Rekomendasi Obat Batuk Kering maupun Berdahak yang Baik untuk Keluarga


Anda bisa memilih berbagai jenis obat batuk yang tersedia di apotek saat ini, baik itu untuk batuk berdahak, batuk kering, maupun batuk yang disertai pilek. Untuk semua kondisi tersebut, Siladex hadir dengan rangkaian produk yang bermanfaat untuk Anda sekeluarga.

(0)
13 Jan 2021|Nina Hertiwi Putri
Obat batuk Siladex mampu mengatasi batuk sesuai kondisiObat batuk Siladex bisa mengatasi batuk sesuai jenisnya
Obat batuk berdahak dan batuk kering yang sering Anda temui di apotek secara umum bisa dibagi menjadi dua jenis, yaitu antitussive dan expectorant. Obat batuk antitussive berfungsi untuk meredam batuk, sedangkan expectorant berguna dalam mengencerkan dahak.Agar pengobatan yang dijalani bisa efektif, pilihlah jenis obat yang sesuai dengan kondisi batuk Anda, baik itu batuk berdahak, batuk kering, maupun yang disertai pilek. Berikut ini pilihan obat batuk yang direkomendasikan..

Pilihan obat batuk berdahak dan batuk kering

Untuk mengatasi batuk, ada berbagai obat batuk yang dihadirkan Siladex. Tersedia dalam berbagai jenis untuk batuk berdahak maupun batuk kering, Anda bisa mengonsumsi yang paling sesuai dengan kondisi pribadi.Berikut ini jenis-jenis yang bisa Anda pilih untuk meredakan batuk.
Obat batuk siladex merah silade antitussive
Obat batuk kering Siladex antitussive

1. Siladex antitussive untuk batuk kering

Siladex antitussive atau siladex merah adalah obat batuk sirup yang dapat meredakan batuk kering secara efektif. Dengan kandungan Dextromethorphan HBr, obat ini akan menekan batuk langsung pada pusatnya, sehingga bisa mengurangi frekuensi batuk Anda.
Obat batuk berdahak siladex hijau siladex me
Obat batuk berdahak Siladex ME

2. Siladex mucolytic expectorant (ME) untuk batuk berdahak

Untuk batuk berdahak, Siladex mucolytic expectorant alias siladex hijau bisa jadi andalan. Dua bahan aktif yang terkandung di dalamnya, yaitu Bromhexine HCl dan Guaifenesin akan membantu mengencerkan dahak sekaligus mempermudah Anda mengeluarkan dahak dari tenggorokan.Obat ini juga tidak menyebabkan kantuk, sehingga bisa dikonsumsi tanpa perlu mengganggu aktivitas harian.
Obat batuk yang disertai pilek Siladex cold and flu
Obat batuk yang disertai pilek Siladex cold & flu

3. Siladex cough and cold untuk batuk disertai pilek

Obat batuk dan flu dari Siladex ini mengandung tiga bahan aktif sekaligus. Bahan pertama adalah Dextrometrophane HBr yang dapat menekan batuk langsung di pusatnya, untuk meredakan batuk.Selanjutnya, Doxylamine Succinate bisa meringankan gejala batuk pilek dan terakhir, Pseudoephedrine HCl dapat melegakan hidung tersumbat.
Obat batuk kering untuk malam hari siladex DMP
Obat batuk kering malam hari Siladex DMP

4. Siladex DMP untuk batuk kering malam hari

Siladex DMP bisa digunakan untuk meredakan batuk kering yang cocok diminum saat malam hari agar Anda bisa beristirahat dengan lebih nyaman dan tidur nyenyak. Sebab, obat ini dapat menimbulkan kantuk.Dengan kandungan Dextrometrophane HBr dan Diphenhydramine HCL yang dimilikinya, obat ini akan meredakan batuk kering yang disertai dengan alergi.Obat batuk Siladex tidak mengandung alkohol dan gula, sehingga aman untuk dikonsumsi. Pastikan Anda selalu mengikuti aturan pakai yang tertera di kemasan sebelum mengonsumsinya, untuk menghidari efek samping.

Langkah tambahan untuk meredakan batuk

Selain mengonsumsi obat, Anda tetap perlu menjaga kondisi tubuh agar batuk yang dialami bisa sembuh dengan baik. Berikut ini beberapa hal yang sebaiknya Anda lakukan sambil rutin minum obat.

• Banyak minum air

Dengan banyak minum air putih, maka konsistensi dahak akan semakin encer dan mudah dikeluarkan dari tenggorokan. Mengonsumsi minuman hangat seperti air putih hangat ataupun teh juga akan membuat tenggorokan terasa lebih nyaman.

• Menghindari kebiasaan merokok

Merokok adalah salah satu penyebab paling umum dari batuk. Tidak hanya sebagai penyebab utama, kebiasaan buruk ini juga akan membuat kondisi batuk semakin parah.

• Menjaga udara ruangan jadi lebih lembap

Membuat udara menjadi lebih lembap dengan humidifier akan membuat Anda lebih mudah bernapas. Anda juga bisa mendapatkan kelembapan yang dibutuhkan dengan mandi air hangat.

Kapan batuk harus diperiksakan ke dokter?

Untuk mendapatkan hasil pengobatan yang optimal, Anda pun dapat memeriksakan diri ke dokter. Terlebih bila Anda mengalami batuk disertai:
  • Dahak yang sangat kental dan berwarna hijau kekuningan
  • Sesak napas dan napas berbunyi ‘ngik-ngik’
  • Demam
  • Lemas hingga tidak sadarkan diri
  • Pembengkakan di pergelangan kaki dan penurunan berat badan tiba-tiba
Batuk juga bisa masuk sebagai kondisi kegawatdaruratan medis apabila disertai dengan gejala lain, berupa:
  • Muntah-muntah hingga tersedak
  • Tidak bisa bernapas dan menelan makanan
  • Kemunculan darah dalam dahak
  • Nyeri dada
Apabila Anda atau keluarga ada yang mengalami salah satu atau beberapa gejala di atas, segera hubungi fasilitas kesehatan terdekat.
batukbatuk keringbatuk berdahak
Konimex. https://www.konimex.com/brand/siladex
Diakses pada 12 Januari 2021
Konimex Store. https://www.konimexstore.com/produk/detail/kode/SILADEX+DMP+60+ML
Diakses pada 12 Januari 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/symptoms/cough/basics/when-to-see-doctor/sym-20050846
Diakses pada 12 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait