Ini Rekomendasi Aplikasi Olahraga di Rumah Agar Tubuh Tetap Fit


Kehadiran aplikasi olahraga yang bisa diunduh secara gratis saat ini, bisa menjadi alternatif untuk membantu Anda berolahraga di masa pandemi ini. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

0,0
22 Apr 2021
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Aplikasi olahraga bisa membantu Anda tetap fit di masa pandemiAplikasi olahraga dapat membantu Anda tetap bugar selama melakukan physical distancing
Kondisi pandemi Covid-19 saat ini mungkin membuat Anda khawatir untuk olahraga di luar rumah atau pergi ke pusat kebugaran. Meskipun di rumah saja, tidak ada salahnya Anda tetap produktif dan berolahraga untuk menjaga kesehatan dan imunitas tubuh.Yuk, coba 9 aplikasi olahraga agar tetap bugar selama pandemi, yang bisa Anda dapatkan di App Store dan Google Play!

Berbagai aplikasi olahraga untuk menemani berolahraga di rumah

Membatasi diri dari aktivitas di luar rumah bukan berarti mengabaikan kebugaran tubuh. Sebab, Anda bisa tetap melakukan latihan fisik dengan perlengkapan yang ada di rumah, dengan menggunakan sederet aplikasi ini.

1. Home Workout

Tidak perlu ke gym untuk mendapatkan tubuh ideal. Anda bisa berolahraga seperti di gym melalui aplikasi olahraga Home Workout. Tanpa menggunakan peralatan khusus, aplikasi ini menghadirkan berbagai video dan animasi olahraga dari pelatih profesional yang bisa Anda ikuti di rumah.Melalui aplikasi olahraga dari Leap Fitness Group ini, Anda juga dapat memantau berat badan dan kemajuan olahraga yang dilakukan. Anda juga dapat membagikan momen dan pencapaian latihan kepada teman-teman melalui media sosial.

2. 30 Days Fitness at Home

Aplikasi olahraga di rumah besutan Leap Fitness Group ini memungkinkan Anda untuk membuat jadwal olahraga selama 30 hari. Jadwal ini disesuaikan dengan tujuan latihan yang Anda pilih.30 Days Fitness at Home menyediakan berbagai video dari instruktur profesional. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan berbagai motivasi dan pengingat untuk mendukung latihan Anda.

3. Workout for Women

Satu lagi aplikasi olahraga di rumah dari Leap Fitness Group yang dikhususkan bagi Anda kaum Hawa. Workout for Women merupakan aplikasi penghitung kalori yang terbakar saat olahraga. Aplikasi ini memungkinkan Anda membakar kalori dalam waktu 7 menit saja.Aplikasi olahraga gratis ini dapat membantu Anda mendapatkan tubuh ideal dengan berbagai video latihan dari pelatih profesional. Selain mengontrol kalori yang telah terbakar, aplikasi ini juga memungkinkan untuk melihat kemajuan dari penurunan berat badan yang Anda inginkan.

4. Yoga Studio: Mind & Body

Aplikasi yang pernah mendapat Google Play Best Apps of 2016 dalam kategori Best Self Improvement ini cocok bagi Anda pecinta yoga. Yoga Studio menghadirkan berbagai video dan kelas latihan yoga dan meditasi dari pelatih profesional.Aplikasi ini memfokuskan pada kombinasi kekuatan, fleksibilitas, relaksasi, dan keseimbangan yang cocok bagi semua tingkatan. Melalui Yoga Studio, Anda juga dapat menjadwalkan kelas latihan yang otomatis terhubung dengan kalender pribadi.

5. Daily Workouts Fitness Trainer

Aplikasi olahraga besutan Daily Workout Apps ini cocok bagi Anda yang tidak terlalu punya banyak waktu namun tetap ingin menjaga kebugaran. Daily Workouts Fitness Trainer memungkinkan Anda rutin berolahraga hanya dalam waktu 5-30 menit. Aplikasi ini menyediakan 100+ video latihan dari pelatih profesional yang dapat diakses secara gratis.

6.  Alo Moves

Satu lagi aplikasi olahraga bagi pecinta yoga, Alo Moves menyediakan beragam video kelas yoga dari instruktur terbaik. Aplikasi ini juga mencakup tutorial membangun keterampilan dan pose yoga dengan aman.Anda juga dapat memilih level latihan yoga sesuai kemampuan. Namun, bagi para pemula, tidak ada salahnya untuk nantinya mengikuti kelas yoga langsung untuk meminimalkan risiko cedera.Aplikasi ini juga dapat diakses secara offline dengan terlebih dahulu membuat akun keanggotaan.

7. Studio Bloom

Aplikasi besutan The Bloom Method ini menghadirkan program latihan yang dikhususkan bagi ibu dan calon ibu. Studio Bloom dirancang untuk mendukung program kehamilan, kehamilan (prenatal), hingga setelah kelahiran (postnatal).Studio Bloom memiliki beragam video latihan khusus untuk membantu ibu dan calon ibu menghadapi fase prenatal dan postnatal, berdasarkan instruksi para ahli. Tidak hanya video latihan, aplikasi ini juga memungkinkan ibu dan calon ibu menemukan resep-resep menarik dari ahli gizi untuk kesuburan dan baik untuk kehamilan.Selain itu, pengguna juga dapat sharing bersama pengguna lain melalui komunitas yang disediakan oleh aplikasi ini.

8. NHS Weight Loss Plan

Aplikasi olahraga diet cukup banyak dicari, termasuk NHS Weight Loss Plan. Aplikasi dari Public Health England Digital ini akan membantu Anda mencapai berat badan ideal dengan rencana pola makan dan rencana olahraga dalam 12 minggu.NHS Weight Loss Plan akan menentukan status gizi Anda terlebih dahulu melalui perhitungan Basal Metabolic Index (BMI) sebagai acuan rencana diet. Kemudian, aplikasi ini akan memberikan saran mengenai makanan sesuai dengan kalori yang dibutuhkan, serta olahraga yang harus Anda lakukan.Tidak hanya itu, NHS Weight Loss Plan juga memungkinkan untuk mencatat pola makan dan olahraga yang Anda lakukan sehingga membantu melacak progres diet. Tidak lupa, aplikasi ini juga memberikan berbagai tips untuk mendukung pencapaian target diet personal.

9. FitOn

FitOn merupakan salah satu aplikasi olahraga gratis yang patut Anda coba di rumah. Aplikasi ini memberikan ribuan video dengan beragam jenis olahraga seperti latihan kardio, pilates, barre, yoga, hingga meditasi.Tidak hanya menghadirkan video olahraga dengan instruktur ternama, FitOn juga menghadirkan artikel-artikel yang dapat meningkatkan kesadaran akan kesehatan fisik dan mental Anda.Melalui aplikasi ini, Anda juga dapat menelusuri olahraga gratis dan mengecek nutrisi makanan melalui tab makanan yang tersedia. Anda juga dapat berbagi pencapaian yang Anda dapatkan dengan teman-teman melalui media sosial.Di kondisi pandemi Covid-19 ini, kesehatan memang menjadi hal yang perlu mendapat perhatian khusus. Olahraga yang tepat, menjadi salah satu hal penting dalam menjaga kesehatan, kebugaran, dan imunitas tubuh.Pernyataan tersebut tentunya didukung oleh berbagai penelitian para ahli. Salah satunya penelitian Nieman dan Wentz yang diterbitkan dalam Journal of Sport and Health Science, yang menyatakan bahwa olahraga yang tepat dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh dan menurunkan risiko penyakit.Tidak ada salahnya untuk Anda mencoba 9 aplikasi olahraga di rumah tersebut agar tetap sehat dan bugar selama pandemi. Jangan bosan pula untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan menjaga pola hidup sehat.Pastikan memilih olahraga yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.Untuk mengetahui lebih jauh tentang rekomendasi olahraga di masa pandemi, Anda dapat bertanya langsung kepada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!
olahragatips olahragahidup sehat
Science Direct. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2095254618301005
Diakses pada 11 April 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/top-iphone-android-apps#home-workout-no-equipments
Diakses pada 11 April 2021
WebMD. https://blogs.webmd.com/food-fitness/20200303/a-trainers-favorite-fitness-apps
Diakses pada 11 April 2021
Standard. https://www.standard.co.uk/news/uk/5-nhs-apps-healthy-weight-loss-diet-b82325.html
Diakses pada 11 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait