Redakan Stres Hingga Nyeri, Ini 6 Manfaat Minyak Rosemary untuk Tubuh


Minyak rosemary adalah salah satu obat tradisional yang digunakan untuk relaksasi. Berawal dari pengobatan tradisional, perlahan peneliti terus mencari bukti ilmiah mengenai khasiatnya.

(0)
01 Apr 2021|Azelia Trifiana
Minyak rosemary adalah salah satu obat tradisional yang digunakan untuk relaksasiMinyak rosemary adalah salah satu obat tradisional yang digunakan untuk relaksasi
Jika menyebutkan tanaman dengan khasiat pengobatan serta punya aroma khas, rosemary layak masuk dalam daftar. Itulah yang membuat minyak rosemary juga populer karena khasiatnya untuk kesehatan. Berawal dari pengobatan tradisional, perlahan peneliti terus mencari bukti ilmiah mengenai khasiatnya.Meskipun sebagian besar penelitian baru berada di tahap awal, arahnya cukup positif. Banyak hasil yang mendukung penggunaan minyak esensial Rosmarinus officinalis untuk kesehatan.

Manfaat minyak rosemary untuk kesehatan

Beberapa manfaat dari minyak rosemary yang membuatnya populer digunakan di antaranya:

1. Potensi redakan stres

relaksasi
Menghirup aroma rosemary sambil meditasi dapat redakan stres
Denyut nadi lebih cepat bisa jadi indikator seseorang tengah mengalami stres. Kabar baiknya, menghirup minyak rosemary bisa menurunkan denyut nadi hingga 9%. Dari situlah ditarik kesimpulan bahwa minyak ini secara alami bisa meredakan stres.Tak hanya itu, ketika 22 orang dewasa menghirup rosemary oil selama 5 menit, air liur atau saliva mereka mengandung kortisol 23% lebih rendah. Ini adalah hormon yang diproduksi tubuh ketika merasa stres. Bahkan, kelebihan kortisol bisa berdampak buruk bagi sistem imun.

2. Minyak untuk pijat

memijat pasangan
Bisa digunakan untuk memijat pasangan
Apabila Anda merasakan sirkulasi darah kurang lancar, bisa pertimbangkan menggunakan rosemary oil. Caranya bisa dengan memijatkan perlahan ke jari-jari atau bagian tubuh yang terasa dingin atau kurang lancar sirkulasinya.Memijat tangan dengan campuran rosemary oil dapat menghangatkan lebih efektif dibandingkan dengan minyak lain.Ini terjadi karena minyak rosemary melebarkan pembuluh darah sehingga lebih mudah mencapai ujung-ujung jari tangan dan kaki. Namun masih perlu penelitian lebih lanjut terkait hal ini, namun besar kemungkinan benar-benar efektif.

3. Membangkitkan energi

Sejak berabad silam, rosemary oil digunakan untuk meredakan rasa lelah mental dan fisik. Ketika diberikan pada 20 orang dewasa yang sehat, menghirup aromanya membuat mereka 30% lebih segar secara mental. Bahkan, rasa kantuk berkurang hingga 25%.Bukan hanya dengan menghirup, mengaplikasikan ke kulit juga bisa memberikan dampak serupa karena sama-sama bisa mencapai otak. Orang yang mengalaminya bisa merasa lebih waspada, tanggap, senang, dan berenergi secara signifikan.

4. Potensi redakan radang sendi

Minyak rosemary dapat meredakan peradangan jaringan yang menyebabkan bengkak, nyeri, dan kaku. Caranya adalah dengan menguraikan migrasi sel darah putih ke jaringan yang cedera. Hasilnya, orang dengan keluhan seperti rheumatoid arthritis merasa nyeri lututnya berkurang.

Catatan dari SehatQ

Minyak rosemary termasuk memiliki konsentrasi tinggi sehingga sebaiknya hanya gunakan beberapa tetes saja atau dicampur dengan carrier oil. Meski ada yang mengklaim aman menelan langsung minyak rosemary, sebaiknya pertimbangkan lagi karena tidak ada bukti ilmiah yang mendukung hal ini.Anda bisa mendapatkan manfaat dari minyak rosemary dengan menghirup atau mengoleskannya ke kulit. Apabila ada reaksi alergi, hindari penggunaannya.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar manfaat dan efek samping minyak rosemary, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
essential oilhidup sehatpola hidup sehat
Minyak rosemary adalah salah satu obat tradisional yang digunakan untuk relaksasi. Berawal dari pengobatan tradisional, perlahan peneliti terus mencari bukti ilmiah mengenai khasiatnya.
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait