paling ampuh yang bisa Anda gunakan saat terserang pilek? Simak informasinya berikut ini.

Obat pilek medis di apotek

Sebenarnya, tanpa mengonsumsi obat-obatan pun pilek dapat sembuh dengan sendirinya. Anda hanya cukup beristirahat, minum air putih yang banyak, dan mengonsumsi makanan bergizi. Namun, berbagai gejala pilek seperti sakit tenggorokan, hidung tersumbat, bersin, batuk, dan sakit kepala tentunya menimbulkan ketidaknyamanan sehingga Anda ingin sekali cepat sembuh.Nah, obat-obatan dapat membantu meredakan gejala-gejala pilek tersebut lebih cepat. Dengan begitu, Anda bisa segera kembali beraktivitas. Umumnya, obat pilek bersifat bebas sehingga Anda bisa mengonsumsinya tanpa resep dokter.Berikut ini pilihan obat pilek yang bisa Anda konsumsi:

1. Antihistamin

Antihistamin adalah obat pilek yang bisa dikonsumsi anak dan dewasa untuk menghilangkan pilek akibat alergi. Obat antihistamin bekerja dengan cara memblokir senyawa histamin yang memicu alergi. Antihistamin umumnya bisa dikonsumsi tanpa resep dokter. Namun, pastikan Anda mengikuti anjuran dokter atau apoteker sebelum meminumnya.Obat ini juga menyebabkan efek samping, seperti mengantuk. Itu sebabnya, sebaiknya Anda tidak melakukan aktivitas yang membutuhkan kewaspadaan tinggi, seperti menyetir, setelah meminumnya. 

2. Dekongestan

Obat pilek yang juga bisa Anda beli secara bebas adalah golongan dekongestan. Dekongestan berfungsi untuk mengatasi hidung tersumbat. Dengan begitu, Anda jadi bisa bernapas lebih lega. Obat ini bekerja dengan cara meredakan pembengkakan pada saluran sinus dan mengencerkan dahak sehingga bisa dikeluarkan secara mudah.Dekongestan tersedia dalam bentuk sirup, pil, hingga semprotan hidung. Anda bisa mendapatkannya di apotek terdekat tanpa perlu resep dokter. Namun, baca petunjuk pemakaian dengan saksama sebelum mengonsumsinya. 

3. Cairan saline

Cara mengtatasi pilek juga bisa dengan menyemprotkan cairan saline ke hidung yang tersumbat. Cairan ini mengandung garam yang dapat membantu melembapkan dinding saluran pernapasan, sekaligus mengencerkan lendir pada hidung yang menyebabkan hidung tersumbat.Obat ini aman digunakan dan minim efek samping. Namun, tetap perhatikan petunjuk pemakaian obat dengan seksama sebelum menggunakannya.

4. Obat antinyeri

Biasanya, pilek juga disertai oleh sakit kepala. Nah, untuk mengobati sakit kepala karena pilek bisa Anda atasi dengan minum obat antinyeri, seperti paracetamol maupun ibuprofen.Tidak hanya sakit kepala, kedua jenis obat tersebut juga bisa membantu meredakan gejala lainnya, yakni demam.Anda bisa mendapatkan paracetamol ataupun ibuprofen tanpa resep dokter. Meski demikian, Anda tetap tidak boleh meminumnya secara sembatangan.Pastikan bahwa obat yang Anda beli berlabel hijau. 

5. Antivirus

Pilek sering kali muncul akibat infeksi virus yang menyerang pernapasan, utamanya rhinovirus. Meski infeksi virus umumnya dapat sembuh dengan sendirinya, dokter mungkin saja meresepkan obat antivirus untuk menghilangkan virusnya, agar pilek bisa sembuh dengan cepat.Akan tetapi, obat antivirus bukanlah obat bebas. Untuk mengonsumsinya, Anda harus mendapat resep dari dokter terlebih dahulu. Pastikan untuk mengonsumsi obat sesuai dengan dosis, jangan dikurangi maupun ditambahkan. 

Berbagai pilihan obat pilek alami 

Selain dengan obat-obatan medis, cara mengobati pilek yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi bahan-bahan alami.Beberapa bahan herbal untuk mengatasi pilek secara alami, antara lain:

1. Bawang putih

Salah satu obat pilek alami yang mudah untuk dicari adalah bawang putih. Bawang putih mengandung senyawa antimikroba yang disebut alisin. Mengonsumsi suplemen bawang putih juga berpotensi untuk mengurangi keparahan gejala pilek Anda.Riset lebih lanjut terkait keampuhan bawang putih sebagai obat pilek alami masih diperlukan. Namun, menambahkan beberapa irisan bawang putih ke makanan Anda saat pilek tentu tak ada salahnya.

2. Teh chamomile

Chamomile merupakan tanaman dengan bunga yang mirip bunga daisy. Bunga chamomile yang dikeringkan banyak dijual dalam bentuk “teh” yang bebas kafein dan berpotensi untuk menjadi obat pilek alami. Teh ini juga memiliki efek menenangkan, kemampuan anti-peradangan, serta efek antioksidan.Dalam sebuah riset yang dimuat di Molecular Medicine Reports, disebutkan bahwa menghirup uap rebusan chamomile berpotensi untuk meredakan gejala pilek. Menyesap teh bunga ini juga boleh jadi menawarkan manfaat serupa. 

3. Jus bit

Bit merupakan sayuran umbi akar yang sering dianggap buah oleh masyarakat. Bit biasa dikonsumsi dalam bentuk jus karena menawarkan beragam manfaat kesehatan, termasuk potensinya sebagai obat pilek alami. Dalam studi tahun 2019 yang dimuat dalam Physiology & Behavior, konsumsi jus bit porsi kecil sebanyak tujuh kali dalam sehari membantu meredakan gejala pilek. Dalam studi ini, just bit sebagai obat pilek alami juga bermanfaat untuk penderita asma.Jus bit juga mengandung nitrat dalam kadar tinggi. Kadar nitrat ini dapat membantu meningkatkan produksi nitrit oksida dalam tubuh untuk melawan infeksi pernapasan, yang memunculkan gejala pilek.

4. Minuman probiotik

Probiotik merupakan mikroorganisme (seperti bakteri) yang bermanfaat untuk tubuh. Minuman yang mengandung probiotik berpotensi untuk menjadi obat pilek alami walau riset yang menyokongnya masih terbatas. Sebuah studi yang dimuat dalam American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan, konsumsi minuman probiotik yang mengandung bakteri L. casei 431 berpotensi untuk mengurangi lamanya terserang pilek, terutama yang berkaitan dengan gejala pernapasan.

5. Madu

Madu telah menjadi warisan obat tradisional dan memiliki potensi sebagai obat alami pilek. Mengonsumsi satu sendok madu sebelum tidur dapat membantu tidur lebih nyenyak dan mengurangi frekuensi batuk saat tidur. Tak hanya itu, madu juga berpotensi untuk menenangkan radang tenggorokan yang terasa nyeri.

6. Sup ayam

Tak ada makanan yang lebih menenangkan saat pilek selain semangkuk sup ayam hangat. Sup ayam dapat menjadi pilihan saat pilek karena membantu meredakan hidung tersumbat dan mengencerkan lendir. Sup ayam juga disebutkan memiliki efek anti-peradangan untuk meredakan gejala flu, seperti pilek dan batuk.

7. Air garam

Walau terlihat sederhana, berkumur air garam juga memiliki potensi sebagai obat alami untuk pilek. Berkumur dengan air garam dilaporkan menurunkan risiko keparahan pilek sekaligus mencegah infeksi saluran pernapasan atas. Obat pilek alami ini juga berpotensi untuk meredakan nyeri tenggorokan dan hidung tersumbat.Anda bisa melarutkan satu sendok teh garam dapur ke segelas air. Kemudian, berkumurlah dengan obat pilek alami ini untuk kemudian dikeluarkan.

Cara lain untuk menghilangkan pilek

Selain mencoba obat pilek alami di atas, Anda juga dianjurkan menerapkan tips berikut ini untuk mempercepat pemulihan:
  • Meningkatkan asupan cairan
  • Beristirahat lebih lama
  • Meningkatkan asupan buah dan sayuran yang mengandung vitamin C
  • Mengonsumsi makanan sehat
  • Meminum obat pilek yang dijual bebas
  • Menghirup uap panas

Catatan dari SehatQ

Obat pilek di atas layak dicoba di rumah saat Anda mengalami gangguan medis yang satu ini. Jangan lupa pula untuk meningkatkan asupan cairan, konsumsi makanan sehat, dan beristirahat lebih lama agar pilek bisa segera pulih.Punya keluhan medis? Anda bisa mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter melalui layanan live chat di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasi SehatQ sekarang juga di App Store dan Google Play. 
pilekhidung tersumbatminum obatobat bebas terbatas
Healthline. https://www.healthline.com/health/cold-flu/sore-throat-natural-remedies
Diakses pada 3 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/cold-flu/how-to-get-rid-of-a-cold-fast
Diakses pada 3 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/cold-flu/home-remedies
Diakses pada 3 September 2020
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/30682333
Diakses pada 3 September 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2995283
Diakses pada 3 September 2020
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25926507
Diakses pada 3 September 2020
Web MD. https://www.webmd.com/cold-and-flu/cold-guide/cold-remedies
Diakses pada 3 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait