5 Rekomendasi Game Balita di Android yang Aman untuk Si Kecil

Ada beberapa jenis game balita yang direkomendasikan dan aman untuk anak
Sebaiknya batasi waktu bermain game bagi anak balita

Idealnya, anak yang berusia di bawah lima tahun (balita) tidak boleh terpapar oleh gawai. Namun, jika anak sudah terlanjur mengenalnya, tentunya Anda sebagai orangtua harus menyiasatinya. Salah satu caranya adalah dengan mengenalkan si Kecil kepada game balita yang aman dan sesuai umurnya.

Orangtua memiliki peranan penting dalam menentukan game yang terbaik untuk anak. Jangan lupa juga setelah Anda memilihkan game tersebut, tetap awasi mereka saat bermain dan batasi jam bermainnya agar tidak terlalu lama.

Sebelum memilih game balita

Terdapat beberapa panduan yang dikeluarkan oleh Akademi Kedokteran Anak Amerika Serikat (APA), yang dapat Anda pertimbangkan sebelum memilihkan game balita, yaitu:

  • Anda harus mengetahui konten dari game balita tersebut sebelum mengunduh dan memperbolehkan buah hati Anda memainkannya. Ingat, anak yang sering bermain game dengan konten kekerasan berpotensi tumbuh menjadi anak dengan perilaku agresif, begitu pula sebaliknya.

  • Cek rating-nya, pastikan game itu memang aman dimainkan oleh balita (misalnya kategori 3+). Hindari games yang diperuntukkan bagi anak usia sekolah (7+), remaja berusia 13 tahun ke atas (13+), apalagi dewasa.

  • Berikan pengertian kepada anak bahwa ia hanya boleh memainkan game yang sudah Anda setujui. Anak mungkin ingin memainkan game balita seperti permainan yang diunduh teman bermainnya, namun Anda dapat melarangnya memainkan game yang sama jika memang tidak sesuai nilai yang Anda ajarkan kepada anak.

  • Izinkan anak bermain game di ruang keluarga dan tetap awasi anak selama bermain.

  • Batasi waktu bermainnya hingga 1 jam per hari agar ia juga dapat mengerjakan hal lain, seperti bermain di halaman, belajar, membaca, dan beraktivitas bersama anggota keluarga yang lain.

  • Bermain bersama. Jangan segan untuk ikut memainkan game balita dengan putra-putri Anda dan anggap itu sebagai waktu berkualitas yang dapat Anda habiskan bersama buah hati.

Rekomendasi game balita

Ada banyak sekali game balita yang terdapat di Play Store untuk Android. Berikut beberapa rekomendasi game balita dengan rating 3+ yang dapat menjadi pilihan Anda untuk dimainkan si kecil.

  • Baby Panda’s Town: My Dreams

Apakah balita Anda termasuk salah satu penggemar channel Youtube BabyBus? Jika ya, BabyBus juga memiliki aplikasi game balita edukatif untuk anak berusia 3-5 tahun, salah satunya adalah Baby Panda’s Town: My Dreams. Di sini, anak bisa membayangkan cita-citanya menjadi guru, astronot, polisi, dokter, dan lain-lain.

  • Tayo Garage Station

Tayo Si Bus Kecil yang Ramah bukanlah tokoh yang asing bagi kebanyakan balita karena seri kartunnya tayang di salah satu televisi swasta. Jika anak Anda adalah salah satu penggemar bus biru dan kawan-kawannya ini, Anda dapat memberinya game balita Tayo Garage Station yang memiliki rating 3-8 tahun.

Game online ini mengajatkan anak tentang pentingnya menjaga kebersihan dan beberapa peraturan lalu lintas. Ia juga dapat memainkan bentuk game lain seperti petak umpet dan mengganti ban Tayo yang rusak.

  • Khan Academy Kids

Game balita edukatif ini menawarkan aktivitas untuk anak berupa membaca, berbicara, menulis, berhitung, pengembangan sosio-emosional, pemecahan masalah, dan perkembangan motorik. Anak juga bisa belajar mengasah kreativitasnya dengan menggambar, mewarnai, dan bercerita.

Menariknya, game ini juga memasukkan beberapa content dari Super Simple Songs, Bellwether Media, dan National Geographic Young Explorer Magazine. Tampilannya yang berwarna-warni, menarik, dan mudah digunakan juga membuat Khan Academy Kids meraih banyak penghargaan di bidang game balita edukatif.

  • Truck Games (GoKids!)

Anak Anda suka dengan kendaraan konstruksi? Berikan ia game balita yang satu ini untuk memuaskan rasa ingin tahunya. Truck Games dari GoKids ini cocok dimainkan untuk anak berusia 3-8 tahun karena mengandung aktivitas seperti membangun rumah maupun kolam renang dengan berbagai kendaraan konstruksi.

  • Toddler Games for 2 and 3 Years Old (Kidlo)

Game balita yang satu ini merupakan gabungan dari banyak permainan untuk anak berusia 2-3 tahun, seperti puzzles, memecahkan balon, mewarnai, menggabungkan titik-titik, dan lain-lain. Selain menghibur anak Anda, game ini dapat melatih skill kognitif, koordinasi tangan dan mata, konsentrasi, serta imajinasi anak.

Game balita biasanya memiliki warna yang menarik dan fitur yang membuat anak betah berlama-lama memainkannya.

Akan tetapi, jangan biarkan anak jadi kecanduan game karena kecanduan gawai secara keseluruhan dapat memengaruhi perkembangan otak anak, salah satunya menjadikan anak kurang perhatian terhadap lingkungan dan hiperaktif.

Healthy Children. https://www.healthychildren.org/English/family-life/Media/Pages/Video-Games-Set-Your-Own-Ratings-System.aspx
Diakses pada 20 November 2019

Google Play Store. https://play.google.com/store/apps
Diakses pada 20 November 2019

Research Gate. https://www.researchgate.net/publication/328485146_DAMPAK_PENGGUNAAN_GADGET_PADA_ANAK_USIA_PRASEKOLAH_DAPAT_MENINGKATAN_RESIKO_GANGGUAN_PEMUSATAN_PERHATIAN_DAN_HIPERAKTIVITAS
Diakses pada 20 November 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed