logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Parenting

14 Mainan Anak 2 Tahun yang Bisa Dukung Perkembangan Si Kecil

open-summary

Guna mendukung tumbuh dan kembang si kecil, terdapat segudang mainan anak 2 tahun yang edukatif dan mampu mendukung pertumbuhannya, mulai dari blok huruf dan angka, stack and sort, buku, hingga boneka jari. Meski begitu, orangtua disarankan untuk tetap memperhatikan anak agar sesi bermainnya tetap aman.


close-summary

5

(2)

7 Mar 2022

| Asni Harismi

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Mainan anak 2 tahun yang bisa diberikan contohnya mainan blok angka atau huruf

Mainan blok angka atau huruf cocok sebagai mainan anak 2 tahun

Table of Content

  • Mainan anak 2 tahun yang menyenangkan sekaligus edukatif
  • Tips aman memilih mainan anak 2 tahun

Banyak hal akan dipelajari oleh anak saat ia menginjak usia 2 tahun. Oleh karena itu, memberikannya mainan anak 2 tahun yang tepat dipercaya akan membantu tumbuh kembang anak secara optimal.

Advertisement

Anak usia 2 tahun sering disebut sebagai terrible two karena sifat alamiahnya yang ingin lebih mandiri dan senang mengeksplorasi hal-hal yang baru. Namun, di saat ini pula, otak anak akan mengalami perkembangan yang pesat, terutama dalam hal pola pikir, sosial, dan emosional.

Kemampuan berbahasa anak juga akan berkembang secara signifikan. Anak bukan hanya mengerti apa yang Anda bicarakan, tetapi juga bisa menerima perintah dari Anda, bahkan mengekspresikan perasaannya lewat kata-kata pendek, seperti “mama, mau makan” dan sebagainya.

Berdasarkan hal di atas, Anda dapat menentukan mainan edukasi anak 2 tahun yang sebaiknya diberikan kepada si kecil.

Mainan anak 2 tahun yang menyenangkan sekaligus edukatif

Hakikat mainan adalah sesuatu yang membuat anak Anda senang. Tak perlu membelikannya mainan yang mahal atau kekinian, tetapi lebih perhatikan sisi keamanan dan manfaatnya bagi tumbuh kembang anak Anda.

Berikut beberapa rekomendasi mainan anak 2 tahun yang menyenangkan sekaligus edukatif yang dapat Anda jadikan referensi.

1. Blok huruf dan angka

Memberikan balok huruf dan angka bukan berarti mengajarkan membaca kepada anak secara dini, melainkan bertujuan melatih motorik kasar dan problem-solving pada anak. Mainan anak umur 2 tahun ini bisa terbuat dari kayu maupun plastik.

2. Stack and sort

Stack and sort merupakan mainan untuk anak 2 tahun yang bertujuan mengenalkan anak pada berbagai bentuk, seperti segitiga, bulat, kotak, dan sebagainya. Anak juga akan dilatih menyortir dan menumpuknya sesuai bentuk maupun warnanya.

3. Mega blok

Mainan anak usia 2 tahun ini dapat dipasang dan dilepas dengan mudah, serta hadir dalam berbagai warna dan bentuk yang menarik baginya.

Anak akan ditantang untuk membentuk bangunan sesuai dengan imajinasinya, bahkan mainan edukasi anak 2 tahun ini dapat juga dinikmati oleh orang dewasa sehingga Anda bisa menemani si kecil bermain sekaligus bonding.

4. Buku

no caption
Anak membaca buku dengan boneka kesayangannya.

Buku pun dapat dijadikan sebagai mainan bayi 2 tahun. Banyak sekali jenis buku anak yang sekaligus bisa dimanfaatkan sebagai mainan, mulai dari bentuk, bahan pembuatnya, hingga berbagai pelengkap yang menyertainya.

Saat ini, buku juga bisa dikombinasikan dengan aplikasi augmented reality yang dapat membuat edukasi anak semakin menyenangkan.

5. Alat musik

Mengenalkan musik secara dini pada anak disebut-sebut dapat menyeimbangkan kemampuan otaknya.

Ada banyak instrumen musik yang dibuat versi mainannya, mulai dari gitar, drum, hingga piano. Semua ini bisa dimainkan, baik secara manual maupun menggunakan baterai dan aliran listrik.

6. Boneka jari

Boneka jari juga dapat dikategorikan sebagai mainan edukatif anak 2 tahun. Anda dapat menceritakan berbagai kisah dan mengenalkan anak pada suara dari hewan-hewan yang menjadi boneka tersebut.

Rekomendasi mainan anak 2 tahun ini juga dapat merangsang daya imajinasi anak sekaligus merangsang kemampuan berbahasa pada si kecil.

7. Perlengkapan dokter-dokteran