Rekomendasi Game Edukasi yang Bermanfaat bagi Si Kecil

(0)
22 Jun 2020|Adhenda Madarina
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Game edukasi dapat menambah keterampilan baru pada anakSeorang anak sedang bermain game di gawai bersama ibunya
Dewasa ini, penggunaan gawai pada anak-anak semakin sulit dihindari. Apalagi di era pandemi seperti sekarang, di mana anak-anak menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah.Sebagai orangtua, Anda harus memastikan Si Kecil menggunakan gawai sewajarnya dengan batasan-batasan tertentu, seperti lamanya pemakaian dan pilihan konten, guna menghindari dampak-dampak negatif.Salah satu cara untuk menghindari dampak negatif tersebut adalah memilihkan game edukasi yang tidak hanya sekedar menghibur, tetapi juga menjadi media untuk menunjang tumbuh kembang anak.

Rekomendasi game edukasi

Berikut adalah beberapa rekomendasi game edukasi yang dapat dimainkan oleh anak Anda.

1. Khan Academy Kids

Khan Academy Kids adalah salah satu game edukasi yang bisa diunduh dari Play Store dan App Store. Game ini menjadikan hewan-hewan dengan warna yang menarik sebagai tokohnya Anak Anda dapat belajar berbagai keterampilan, seperti membaca, menulis, dan menyelesaikan masalah, melalui hewan-hewan tersebut.Khan Academy Kids cocok untuk anak berusia enam tahun ke bawah. Menariknya, game edukasi ini dapat memunculkan koleksi buku dan video yang bisa dinikmati kapan saja. Ketika anak-anak memainkan game ini, mereka akan diberi hadiah, seperti topi atau aksesoris lainnya yang bisa dipakai dalam game, supaya menambah semangat Si Kecil. Anda dapat mengakses game ini secara gratis.

2. ABC Kids - Tracing dan Phonics

ABC Kids adalah permainan yang sepenuhnya berfokus untuk membantu anak-anak mengenali dan menuliskan huruf.Dipandu oleh singa yang ceria bersama dengan sahabat hewan lainnya yang menari dan bersemangat, anak Anda dapat menikmatinya sambil belajar alfabet, seperti mencari huruf, mencocokkan huruf kecil ke huruf besar, atau mencocokkan melalui phonics.Ada juga mode yang dikhususkan bagi orangtua, di mana Anda dapat melacak perkembangan dan mengaktifkan bagian-bagian tertentu dari game ini jika ada sesuatu yang Anda ingin fokuskan pada Si Kecil. Game ini tersedia baik di Play Store maupun di App Store.

3. Math Land

Game Math Land berkisah tentang bajak laut yang bernama Ray. Di game ini, anak-anak harus menyelesaikan masalah matematika untuk membuka kunci mata-mata dan berlayar di laut.Salah satu game edukasi ini dapat mengasah kemampuan berhitung anak karena game ini mencakup semua jenis masalah matematika, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan masih banyak lagi.Tingkat kerumitannya bisa diatur berdasarkan usia anak. Game Math Land termasuk game berbayar yang tersedia di Play Store dan App Store, tetapi itu sepadan dengan serunya bermain sambil belajar.

4. Sesame Street Alphabet Kitchen

Karakter dalam game ini bernama Cookie Monster dan Elmo. Anak Anda dapat bergabung dengan mereka berdua di dapur untuk membantu memanggang tiga sampai empat kata. Sepanjang memainkan game edukasi ini, anak-anak akan mempraktikkan keterampilan literasi mereka.Sambil memanggang, karakter Sesame Street akan mengajarkan anak-anak cara mengucapkannya dengan benar, mengetahui arti kata-kata yang digunakan, dan bagaimana vokalnya. Sesame Street Alphabet Kitchen bisa diunduh di Play Store dan App Store.

5. Chess for Kids

Bermain catur akan membantu meningkatkan keterampilan memecahkan masalah pada anak, mengenalkan pola, konsentrasi, dan masih banyak lagi. Itu juga yang menjadi alasan permainan catur sangat populer di segala usia.Game edukasi ini dirancang khusus untuk anak-anak, yang berarti penuh warna dan mudah digunakan. Game ini memungkinkan anak Anda bermain catur dengan anak lainnya di seluruh dunia, namun tidak bisa menghubungi atau menambahkan seseorang menjadi teman sebagai upaya melindungi privasi anak.Chess for Kids dapat diunduh baik di Play Store maupun di App Store secara gratis.

6. Daniel Tiger’s Grr-ific Feelings

Daniel Tiger’s Grr-ific Feelings merupakan game edukasi yang direkomendasikan karena mengajarkan tentang emosi sosial yang dikemas dengan sangat menyenangkan. Game ini memungkinkan anak Anda mengidentifikasi dan menjelajahi emosi melalui seni, lagu, dan permainan.Selain itu, game ini juga menawarkan berbagai cara untuk berlatih berbicara dan mengekspresikan emosi dengan cara menggambar, mengambil foto diri mereka saat sedang marah atau bahagia, dan berlatih olahraga. Game edukasi ini sangat mudah untuk dimainkan dan dapat diakses untuk anak-anak yang berusia dini.Itulah rekomendasi beberapa game edukasi yang cocok untuk membantu meningkatkan keterampilan anak. Jika Si Kecil bosan, Anda dapat menggunakan game di atas secara bergantian.
mainan anak
Makeusof. https://www.makeuseof.com/tag/educational-mobile-games-kids/
Diakses pada 08 Juni 2020
Nytimes. https://www.nytimes.com/wirecutter/reviews/our-favorite-learning-apps-for-tablets-and-smartphones/
Diakses pada 08 Juni 2020
Verywefamily. https://www.verywellfamily.com/best-free-educational-websites-for-kids-3129084
Diakses pada 08 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait