Rekomendasi Mainan Edukasi Anak 2 Tahun yang Bisa Anda Pilih

Mainan anak 2 tahun yang bisa diberikan contohnya mainan blok angka atau huruf
Mainan blok angka atau huruf cocok sebagai mainan anak 2 tahun

Banyak hal akan dipelajari oleh anak saat ia menginjak usia 2 tahun. Oleh karena itu, memberikannya mainan anak 2 tahun yang tepat dipercaya akan membantu tumbuh kembang anak secara optimal.

Anak usia 2 tahun sering disebut sebagai ‘terrible two’ karena sifat alamiahnya yang ingin lebih mandiri dan senang mengeksplorasi hal-hal yang baru. Namun di saat ini pula, otak anak akan mengalami perkembangan yang pesat, terutama dalam hal pola pikir, sosial, dan emosional.

Di masa ini pula kemampuan berbahasa anak akan berkembang secara signifikan. Anak bukan hanya mengerti apa yang Anda bicarakan, namun juga bisa menerima perintah dari Anda, bahkan mengekspresikan perasaannya lewat kata-kata pendek seperti “mama, mau makan” dan sebagainya.

Berdasarkan patokan di atas, Anda pun dapat menenukan mainan edukasi anak 2 tahun yang sebaiknya Anda berikan kepada si kecil.

Rekomendasi mainan anak 2 tahun yang menyenangkan sekaligus edukatif

Hakikat mainan adalah membuat anak Anda senang. Tak perlu membelikannya mainan yang mahal atau kekinian, namun lebih perhatikan sisi keamanan dan manfaat mainan tersebut bagi tumbuh kembang anak Anda.

Berikut beberapa rekomendasi mainan anak 2 tahun yang menyenangkan sekaligus edukatif yang dapat Anda jadikan sebagai referensi.

  • Blok huruf dan angka

Memberikan balok huruf dan angka bukan berarti mengajarkan membaca kepada anak secara dini, melainkan bertujuan melatih motorik kasar dan problem-solving pada anak. Mainan edukasi anak 2 tahun ini bisa terbuat dari kayu maupun plastik.

  • Stack and sort

Mainan anak 2 tahun ini bertujuan mengenalkan anak pada berbagai bentuk, seperti segitiga, bulat, kotak, dan sebagainya. Anak juga akan dilatih menyortir dan menumpuknya sesuai bentuk maupun warnanya.

  • Mega blok

Mainan anak 2 tahun ini dapat dipasang dan dilepas dengan mudah, serta hadir dalam berbagai warna dan bentuk yang menarik bagi anak. Anak akan ditantang untuk membentuk bangunan sesuai dengan imajinasinya, bahkan mainan ini dapat juga dinikmati oleh orang dewasa sehingga Anda bisa menemani anak bermain sambil menjadi bonding dengan si kecil.

  • Buku

Banyak sekali jenis buku anak yang sekaligus dapat dijadikan mainan, mulai dari bentuk, bahan pembuatnya, hingga berbagai pelengkap yang menyertainya. Saat ini, buku pun bisa dikombinasikan dengan aplikasi augmented reality yang dapat membuat edukasi anak semakin menyenangkan.

  • Alat musik

Mengenalkan musik secara dini pada anak disebut-sebut dapat menyeimbangkan kemampuan otaknya di masa mendatang. Ada banyak instrumen musik yang sudah dibuat versi mainannya, mulai dari gitar, drum, piano, baik yang dapat dimainkan secara manual maupun menggunakan baterai dan aliran listrik.

  • Boneka jari

Lewat mainan edukatif anak 2 tahun ini, Anda dapat menceritakan berbagai kisah dan mengenalkan anak pada suara dari hewan-hewan yang menjadi boneka jari tersebut. Mainan ini dapat merangsang daya imajinasi anak sekaligus merangsang kemampuan berbahasa pada si Kecil.

Tips aman memilih mainan anak 2 tahun

Mainan anak 2 tahun stack and sort
Mainan stack and sort cocok untuk anak 2 tahun

Dalam memilih mainan anak 2 tahun, ada beberapa prinsip dasar yang harus Anda perhatikan. Berikut tips aman memilih mainan anak sesuai yang disarankan oleh Akademi Dokter Anak Amerika Serikat:

  • Baca label. Biasanya produsen mainan menyantumkan peringatan penggunaan mainan, termasuk usia minimal anak yang dapat memainkannya.
  • Belikan mainan ukuran besar untuk mencegah mainan tersebut masuk ke mulut anak dan membuatnya tersedak.
  • Hindari mainan tembak-tembakan, panah-panahan, dan sejenisnya yang dapat mengakibatkan cedera pada mata maupun tersedak. Hindari juga mainan yang mengeluarkan api atau zat kimia.
  • Hindari mainan yang berbunyi terlalu keras karena dikhawatirkan mengganggu pendengaran anak.
  • Pastikan mainan dibuat dengan baik, misalnya dijahit dengan rapi, tidak memiliki ujung yang tajam, dan sebagainya. Pastikan juga ia masih dapat berfungsi dengan baik setelah dicuci atau dibersihkan.
  • Pilih plastik yang sudah SNI. Mainan anak 2 tahun yang terbuat dari plastik tidak aman dapat menimbulkan bahaya kesehatan pada si kecil.
  • Hindari pemilihan bahan yang beracun, misalnya pada cat yang digunakan pada mainan yang terbuat dari kayu.

Sebisa mungkin selalu dampingi si kecil saat bermain mainan anak 2 tahun yang Anda belikan. Selain dapat memastikan keamanannya, Anda pun dapat menjalin kedekatan sekaligus merasakan quality time  bersama buah hati.

CDC. https://www.cdc.gov/ncbddd/childdevelopment/positiveparenting/toddlers2.html
Diakses pada 29 Maret 2020

Healthy Children. https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/toddler/Pages/Language-Development-2-Year-Olds.aspx
Diakses pada 29 Maret 2020

Healthy Children. https://www.healthychildren.org/English/safety-prevention/at-home/Pages/How-to-Buy-Safe-Toys.aspx
Diakses pada 29 Maret 2020

Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/best-educational-toys-for-2-year-olds-4690060
Diakses pada 29 Maret 2020

Artikel Terkait