Kado untuk ayah dapat berupa barang-barang yang menyehatkan
Ilustrasi kado untuk ayah

Memilihkan hadiah untuk ayah mungkin sedikit lebih menantang dibanding untuk ibu. Pasalnya, pria secara umum dikenal tidak terlalu ekspresif dalam mengungkapkan kesukaannya terhadap suatu hal, tapi bukan berarti ia tidak bisa merasa bahagia bila diberi kado dari orang yang disayanginya, lho.

Pria mungkin tidak akan mengucap “Saya bahagia” ketika Anda berikan kado. Namun, ia akan memperlihatkan gestur fisik untuk mengekspresikan perasaannya.

Untuk melihat ekspresi ini, Anda dapat memberikannya benda yang bernilai sentimental baginya. Dari banyaknya pilihan produk di pasaran, tidak ada salahnya bila Anda juga memilihkan hadiah yang dapat membuat ayah lebih sehat. Seperti apa kado yang dimaksud?

Rekomendasi kado untuk ayah yang menyehatkan

Kesehatan itu mahal harganya. Namun, memberikan kado yang menyehatkan untuk ayah ternyata tidak harus mahal.

Ada beberapa rekomendasi hadiah untuk ayah yang menyehatkan berikut ini yang dapat disesuaikan dengan budget Anda.

  • Tempat minum

Mug, tumbler, atau botol minum bisa jadi ide hadiah untuk ayah yang menyehatkan. Tempat-tempat minum ini bisa mengingatkannya untuk selalu menjaga asupan cairan yang kira-kira mencapai minimal 8 gelas per hari.

Tempat minum juga bisa digunakan saat ayah sedang bekerja di kantor, berolahraga, atau beraktivitas di luar ruangan. Untuk menambah nilai sentimental pada hadiah ini, Anda dapat membuat corak custom, misalnya dengan mencetak foto keluarga di bagian luarnya atau kata-kata kenangan yang akan membuatnya tersenyum.

  • Mesin pembuat kopi

Tidak ada salahnya menjadikan mesin pembuat kopi sebagai kado untuk ayah, apalagi jika ia merupakan penikmat kopi. Mesin pembuat kopi juga cocok dihadiahkan bagi ayah baru yang masih harus sering terjaga di malam hari.

Tahukah Anda bahwa kopi memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan? Berdasarkan penelitian, minum kopi dapat meningkatkan level energi di dalam tubuh, membuat Anda lebih semangat dalam menjalani hari, hingga menurunkan risiko diabetes tipe 2.

  • Video game

Selalu ada sisi kanak-kanak dalam diri seorang ayah. Oleh karena itu, tidak salah jika Anda menjadikan mesin video game sebagai hadiah untuk ayah.

Asal dilakukan tidak berlebihan, main game justru dapat mendatangkan manfaat untuk kesehatan mental ayah, lho. Penelitian menyebut main game bisa meningkatkan kapasitas otak, menghilangkan penat, atau untuk sekedar mengisi waktu luang.

  • Sepatu olahraga

Sepatu olahraga tidak selalu diperuntukkan untuk berolahraga. Dengan model yang kekinian, Anda bisa memilihkan model sepatu sebagai kado untuk ayah yang dapat ia gunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Bila ayah adalah pengoleksi sepatu, Anda bisa memberi kado berupa sepatu limited edition. Pastikan sepatu yang Anda beli sesuai dengan budget Anda.

  • Set alat memasak

Siapa bilang area dapur hanya milik ibu? Zaman sekarang, banyak juga pria yang gemar menyalurkan hobinya memasak makanan sehat, bahkan mungkin memiliki skill yang lebih tinggi dari Anda.

Jika suami Anda adalah salah satunya, memberikan set alat memasak dapat menjadi pilihan kado untuk ayah yang antimainstream. Untuk menambah sentuhan personal, Anda dapat mengubah sedikit desain pada alat masak tersebut, misalnya mengukirkan nama ayah di gagang pisau atau talenan yang Anda berikan.

  • Buku

Memberi buku sebagai kado untuk ayah tidak pernah salah, apalagi jika ia adalah seseorang yang gemar membaca atau menulis. Studi menyebut orang yang suka membaca minimal 30 menit per minggu tidak rentan stres, lebih percaya diri, memiliki empati terhadap orang lain, dan lebih menghargai perbedaan budaya di lingkungan sosialnya.

Jadi, kado untuk ayah seperti apa yang akan Anda pilih?

Michigan State University. https://www.canr.msu.edu/news/how_men_and_fathers_express_emotions
Diakses pada 11 Februari 2020

The Bump. https://www.thebump.com/a/fathers-day-gifts
Diakses pada 11 Februari 2020

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/water/art-20044256
Diakses pada 11 Februari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/top-13-evidence-based-health-benefits-of-coffee
Diakses pada 11 Februari 2020

Science Alert. https://www.sciencealert.com/6-scientific-benefits-of-playing-videogames
Diakses pada 11 Februari 2020

European Comission. https://epale.ec.europa.eu/en/resource-centre/content/benefits-adults-reading-pleasure
Diakses pada 11 Februari 2020

Artikel Terkait