Demi Kemudahan dalam Menyusui, Ini Rekomendasi Jenis-Jenis Baju Menyusui

Ada baju menyusui yang bisa memudahkan ibu memberikan ASI dengan nyaman
Kaus menyusui dapat memudahkan ibu untuk menyusui bayinya

Beberapa pakaian tertentu mungkin akan membuat Anda kesulitan saat ingin menyusui bayi. Ketika bayi menangis karena ingin menyusu, Anda membutuhkan banyak waktu untuk mengeluarkan payudara jika baju yang dikenakan tidak sesuai.

Hal ini bisa membuat Anda kewalahan dan bayi menjadi rewel. Oleh sebab itu, Anda mungkin berpikir memerlukan baju menyusui yang dapat membuat Anda nyaman dan mudah saat memberikan ASI pada bayi.

Jenis-jenis baju menyusui

Ada baju khusus yang dirancang untuk memudahkan ibu untuk menyusui. Baju tersebut dibuat sedemikian rupa agar ibu tidak perlu repot-repot membuka kancing atau semacamnya, jika ingin menyusui bayinya.

Baju menyusui akan memudahkan proses menyusui bayi karena biasanya memiliki celah atau lipatan di bagian depan pakaian. Anda dapat membeli baju menyusui di toko perlengkapan bayi, pusat perbelanjaan, ataupun secara online. Adapun jenis-jenis baju menyusui yang dapat Anda kenakan, di antaranya:

  • Bra menyusui

Bra menyusui didesain dengan dua lapisan. Lapisan pertama memiliki lubang besar tepat di payudara, dan lapisan kedua berupa bra pada umumnya. Anda hanya perlu melepas kancing yang terpasang di dekat tali untuk membuka lapisan kedua agar dapat menyusui bayi. Dengan begitu, Anda tidak perlu melepas bra untuk menyusui bayi.

  • Tank top menyusui

Pada tank top menyusui, terdapat celah di samping payudara yang dapat Anda tarik ke kanan dan ke kiri ketika akan menyusui. Selain itu, ada pula tank top menyusui yang memiliki desain yang sama dengan bra menyusui. Jadi, Anda hanya perlu melepas lapisan kedua tank top untuk menyusui bayi. Pilihlah tank top menyusui yang berbahan lembut dan nyaman.

  • Blus atau kaus menyusui

Blus atau kaus menyusui memiliki celah tepat di bagian dada yang ditutupi oleh lapisan luar. Celah ini dapat ditarik ke atas atau ke bawah. Ketika Anda akan menyusui, Anda hanya perlu menyibakkan lapisan luar tersebut. Blus atau kaos menyusui tersedia dalam berbagai gaya dan warna.

  • Baju tidur menyusui

Anda dapat memilih baju tidur yang membantu memudahkan proses menyusui, seperti halnya daster berkancing atas, atau baju tidur yang bagian dadanya mudah ditarik. Gunakan baju tidur menyusui yang nyaman karena bayi lebih sering menyusu di malam hari.

  • Gaun menyusui

Ketika Anda pergi ke undangan pernikahan bersama bayi Anda, gaun menyusui mungkin diperlukan. Anda tetap dapat menyusui sambil menghadiri acara tersebut.

Gaun menyusui memiliki celah di dada yang tertutup oleh lapisan luar sehingga Anda hanya perlu menyibakkan lapisan tersebut untuk menyusui bayi. Selain itu, Anda juga dapat mengenakan gaun berkancing atas yang dapat memudahkan proses menyusui bayi.

Hal yang harus diperhatikan sebelum memilih baju menyusui

Ketika menyusui bayi, sebaiknya Anda menghindari mengenakan jumpsuit, gaun tanpa kancing depan, baju berlapis, bra biasa, dan baju atasan yang ketat karena baju-baju tersebut dapat membuat Anda tidak nyaman dan kesulitan saat ingin menyusui bayi.

Mengenakan pakaian yang nyaman sangat diperlukan dalam menyusui karena rasa tidak nyaman bisa membuat ibu malas dan merasa repot untuk menyusui bayi.

Jika Anda tertarik mengenakan baju menyusui, Anda dapat mencari referensi baju ibu menyusui di berbagai toko online. Sebab, banyak sekali toko online yang menjual berbagai model baju menyusui, bahkan ada beragam pilihan gaya dan warna yang menarik.

Dalam memilih baju menyusui, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, yaitu jangan memilih baju atau bra yang ketat karena akan memberi tekanan pada payudara sehingga membuat Anda tidak nyaman, nyeri puting, saluran susu tersumbat, bahkan mastitis.

Mastitis dapat membuat payudara Anda terasa sakit, kemerahan, bengkak, dan puting lecet. Selain itu, Anda juga bisa demam, menggigil, kelelahan, pegal-pegal, dan muncul benjolan nanah di payudara. Hal ini tentu bisa membuat Anda kesulitan untuk menyusui bayi.

Selain itu, pilihlah baju yang berpola dan berwarna gelap. Baju berpola dan berwarna gelap dapat membantu Anda menyembunyikan kebocoran ASI yang tak terduga. Namun, Anda juga bisa mengenakan bantalan payudara di dalam bra untuk membantu menyerap ASI yang bocor.

Jika ASI Anda bocor ke baju, Anda dapat mengenakan jaket atau sweater untuk menutupinya. Selain itu, jaket atau sweater juga bisa menutupi Anda ketika menyusui bayi di ruang publik yang tidak memiliki tempat khusus untuk menyusui. Anda pun dapat menyusui dengan nyaman dan tenang.

Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/breastfeeding-clothes-what-to-wear-431571
Diakses pada 02 Oktober 2019

Kids Health. https://kidshealth.org/en/parents/breastfeed-outabout.html
Diakses pada 02 Oktober 2019

Web MD. https://www.webmd.com/women/guide/breast-infection#1
Diakses pada 02 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed