Redakan Stres Hingga Obati Jerawat, Ini Manfaat Minyak Bergamot


Minyak bergamot adalah ekstrak dari kulit buah citrus (Citrus bergamia) yang tumbuh di pohon bergamot. Manfaat minyak bergamot adalah dapat mengatasi jerawat hingga merawat kesehatan rambut.

(0)
15 Apr 2021|Azelia Trifiana
Minyak bergamot diambil dari ekstrak kulit jeruk bergamotMinyak bergamot diambil dari ekstrak kulit jeruk bergamot
Minyak bergamot adalah ekstrak dari kulit buah citrus (Citrus bergamia) yang tumbuh di pohon bergamot. Rasa jeruk bergamot ini unik, gabungan dari jeruk, lemon, dengan sedikit sensasi pahit dan asam. Selain itu, ada juga sedikit sensasi pedas yang membedakannya dari tanaman citrus lainnya.Apabila ditelusuri sejarahnya, asal mula bergamot datang dari Asia Tenggara. Namun, kini sudah tumbuh di penjuru dunia. Bahkan nama bergamot berasal dari kota Bergamo yang terletak di selatan Italia.

Cara aman gunakan minyak bergamot

Mengingat bergamot memiliki aroma yang unik, ada begitu banyak produk perawatan tubuh menjadikannya sebagai kandungan utama. Mulai dari parfum, peralatan mandi, hingga kosmetik.Selain itu, yang tak kalah populer adalah penggunaan ekstrak jeruk bergamot sebagai minyak esensial karena klaimnya berkhasiat untuk kesehatan. Namun, penggunaannya harus berhati-hati karena cukup kuat sehingga perlu dicampur terlebih dahulu dengan carrier oil.Berikut ini penjelasannya lebih detail:

1. Aromaterapi bergamot

Minyak esensial bergamot dianggap sebagai salah satu aromaterapi dengan khasiat menenangkan. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan manfaatnya adalah:
  • Campur minyak esensial dengan carrier oil dan gunakan sebagai lotion untuk pijat
  • Tambahkan 2-5 tetes minyak esensial bergamot pada produk perawatan tubuh seperti sabun, sampo, dan scrub wajah
  • Tambahkan pada lilin atau pengharum ruangan
  • Teteskan pada sapu tangan atau masker untuk memberikan aroma menenangkan
Terlepas dari klaim arometerapi bergamot yang bisa menenangkan, ingat bahwa tidak semua orang mungkin cocok dengan jenis ini. Terlebih bagi mereka yang sensitif. Oleh sebab itu, campurkan dengan carrier oil seperti minyak zaitun agar tidak menimbulkan efek samping.

2. Mengatasi jerawat

jerawat
Minyak bergamot bantu atasi jerawat
Beberapa kandungan dalam minyak bergamot juga mengandung khasiat antibakteri dan anti-peradangan. Bagi orang yang tidak memiliki kulit sensitif, tak ada salahnya mencoba menggunakannya untuk mengobati jerawat.Cara menggunakannya adalah:
  • Campur minyak bergamot dengan carrier oil
  • Aplikasikan langsung ke jerawat
  • Diamkan semalaman
  • Jangan menggunakan perawatan ini di siang hari atau saat terpapar sinar matahari
Anda juga bisa mencampurnya dengan sabun pembersih wajah.

3. Perawatan rambut

Banyak orang mengklaim bahwa minyak bergamot bisa melembutkan rambut, terutama yang keriting. Bahkan, tak sedikit yang menyebut khasiat olahan jeruk bergamot ini dapat meredakan iritasi kulit kepala.Untuk menggunakannya, teteskan minyak bergamot pada sampo Anda. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan campuran minyak bergamot dan carrier oil ke kulit kepala dan didiamkan semalaman.

4. Dicampur dengan minyak esensial lain

minyak esensial
Padukan dengan minyak esensial lainnya
Anda juga bisa mencampur ekstrak jeruk bergamot ini dengan minyak esensial lainnya, seperti:
  • Lavender untuk digunakan dalam perawatan kulit, rambut, dan jerawat
  • Tea tree untuk khasiat antibakteri dan meredakan peradangan
  • Chamomile untuk meningkatkan mood, menjadi olahan teh herbal, dan perawatan kulit

Manfaat minyak bergamot

Beberapa penelitian juga menemukan manfaat dari minyak bergamot dalam hal:
  • Meredakan stres

Sebuah studi tahun 2014 yang dibuat oleh Eri Watanabe dkk terhadap perempuan asal Jepang menemukan bahwa menghirup aroma minyak bergamot dapat meredakan rasa lelah dan cemas.Selain itu, artikel yang dipublikasikan di jurnal Current Drug Targets pada tahun 2013 menunjukkan manfaatnya dalam mengurangi depresi, cemas berlebih, dan masalah mood lainnya. Cara kerjanya adalah dengan memberi sinyal otak untuk menghasilkan dopamin dan serotonin.
  • Mengatasi keracunan

Komponen dalam bergamot yaitu linalool bisa juga bekerja efektif melawan bakteri penyebab keracunan makanan. Studi oleh Fisher dan Phillips melihat khasiat ini pada bakteri yang ada pada kulit ayam dan daun kubis.Jenis bakteri yang diperiksa adalah Staphylococcus aureus, Listeria monocytogenes, Bacillus cereus, E. coli, dan Campylobacter jejuni. Meski demikian, masih perlu penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat ini.
  • Menurunkan kolesterol

Kandungan flavonoid dalam jeruk bergamot dapat menurunkan kadar lipid. Ini terbukti dari studi terhadap binatang pada tahun 2018. Khasiat anti-peradangan bergamot menjaga hati tikus sembuh dari penyakit hati berlemak non-alkohol.
  • Meredakan nyeri

Lagi-lagi berkat kandungan linalool dan carvacrol dalam minyak bergamot, ini dapat meredakan nyeri serta peradangan. Keduanya memiliki khasiat analgesik dan antikejang ketika diaplikasikan ke kulit. Namun, masih perlu penelitian lebih jauh seputar keamanan metode ini.

Catatan dari SehatQ

Akan selalu ada risiko dan efek samping dari penggunaan minyak herbal. Ada yang mengalami iritasi dan reaksi alergi. Gejalanya berupa kulit kemerahan, sensasi terbakar, nyeri, hingga muncul luka.Oleh sebab itu, selalu lakukan tes terlebih dahulu sebelum menggunakan minyak bergamot. Jangan lupa mencampurkannya dengan carrier oil agar lebih aman. Terlebih bagi anak-anak dan ibu hamil, selalu konsultasikan terlebih dahulu sebelum menggunakan aromaterapi.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar bahaya minyak bergamot apabila tertelan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
jerawatmakanan sehathidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/bergamot-oil#overview
Diakses pada 2 April 2021
Forschende Komplementärmedizin. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25824404/
Diakses pada 2 April 2021
Current Drug Targets. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23531112/
Diakses pada 2 April 2021
Journal of Applied Microbiology. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/17105553/
Diakses pada 2 April 2021
Nutrients. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/30388763/
Diakses pada 2 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait