Rekomendasi Makanan Bayi 6 Bulan untuk Kecerdasan Otak

(0)
25 Oct 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu makanan bayi 6 bulan untuk kecerdasan otak adalah ikan salmonSalmon memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk perkembangan otak bayi
Memasuki usia 6 bulan, bayi biasanya sudah mulai diberikan makanan tambahan padat (MPASI). Pada masa ini, tidak hanya tubuhnya saja, otak bayi juga sedang dalam tahapperkembangan fungsi yang pesat. Oleh karena itu, penting sekali untuk memberikan makanan bayi 6 bulan untuk kecerdasan otak.Makanan bayi 6 bulan untuk kecerdasan otak tidak harus rumit atau mahal. Faktanya, banyak makanan sumber nutrisi otak yang mudah didapatkan, diolah, dan memiliki harga terjangkau.

Makanan bayi 6 bulan untuk kecerdasan otak

Walaupun bayi 6 bulan membutuhkan makanan bernutrisi tinggi, kemampuannya mencerna makanan masih terbatas. Maka dari itu, pastikan makanan yang diberikan lembut, mudah ditelan, berukuran kecil dan mudah digenggam (finger food), bernutrisi, serta higienis.Berikut ini makanan bayi 6 bulan untuk kecerdasan otak yang direkomendasikan.

1. Greek yogurt

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan memberikan greek yogurt sebagai MPASI. Selain membantu mengembangkan sel otak, greek yogurt juga memiliki probiotik yang menyehatkan pencernaan bayi. Kandungan lemak sehat, kalsium, dan protein membuat greek yogurt bermanfaat dalam perkembangan sel-sel otak sehingga cocok sebagai makanan bayi 6 bulan untuk kecerdasan otak.

2. Alpukat

Bukan tanpa alasan alpukat banyak dipilih sebagai makanan bayi 6 bulan untuk kecerdasan otak. Selain teksturnya yang lembut dan mudah ditelan, alpukat juga mengandung lemak sehat, vitamin, dan mineral yang sangat bermanfaat bagi kesehatan bayi.

3. Keju

Keju memiliki manfaat susu bernutrisi tinggi dan lemak sehat yang diperlukan dalam perkembangan sel otak. Makanan ini memiliki tekstur yang lembut dan bisa dipotong kecil sehingga mudah digenggam oleh bayi.

4. Kuning telur

Bayi tidak dianjurkan untuk diberi makanan tambahan berupa putih telur. Hal ini karena risiko alergi yang cukup tinggi. Sebaiknya putih telur baru diperkenalkan saat bayi berusia setidaknya 12 bulan.Di sisi lain, kuning telur bisa dijadikan pilihan sebagai MPASI untuk bayi yang baru mengenal makanan. Kandungan kolesterol pada kuning telur bermanfaat untuk membentuk lapisan pelindung sel otak. Selain mudah dicerna, kuning telur juga banyak mengandung nutrisi untuk tumbuh kembang organ-organ tubuh Si Kecil.

5. Bubur sereal

Bubur sereal yang terbuat dari serealia utuh sangat bermanfaat sebagai makanan bayi 6 bulan untuk kecerdasan otak. Beberapa contoh serealia utuh adalah oatmeal, quinoa, dan barley.Sebelum dikonsumsi, biji-bijian utuh tersebut harus diblender hingga lembut dan diairi (diseduh) hingga mudah dikonsumsi oleh bayi.

6. Selai kacang

Kacang-kacangan merupakan sumber makanan bayi 6 bulan untuk kecerdasan otak. Di dalamnya terdapat lemak sehat, protein, dan vitamin larut lemak yang baik bagi pertumbuhan bayi.Selain kacang tanah, selai kacang mede dan almond juga memiliki manfaat yang sama. Saat dikonsumsi, selai kacang bisa ditambahkan pada MPASI lain untuk memperkaya kandungan nutrisinya, seperti bubur sereal atau yogurt.

7. Apel

Buah apel memiliki kandungan senyawa quercetin, yakni jenis antioksidan yang bisa membantu merangsang aktivitas otak. Apel dapat dijadikan finger food atau dilumatkan agar mudah dikonsumsi bayi.

8. Salmon

Ikan salmon termasuk jenis makanan bayi 6 bulan untuk kecerdasan otak karena mengandung asam lemak omega-3 berupa DHA. Senyawa ini sangat penting bagi perkembangan kognitif bayi.Untuk memudahkan bayi mengonsumsinya, Anda dapat memasak dan melumatkan daging ikan salmon, lalu mencampurnya ke dalam makanan lain. Anda juga bisa membuatnya menjadi finger food yang bergizi.

Waspadai alergi pada bayi

Hal yang penting diperhatikan dalam pemberian makanan bayi 6 bulan untuk kecerdasan otak adalah munculnya reaksi alergi pada bayi. Secara bertahap, bayi harus mulai dikenalkan pada berbagai jenis makanan sejak diperbolehkan mengonsumsi makanan padat (MPASI).Berikut adalah delapan jenis makanan yang bisa memicu alergi pada bayi sehingga Anda perlu berhati-hati dalam memberikannya.
  • Susu sapi
  • Kacang tanah
  • Kacang pohon, seperti mete, almond, atau walnut
  • Kacang kedelai
  • Gandum
  • Telur
  • Ikan
  • Kerang-kerangan.
Untuk mengenali kemungkinan alergi, berikan setiap makanan baru satu per satu. Setidaknya tunggu selama tiga hingga lima hari sebelum mengenalkan jenis makanan baru lainnya. Sehingga, Anda bisa mengetahui reaksi bayi pada setiap makanan tersebut.JIka muncul reaksi alergi, seperti gatal-gatal, diare, atau muntah, setelah mengonsumsi makanan bayi 6 bulan untuk kecerdasan otak, segera periksakan bayi Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Dokter akan melakukan serangkaian tes untuk memastikan apakah bayi memang memiliki alergi atau tidak.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar makanan bayi 6 bulan untuk kecerdasan otak, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
mpasimakanan bayi
Motherly. https://www.mother.ly/child/10-key-foods-to-build-your-babys-brain-development
Diakses 12 Oktober 2020
Web MD. https://www.webmd.com/parenting/baby/introducing-new-foods#1
Diakses 12 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait