Rekomendasi 5 Game Anak Perempuan yang Aman Dimainkan

Ada beberapa game anak perempuan yang bisa dimainkan dengan aman
Game ternyata bisa membawa manfaat bagi anak, baik perempuan atau laki-laki

Memilih game anak perempuan bukan hanya soal gambar yang penuh dengan warna merah muda. Game tersebut juga sebaiknya memiliki muatan edukasi agar anak juga bisa bermain sambil belajar lewat permainan yang dipilihnya.

Game yang dapat Anda pilih sebetulnya tidak hanya terbatas pada stereotype yang melekat pada perempuan, seperti memasak, berdandan, maupun memakai baju berwarna mencolok. Jika anak perempuan Anda senang dengan permainan yang lebih maskulin, jangan batasi minatnya.

Panduan dalam memilih game

Idealnya, anak memang tidak dibolehkan untuk terlalu sering memainkan gawai. Namun, di era digitalisasi seperti sekarang ini, penggunaan gawai dan memainkan game yang dapat diunduh gratis tidak terelakkan.

Oleh karena itu, terdapat panduan yang dikeluarkan oleh Asosiasi Dokter Anak Amerika Serikat terkait penggunaan gadget dan game pada anak. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Sesuaikan pemilihan game dengan nilai yang Anda tanamkan dalam keluarga.
  • Tetapkan batasan pemakaian gawai dan dukung anak untuk melakukan aktivitas lain yang tidak melibatkan gadget.
  • Jangan biarkan anak bermain game tanpa didampingi, bila perlu bermainlah game yang sama dengan anak sebagai bagian dari meningkatkan bonding antara anak dan orangtua.
  • Pastikan game anak perempuan yang Anda pilih sesuai dengan usianya. Jangan hanya mengandalkan label ‘edukatif’ dari publisher game tersebut karena itu mungkin menyesatkan.

Ingat juga bahwa anak adalah peniru ulung. Oleh karena itu, usahakan Anda juga tidak sembarangan mengunduh game di gawai Anda, dan selalu sediakan waktu lebih banyak untuk bermain dengan anak Anda.

Orangtua juga harus waspada jika perilaku anak menjadi lebih murung atau agresif setelah bermain game. Jika Anda menemukan gejala tersebut, hentikan permainan dan bila perlu konsultasikan dengan dokter atau psikolog anak.

Main game boleh saja, tapi harus dibatasi

Rekomendasi game anak perempuan

Seperti disinggung di atas, game anak perempuan tidak melulu berkutat pada masak-memasak, bermain putri, maupun kecantikan. Anda juga dapat memilihkan game yang berisi sosok perempuan yang kuat dan mandiri, selain tetap bersifat menghibur.

Berdasarkan pertimbangan tersebut, berikut beberapa rekomendasi game anak perempuan yang dapat Anda pilih.

  • Baby Panda’s Fashion Dress Up Game

Baby Panda adalah karakter yang diproduksi oleh developer game Baby Bus yang juga memiliki kanal YouTube dengan konten anak-anak. Khusus untuk game ini, anak perempuan Anda memiliki misi untuk menolong bayi panda bernama Kiki untuk membuat banyak pakaian.

Selain membuat pakaian, pemain game ini bisa melengkapi pakaian dengan berbagai aksesoris yang cantik. Game ini tak hanya menyenangkan, namun juga dapat melatih kreativitas anak.

  • Subway Princess Runner

Game anak perempuan ini pada dasarnya mirip dengan permainan Subway Runner, hanya saja tokoh utamanya merupakan perempuan. Game ini dapat melatih refleks motorik dan mengajari anak jiwa kompetitif untuk mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya.

Game ini berlabel 7+, artinya hanya anak di atas usia 7 tahun yang boleh memainkannya. Selain itu, orangtua perlu menekankan bahwa anak tidak boleh berlarian di jalan raya maupun rel kereta api.

  • Hello Kitty Nail Salon

Hello Kitty adalah salah satu karakter kucing imut yang banyak disukai oleh anak perempuan sehingga tidak salah bila Anda memilihkan game ini untuk anak Anda. Di sini, anak diajarkan untuk menjadi kreatif lewat pemilihan warna maupun motif cat kuku.

  • Cooking in the kitchen

Ingin melibatkan anak dalam kegiatan memasak? Anda dapat memilihkan game anak perempuan yang satu ini. Dalam game ini terdapat berbagai resep yang mudah bisa diikuti oleh anak, seperti donat dan burger, namun tentu dengan langkah yang jauh lebih mudah dari kenyataannya.

  • My Sim Supermarket

Game anak perempuan ini berkonsep simulasi, yakni memosisikan pemainnya sebagai pemilik supermarket. Lewat game ini, anak dapat berlatih kemandirian dan melatih skill bisnisnya. Siapa tahu ia terinspirasi untuk menjadi pebisnis supermarket di kemudian hari.

Selain kelima game di atas, banyak game lain yang bisa dipilih. Pastikan Anda membaca label peruntukan umur yang disertakan oleh developer-nya agar dapat memberikan game anak perempuan sesuai usia anak Anda.

Manfaat bermain game

Pemilihan game anak perempuan yang tepat bisa mendatangkan manfaat untuk anak itu sendiri. Beberapa di antaranya adalah:

  • Melatih kemampuan anak memecahkan masalah
  • Merangsang minat anak untuk mendalami sejarah dan geografi
  • Membantu anak bersosialisasi, terutama bila teman sebayanya memainkan game yang sama
  • Membuat anak lebih kompetitif
  • Melatih jiwa kepemimpinannya
  • Memicu kreativitas anak
  • Menjadi saat bonding bagi orangtua dan anak.

Memainkan game seringkali menjadi hal yang tak terhindarkan bagi anak-anak di era digitalisasi sekarang ini. Tak perlu anti dengan teknologi karena bila game anak perempuan digunakan dengan tepat, ini justru dapat menghadirkan banyak manfaat.

AAP. https://www.aap.org/en-us/about-the-aap/aap-press-room/news-features-and-safety-tips/Pages/Children-and-Media-Tips.aspx
Diakses pada 13 Januari 2020

Common Sense Media. https://www.commonsensemedia.org/lists/games-for-girls
Diakses pada 13 Januari 2020

Parents. https://www.parents.com/kids/development/benefits-of-video-games/?
Diakses pada 13 Januari 2020

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed