logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Parenting

17 Game Anak Perempuan yang Edukatif dan Seru

open-summary

Supaya anak bisa belajar sambil bersenang-senang dengan gadget-nya di rumah, terdapat sejumlah game anak perempuan yang bisa dicoba, mulai dari ABC Kids, Intellijoy, hingga Cooking in the kitchen.


close-summary

5

(5)

8 Mar 2022

| Asni Harismi

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Game anak perempuan yang seru

Ada banyak game anak perempuan yang mendidik dan seru dimainkan.

Table of Content

  • Rekomendasi game anak perempuan
  • Panduan dalam memilih game anak perempuan
  • Manfaat bermain game

Memilih game anak perempuan bukan hanya soal gambar yang penuh dengan warna merah muda. Game tersebut juga sebaiknya memiliki muatan edukasi agar anak bisa bermain sambil belajar.

Advertisement

Game yang dapat Anda pilih sebetulnya tidak hanya terbatas pada stereotype yang melekat pada perempuan, seperti memasak, berdandan, maupun memakai baju berwarna mencolok. Jika mereka senang dengan permainan yang dianggap lebih ‘maskulin’, jangan batasi minatnya.

Rekomendasi game anak perempuan

Seperti disinggung di atas, game anak perempuan tidak melulu berkutat pada masak-memasak, bermain putri, maupun kecantikan. Anda juga dapat memilihkan game yang berisi sosok perempuan yang kuat dan mandiri, selain tetap bersifat menghibur.

Berdasarkan pertimbangan tersebut, berikut adalah beberapa rekomendasi game anak perempuan yang dapat Anda pilih.

1. Baby Panda’s Fashion Dress Up Game

Baby Panda adalah karakter yang diproduksi oleh developer game Baby Bus yang juga memiliki kanal YouTube dengan konten anak-anak.

Khusus untuk game ini, anak perempuan Anda memiliki misi untuk menolong bayi panda bernama Kiki untuk membuat banyak pakaian.

Selain itu, si kecil juga bisa melengkapi pakaian dengan berbagai aksesoris yang cantik. Game ini tak hanya menyenangkan, tetapi juga dapat melatih kreativitas anak.

2. Subway Princess Runner

Game petualangan anak perempuan ini pada dasarnya mirip dengan permainan Subway Runner, hanya saja tokoh utamanya merupakan perempuan.

Subway Princess Runner dapat melatih refleks motorik dan mengajari anak jiwa kompetitif untuk mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya.

Game Android anak perempuan dan laki-laki ini berlabel 7+, artinya hanya anak di atas usia 7 tahun yang boleh memainkannya.

Selain itu, orangtua perlu menekankan bahwa anak tidak boleh berlarian di jalan raya maupun rel kereta api, seperti yang ada di game ini.

3. Hello Kitty Nail Salon

Hello Kitty adalah salah satu karakter kucing imut yang banyak disukai oleh anak perempuan. Maka dari itu, tidak salahnya bila Anda memilihkan game khusus anak perempuan ini untuk si kecil.

Dalam Hello Kitty Nail Salon, anak diajarkan untuk menjadi kreatif lewat pemilihan warna maupun motif cat kuku.

4. Cooking in the kitchen

Ingin melibatkan anak dalam kegiatan memasak? Anda dapat memilihkan game khusus anak perempuan yang satu ini.

Dalam Cooking in The Kitchen, terdapat berbagai resep yang mudah bisa diikuti oleh anak, seperti donat dan burger, tetapi tentu dengan langkah yang jauh lebih mudah dari kenyataannya.

5. My Sim Supermarket

my sim supermarket
My Sim Supermarket (Sumber: Google Play)

Game anak perempuan ini berkonsep simulasi, yakni memposisikan pemainnya sebagai pemilik supermarket.

Lewat My Sim Supermarket, anak dapat berlatih kemandirian dan melatih kemampuan bisnisnya. Siapa tahu ia terinspirasi untuk menjadi pebisnis supermarket di kemudian hari.

6. ABC Kids

Game yang seru untuk anak perempuan selanjutnya yang bisa kamu unduh secara gratis adalah ABC Kids. Game ini sifatnya edukatif dan mengajarkan tentang huruf-huruf, cara membaca, hingga perbedaan huruf kapital dan kecil.

ABC Kids juga akan memberikan pemainnya hadiah berupa stiker setelah menyelesaikan misi tertentu. Permainan seru perempuan ini cocok untuk anak-anak yang masih mengemban ilmu di jenjang TK.

7. Intellijoy

Intellijoy adalah game anak perempuan dan laki-laki yang menawarkan berbagai permainan edukatif, mulai dari mengajarkan anak tentang warna, bentuk, cara membaca, cara menghitung, hingga puzzle.

Sayangnya, Intellijoy tidaklah gratis. Beberapa permainannya baru bisa digunakan jika Anda membayar sejumlah uang, yakni sekitar Rp28.000 hingga Rp42.000.

8. Dr. Seuss's ABC

Dr. Seuss's ABC adalah game anak perempuan yang bisa mengajarkan membaca. Uniknya, game yang tersedia di Android dan iPhone ini memiliki cerita-cerita seru yang bisa membuat anak tertarik membaca.

Si kecil juga bisa menggunakan kamera handphone untuk membuat ceritanya lebih terasa realistis dan menarik. Dengan begitu, mereka dapat belajar membaca tanpa rasa bosan dengan permainan seru perempuan ini.

9. Moose Math

Moose Math
Moose Math (Sumber: Duck Duck Moose)

Moose Math merupakan game buat anak perempuan yang seru dan edukatif. Selain mengajarkan anak membaca, si kecil juga bisa belajar berhitung, mengenal bentuk, hingga memecahkan masalah.

Terlebih lagi, semua game di dalam Moose Math adalah gratis dan dapat dimainkan secara cuma-cuma.

10. Lola’s Alphabet Train

Lola’s Alphabet Train adalah game Android anak perempuan yang cukup menantang dan tentunya mendidik.

Game yang dirancang khusus untuk anak-anak berusia 3-7 tahun ini dapat mengajarkan si kecil untuk mengenal alfabet. Dalam permainan ini, ia perlu mengidentifikasi huruf-huruf dan berusaha mengingatnya.

Semakin dalam anak memainkannya, semakin tinggi juga tingkat kesulitannya. Itulah mengapa Lola’s Alphabet Train dianggap sebagai salah satu game yang paling seru untuk anak perempuan karena dapat menantangnya untuk memecahkan banyak teka-teki.

11. Toca Kitchen 2

Game untuk anak perempuan yang dapat diunduh di smartphone selanjutnya adalah Toca Kitchen 2. Game ini dapat mengajarkan anak perempuan untuk belajar memasak, termasuk bahan-bahan yang diperlukan saat melakukannya.

Tidak hanya itu, anak juga ditantang untuk menyajikan makanan yang telah ia buat kepada pelanggan yang menunggu di meja makannya.

Ketika makanan yang disajikan telah dinikmati oleh pelanggan, ia akan mendapatkan hadiah yang bisa digunakan di dalam game.

12. Masha And The Bear

Masha And The Bear dikenal sebagai serial kartun dari Rusia yang cukup populer di dunia. Ternyata, kartun ini juga tersedia di smartphone dalam bentuk game.

Game Android untuk anak perempuan ini menawarkan berbagai macam game dalam satu aplikasi, mulai dari latihan mengingat, matematika sederhana, hingga belajar membaca.

13. Shopping Mall Girl: Style Game

Shopping Mall Girl: Style Game adalah game anak perempuan shopping yang dapat dimainkan secara online.

Anak akan diminta untuk belanja pakaian di dalam pusat perbelanjaan. Selain itu, ia juga dapat mengikuti kontes kecantikan dalam game online anak perempuan dari Coco Play by TabTale ini.

14. World of Zoo

Apakah anak perempuan Anda tertarik dengan binatang? Cobalah unduh World of Zoo di laptop atau komputer.

Game anak perempuan untuk laptop ini dapat mengenalkan anak tentang nama-nama hewan. Di dalamnya, terdapat lebih dari 40 spesies binatang dan 11 keluarga hewan yang bisa dipelajari oleh si kecil.

Game anak perempuan ini dinilai bisa membuat anak lebih peduli terhadap binatang. Ditambah lagi, terdapat banyak informasi dari National Geographic yang dimasukkan ke dalam game ini.

15. Educational Games for Kids 2-4

game anak perempuan
Educational Games for Kids 2-4

Salah satu game perempuan yang paling populer di Android adalah Educational Games for Kids 2-4. Game ini cocok untuk putri Anda yang berusia 2-4 tahun.

Saat memainkannya, anak-anak dapat mengenal nama binatang sesuai dengan habitatnya, contohnya di air ada ikan dan di hutan ada monyet.

Selain itu, terdapat lebih dari 30 game yang bisa dicoba anak di dalamnya, mulai dari puzzle hingga mengenal ukuran benda.

16. Toddler Games for Girls & Boys

Salah satu rekomendasi game perempuan dan laki-laki yang bisa diunduh di iOS adalah Toddler Games for Girls & Boys. Dilengkapi dengan tokoh kartun yang lucu, game ini diharapkan tidak membuat anak merasa bosan saat belajar.

Dapat diunduh gratis, game ini menawarkan segudang permainan yang bermuatan unsur pendidikan, seperti menyortir benda sesuai warna, ukuran, dan jumlahnya, lalu memberi makanan kepada biantang, hingga mengingat gambar.

17. Lily's Garden

game anak perempuan
Lily's Garden

Lily's Garden mengajak anak perempuan Anda untuk berkenalan dengan Lily, seorang perempuan yang sedang berusaha untuk membersihkan kebun di rumah.

Di dalam game Android anak perempuan offline ini, si kecil dapat belajar mengenai cara membersihkan kebun dari kotoran, memecahkan teka-teki dengan visual bunga yang lucu, hingga membuat kebun sendiri.

Game ini bahkan sudah diunduh lebih dari satu juta kali di Android.

Selain 17 game di atas, masih banyak game lain yang bisa dipilih. Pastikan Anda membaca label peruntukan umur yang disertakan oleh developer-nya agar dapat memberikan game anak perempuan sesuai usia anak Anda.

Panduan dalam memilih game anak perempuan

Idealnya, anak memang tidak dibolehkan untuk terlalu sering memainkan gawai. Namun, di era digital seperti sekarang ini, penggunaan gawai dan memainkan game yang dapat diunduh gratis tidak terelakkan.

Oleh karena itu, terdapat panduan yang dikeluarkan oleh Asosiasi Dokter Anak Amerika Serikat terkait penggunaan gadget dan game pada anak, yakni:

  • Sesuaikan pemilihan game dengan nilai yang Anda tanamkan dalam keluarga.
  • Tetapkan batasan pemakaian gawai dan dukung anak untuk melakukan aktivitas lain yang tidak melibatkan gadget.
  • Jangan biarkan anak bermain game tanpa didampingi, bila perlu mainkan game yang sama dengan anak untuk meningkatkan bonding antara anak dan orangtua.
  • Pastikan game anak perempuan yang Anda pilih sesuai dengan usianya. Jangan hanya mengandalkan label ‘edukatif’ dari publisher game tersebut karena itu mungkin menyesatkan.

Ingat juga bahwa anak adalah peniru ulung. Oleh karena itu, usahakan Anda tidak sembarangan mengunduh game di gawai dan selalu sediakan waktu lebih banyak untuk bermain dengan anak.

Orangtua pun harus waspada jika perilaku anak menjadi lebih murung atau agresif setelah bermain game. Jika Anda menemukan gejala tersebut, hentikan permainan dan bila perlu konsultasikan dengan dokter atau psikolog anak.

no caption
Main game boleh saja, tapi harus dibatasi

Baca Juga

  • Anak Kecanduan Bermain Game? Ketahui Dampak dan Solusinya
  • Anak Nonton TV Terlalu Sering? Waspadai Dampak Negatifnya
  • Inilah Jenis-jenis Game yang Sering Menyebabkan Kecanduan

Manfaat bermain game

Pemilihan game anak perempuan yang tepat bisa mendatangkan sejumlah manfaat, seperti:

  • Melatih kemampuan anak memecahkan masalah
  • Merangsang minat anak untuk mendalami sejarah dan geografi
  • Membantu anak bersosialisasi, terutama bila teman sebayanya memainkan game yang sama
  • Membuat anak lebih kompetitif
  • Melatih jiwa kepemimpinannya
  • Memicu kreativitas anak
  • Menjadi saat bonding bagi orangtua dan anak.

Memainkan game sering kali menjadi hal yang tak terhindarkan bagi anak-anak di era digitalisasi sekarang ini.

Tak perlu anti dengan teknologi karena bila game anak perempuan digunakan dengan tepat, ini justru dapat menghadirkan banyak manfaat.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan anak, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.

Advertisement

kecanduan main gamegadget

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved