7 Rekomendasi Masker Wajah Sesuai Tipe Kulit Wajah, Mana yang Cocok untuk Anda?

Masker wajah menjadi salah satu rutinitas perawatan kulit yang banyak dilakukan oleh wanita dan pria yang peduli terhadap penampilan. 

Begitu banyak jenis dan kegunaan masker wajah yang tersedia di pasaran, Anda pun perlu cermat memilih mana masker wajah terbaik sesuai dengan jenis kulit. 

Setiap jenis masker diciptakan untuk merawat kondisi kulit yang berbeda. Lantas, mana masker wajah terbaik sesuai tipe kulit wajah Anda? 

Pilihan masker wajah terbaik sesuai jenis kulit wajah

Tidak semua masker wajah didesain cocok untuk semua kebutuhan jenis kulit manusia. Maka dari itu, penting untuk mengetahui tipe kulit wajah Anda sebelum memutuskan membeli masker wajah. 

Apakah kulit wajah Anda berminyak, kering, sensitif, kombinasi, atau berjerawat? Berikut adalah masker wajah terbaik sesuai tipe kulit wajah Anda:

1. Masker wajah terbaik untuk pemilik kulit wajah normal

Masker wajah terbaik untuk kulit normal adalah masker krim
Pemilik kulit wajah normal bisa menggunakan masker krim

Beruntung bagi Anda yang memiliki jenis kulit wajah normal. Pasalnya, jenis kulit wajah ini cenderung memiliki kandungan air dan minyak yang seimbang. Anda bisa menggunakan berbagai jenis masker wajah, seperti sheet mask, clay mask, masker krim, hingga masker alami buatan sendiri. 

Namun, masker krim mungkin menjadi jenis masker wajah terbaik yang direkomendasikan bagi pemilik kulit normal. Masker krim mengandung emolien yang bertujuan menghaluskan kulit. 

Jenis masker tersebut cocok bagi Anda yang ingin meremajakan penampilan kulit dengan cara meningkatkan kelembapan wajah. 

2. Masker wajah untuk pemilik kulit wajah berminyak dan kulit kombinasi 

Clay mask adalah jenis masker wajah terbaik bagi pemilik kulit wajah berminyak dan kulit kombinasi
Clay mask dapat membersihkan kotoran dan minyak yang menyumbat pori-pori wajah

Kulit wajah berminyak dan kombinasi idealnya menggunakan masker wajah yang berasal dari clay mask atau charcoal mask. Pasalnya, kedua jenis masker wajah terbaik ini dapat menyerap produksi minyak berlebih, tanpa membuatnya kering.

Clay mask mengandung bahan dari tanah liat alami yang mampu membersihkan segala kotoran dan minyak yang menyumbat pori-pori wajah secara mendalam ketika masker tersebut mengering dan mengencang. 

Selain itu, clay mask mengandung bentonite dan kaolin clay sehingga membuat pori-pori wajah menjadi lebih kecil.

Anda disarankan untuk mencari masker wajah wash off daripada peel-off mask. Peel-off mask mengandung lem yang dapat menghilangkan minyak alami di wajah dan berisiko merusak lapisan kulit pelindung wajah. 

3. Masker wajah untuk pemilik kulit kering

Masker wajah terbaik bagi pemilik kulit kering adalah yang mengandung kelembapan ekstra. Misalnya, sheet mask, peel-off mask, exfoliating mask, atau masker alami ala rumahan yang terbuat dari buah-buahan. 

Masker peel-off berfungsi untuk mengencangkan kulit dan merangsang peredaran darah agar lebih lancar. Sedangkan, masker eksfoliasi mengandung asam glikolat yang berperan mengangkat sel-sel kulit mati dan mengatasi masalah garis halus dan keriput. 

Tak hanya itu, Anda bisa menggunakan masker minyak hangat. Masker minyak hangat menggunakan minyak esensial, seperti minyak almond dan minyak zaitun. 

Umumnya, masker minyak hangat dapat ditemukan di tempat-tempat spa, yang bertujuan untuk menghaluskan dan meremajakan kulit wajah dengan cara merangsang peredaran darah.

Pemilik kulit kering juga dapat menggunakan masker wajah yang memiliki kandungan melembapkan, seperti asam hialuronat, aloe vera, dan gliserin. 

4. Masker wajah untuk kulit sensitif

Sesuai namanya, kulit sensitif rentan mengalami kemerahan di wajah. Hal tersebut bisa saja terjadi apabila kulit wajah bereaksi dengan kandungan zat-zat tertentu. 

Oleh sebab itu, pilihan masker wajah terbaik untuk kulit sensitif adalah yang mengandung bahan-bahan alami menenangkan, seperti oatmeal, chamomile, atau aloe vera yang bertujuan untuk mengurangi peradangan dan kemerahan. 

5. Masker wajah untuk kulit berjerawat

Menentukan masker wajah terbaik bagi pemilik kulit berjerawat bisa dibilang cukup menantang. Pasalnya, salah memilih masker wajah dapat memperburuk kondisi kulit Anda yang tengah berjerawat. 

Sebagai solusinya, Anda bisa memilih masker wajah yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat. Baik benzoil peroksida dan asam salisilat dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, asam salisilat dapat mengurangi produksi minyak berlebih sekaligus mengangkat sel-sel kulit mati di wajah.

Pemilik kulit wajah berjerawat juga bisa menggunakan clay mask. Selain menyerap produksi minyak berlebih di wajah, clay mask juga dapat mencegah penyumbatan pori-pori kulit yang menyebabkan jerawat.

6. Masker wajah untuk cegah penuaan

Paparan sinar matahari, pola makan, serta faktor lingkungan dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan muncul lebih cepat. 

Jika ingin mencari masker wajah terbaik untuk cegah penuaan, pilihlah kombinasi bahan-bahan, seperti retinol, asam hialuronat, dan vitamin C guna mengurangi tampilan garis-garis halus dan keriput di wajah. 

7. Masker wajah untuk kulit kusam

Masker wajah terbaik untuk kulit kusam adalah masker eksfoliasi
Masker eksfoliasi berfungsi mengangkat sel-sel kulit mati penyebab kulit kusam

Untuk mengatasi kulit kusam, gunakan masker eksfoliasi atau exfoliating mask yang mengandung ekstrak buah-buahan. 

Eksfoliator yang terkandung dalam masker ini berfungsi mengangkat sel-sel kulit mati penyebab kulit kusam. Selain itu, eksfoliator juga membantu merangsang pertumbuhan jaringan kulit baru sehingga kulit wajah tampak lebih cerah. 

Apa pun jenis masker wajahnya, pastikan Anda membaca petunjuk penggunaan masker wajah sebelum memakainya. Pasalnya, cara pakai masker wajah tentu berbeda-beda tergantung pada jenisnya. 

Catatan dari SehatQ

Tidak semua orang memiliki tipe kulit wajah yang sama. Oleh karena itu, untuk mendapatkan masker wajah terbaik, Anda perlu mengenali jenis kulit wajah terlebih dahulu.

Jika Anda masih merasa tidak yakin dalam mendapatkan masker wajah terbaik sesuai jenis kulit, sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis kulit. Dengan ini, dokter akan merekomendasikan masker wajah yang tepat sesuai tipe kulit wajah Anda. 

Insider. https://www.insider.com/best-face-masks-for-your-skin-2018-3

Diakses pada 21 Februari 2020

Insider. https://www.insider.com/what-face-mask-should-i-use-2019-2

Diakses pada 21 Februari 2020

The Healthy. https://www.thehealthy.com/beauty/face-body-care/best-face-mask-for-your-skin-type/

Diakses pada 21 Februari 2020

Allure. https://www.allure.com/story/best-face-mask-for-skin-type

Diakses pada 21 Februari 2020

Stylecaster. https://stylecaster.com/beauty/best-face-mask-for-your-skin-type/#ixzz47f3ngLcE

Diakses pada 21 Februari 2020

She Knows. https://www.sheknows.com/living/articles/816947/types-of-facial-masks/

Diakses pada 21 Februari 2020

Artikel Terkait