Rasakan Wanginya Manfaat Daun Kemangi yang Begitu Beragam

Manfaat daun kemangi sungguh beragam, mulai dari kurangi pembengkakan hingga cegah kanker
Ada banyak manfaat daun kemangi untuk kesehatan

Selain sebagai lalapan, daun hijau berbau sedap yang biasa disebut kemangi ini ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat daun kemangi ada beragam, mulai dari menggantikan zat besi saat PMS hingga berpotensi membantu pencegahan kanker.

Agar tidak semakin penasaran, intip lebih jauh manfaat daun kemangi untuk kesehatan berikut ini.

Manfaat daun kemangi untuk kesehatan

Lain kali, saat ada lalapan terhidang di depan Anda, jangan hanya didiamkan. Ambil daun-daun hijau yang ada di piring, dan rasakan berbagai manfaat daun kemangi untuk kesehatan, seperti di bawah ini.

1. Mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh

Daun kemangi mengandung vitamin A yang penting untuk perkembangan dan menjaga sistem imun di tubuh. Selain itu, tanaman ini juga mengandung vitamin K yang penting dalam proses penggumpalan darah.

Daun kemangi juga mengandung kalium yang berperan dalam mengatur tekanan darah, mangan untuk mengatur fungsi otak dan saraf, serta magnesium yang berfungsi mengatur fungsi otot, jantung, dan saraf.

2. Berpotensi melawan kanker

Daun kemangi, juga dipercaya berpotensi melawan kanker karena kandungan fitokimia yang ada di dalamnya begitu beragam. Daun ini dinilai dapat membantu pencegahan beberapa jenis kanker di antaranya kulit, hati, mulut, dan paru-paru. Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk memastikan manfaat daun kemangi yang satu ini.

3. Mengurangi efek yang timbul akibat stres oksidatif

Stres oksidatif adalah kerusakan sel yang terjadi akibat paparan radikal bebas. Saat jaringan mengalami stres oksidatif, maka berbagai penyakit bisa muncul.

Pada penelitan yang dilakukan pada hewan uji, konsumsi daun kemangi segar secara teratur selama 30 hari memberikan hasil yang positif. Sebab, setelah 30 hari, hewan uji tersebut mengalami penurunan kadar gula darah dan peningkatan aktivitas antioksidan, yang bisa mencegah stres oksidatif.

4. Mencegah penuaan dini

Paparan radikal bebas berlebih, juga dapat menyebabkan penuaan dini. Oleh karena itu, mengonsumsi daun kemangi yang dinilai dapat menghambat dampak buruk radikal bebas, juga berpotensi mencegah penuaan dini.

5. Menggantikan zat besi yang hilang ketika haid

Ada baiknya Anda mengonsumsi daun kemangi saat sedang mengalami PMS atau pre-menstrual syndrome. Sebab, tanaman ini mengandung zat besi yang ada di dalamnya, bisa membantu menggantikan zat besi yang hilang selama Anda menstruasi.

6. Membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan

Ekstrak daun kemangi juga dinilai efektif untuk membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan di tubuh. Manfaat daun kemangi ini diketahui dari sebuah penelitian, yang menyebutkan bahwa mengoleskan ekstrak daun kemangi, bisa membantu mengurangi pembengkakan hingga 73%, pada 24 jam setelah penggunaan. Hal ini dikarenakan kandungan beta-caryophyllene dalam daun kemangi sebagai agen antiinflamasi.

7. Memiliki kandungan antibakteri

Daun kemangi memiliki kandungan antibakteri dan dapat menghambat pertumbuhan beberapa jenis bakteri, di antaranya Listeria monocytogenes, Staphylococcus aureus, Escherecia Coli, dan Pseudomonas aeruginosa.

Kandungan nutrisi dalam daun kemangi

Manfaat daun kemangi yang begitu beragam, bisa didapatkan salah satunya dari kandungan nutrisi yang ada didalamnya. Dalam dua sendok makan kemangi segar yang sudah dipotong-potong, terkandung sekitar 27% vitamin K dari total rekomendasi konsumsi harian.

Tanaman ini juga mengandung vitamin A, mangan, dan magnesium yang baik untuk kesehatan Anda. Berikut ini kandungan nutrisi secara lengkap, yang ada dalam setiap 100 gram daun kemangi.

  • Energi: 22 Kkal
  • Serat: 1,6 gram
  • Protein: 3,15 gram
  • Vitamin B6: 0,155 mikrogram
  • Vitamin C: 18 miligram
  • Vitamin E: 0,80 gram
  • Kalsium: 177 miligram
  • Zat besi: 3,17 miligram
  • Fosfor: 56 miligram
  • Kalium: 295 miligram
  • Zinc: 0,81 miligram
  • Karbohidrat: 2,65 gram
  • Lemak: 0,64 gram
  • Air: 92,06 gram
  • Folat: 68 mikrogram

Catatan dari SehatQ

Meski alami, daun kemangi belum tentu 100% aman untuk dikonsumsi begitu saja. Anda juga perlu memerhatikan kebersihannya. Apalagi, daun kemangi biasanya disajikan mentah. Manfaat daun kemangi juga tidak bisa benar-benar menggantikan obat yang biasa digunakan, untuk mengatasi penyakit-penyakit yang disinggung di atas.

Sehingga, jangan hanya bergantung pada daun kemangi apabila Anda mengalami suatu gangguan kesehatan. Tetap periksakan diri ke dokter, untuk mendapatkan perawatan yang paling efektif dan sesuai.

Better Health Channel. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/ingredientsprofiles/Basil
Diakses pada 26 November 2019

WebMD. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/ingredientsprofiles/Basil
Diakses pada 26 November 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/266425.php
Diakses pada 26 November 2019

Health. https://www.health.com/health/gallery/0,,20500778,00.html?slide=129126#129126
Diakses pada 26 November 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed