Mengenal Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya


Manfaat kayu manis sangat beragam, salah satunya dapat mencegah penuaan kulit dan menurunkan berat badan. Namun, mengonsumsi kayu manis berlebihan juga bisa sebabkan penyakit hati.

0,0
06 Sep 2019|Anita Djie
Manfaat kayu manis untuk kesehatanManfaat kayu manis yang cukup dikenal adalah mengatasi penyakit diabetes, tetapi kayu manis masih memiliki khasiat lain untuk kesehatan
Kayu manis biasanya digunakan untuk memberi cita rasa pada kue dan roti. Aroma kayu manis yang khas membuat hidangan semakin sedap. Tidak terbatas hanya sebagai penambah cita rasa dan aroma, manfaat kayu manis lainnya adalah untuk menjaga kesehatan.Manfaat rebusan kulit kayu manis untuk kesehatan sudah cukup diketahui oleh masyarakat, tetapi tidak semua khasiat kayu manis sudah Anda ketahui.

  • kalori: 6.42 kalori
  • karbohidrat: 2,1 gram
  • kalsium: 26,1 miligram
  • zat besi: 0,21 mg
  • magnesium: 1,56 mg
  • fosfor: 1,66 mg
  • kalium: 11,2 mg
  • vitamin A: 0,39
Selain kandungan di atas, kayu manis juga mengandung vitamin B, vitamin K, antioksidan, kolin, beta karoten, alfa karoten, hingga zeaxanthin. Selain itu, kayu manis tidak memiliki lemak, gula, maupun kolesterol, sehingga sangat baik untuk kesehatan.Baca juga: Manfaat Kayu Secang Selain Sebagai Campuran Minuman Rempah

Manfaat kayu manis untuk kesehatan

Khasiat kayu manis untuk kesehatan sangat menjanjikan, karena kayu manis tidak hanya berpotensi untuk mengatasi kanker, tetapi juga dapat membantu mengatasi gejala akibat multiple sclerosis. Berikut adalah beberapa manfaat kayu manis yang tidak boleh dilewatkan:

1. Mengatasi penyakit diabetes

Manfaat kayu manis untuk diabetes yang diketahui oleh masyarakat umum biasanya adalah khasiat kayu manis dalam menurunkan kadar gula darah.Kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah dengan menurunkan jumlah glukosa atau gula yang masuk ke dalam darah setelah makan dengan memperlambat proses dicerna karbohidrat.Kayu manis juga dapat menurunkan kadar gula darah dengan menyerupai insulin untuk meningkatkan penyerapan glukosa oleh sel tubuh. Sebaiknya konsumsi kayu manis sebanyak 0,5 sampai dua sendok teh atau 1-6 gram per harinya.

2. Mengurangi risiko penyakit jantung

Manfaat kayu manis dalam menurunkan peluang terkena penyakit jantung dengan menurunkan kadar gula darah, kolesterol jahat LDL, dan tekanan darah yang merupakan faktor yang berkontribusi dalam kemunculan penyakit jantung. Selain itu, rebusan air kayu manis juga dipercaya ampuh meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. 

3. Memiliki kandungan anti radang

Peradangan adalah salah satu pertahanan tubuh, tetapi peradangan yang berlebih dapat merusak jaringan tubuh. Manfaat kayu manis terletak pada kandungan anti radangnya yang dapat menurunkan peradangan yang berpotensi membahayakan tubuh.

4. Meningkatkan sensitivitas insulin

Selain menurunkan kadar gula darah, khasiat kayu manis adalah untuk menurunkan resistensi insulin atau kondisi saat hormon insulin yang membantu mengatur metabolisme dan penyaluran gula dari darah ke sel tubuh tidak dapat bekerja dengan baik.Resistensi insulin berpotensi menyebabkan diabetes, karenanya kayu manis dapat mencegah diabetes dengan meningkatkan sensitivitas sel tubuh terhadap insulin. Cara menurunkan gula darah dengan kayu manis cukup mudah, yakni dengan rutin minum air rebusannya setiap hari.

5. Alternatif menyembuhkan kanker

Manfaat kayu manis yang menakjubkan adalah potensinya dalam mencegah dan menyembuhkan kanker. Kayu manis bekerja dengan mengurangi pertumbuhan sel kanker dan pembentukan pembuluh darah pada tumor.Kayu manis juga bersifat racun bagi sel kanker dan dapat membunuh sel-sel kanker. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut pada manusia mengenai manfaat kayu manis untuk mencegah dan mengobati kanker.

6. Kaya akan antioksidan

Manfaat rebusan kayu manis dapat menjadi minuman untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan polifenol dalam kayu manis membuatnya mampu menangkal radikal bebas yang berpotensi merusak tubuh. Selain itu, kayu manis juga dapat digunakan sebagai pengawet makanan alami.

7. Melindungi saraf dan sel otak

Kayu manis diyakini mampu mengatasi penyakit neurodegeneratif yang ditandai dengan menurunnya struktur atau fungsi dari sel otak. Penyakit neurodegeneratif yang paling terkenal adalah penyakit Alzheimer dan Parkinson.Manfaat kayu manis dalam menangkal penyakit Alzheimer dikarenakan kemampuannya dalam menghambat pembentukan protein tau di otak yang dianggap sebagai penyebab dari penyakit Alzheimer.Studi pada tikus yang menderita penyakit Parkinson menemukan bahwa kayu manis mampu melindungi sel saraf, berperan dalam stabilitas kadar senyawa kimia, dan meningkatkan fungsi motorik.Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan manfaat kayu manis terhadap penyakit neurodegeneratif.

8. Melawan infeksi bakteri dan jamur

Kayu manis tidak hanya beraroma harum, tetapi juga mengandung cinnamaldehyde yang mampu melawan berbagai infeksi, seperti infeksi jamur pada pernapasan, infeksi bakteri Listeria, dan bakteri Salmonella.Manfaat kayu manis lainnya yang juga diyakini adalah untuk mengurangi bau mulut dan mencegah pembusukan gigi.

9. Membantu menurunkan berat badan

Khasiat kayu manis untuk menurunkan berat badan dilakukan dengan menurunkan efek dari makanan tinggi lemak serta menjaga kadar glukosa. Meskipun demikian, kayu manis bukanlah jalan pintas dalam menurunkan berat badan.Satu sendok teh kayu manis bubuk mengandung sekitar 1,4 gram serat. Kandungan tinggi serat ini dipercaya bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama sehingga tidak makan berlebihan. Hasilnya, menurunkan berat badan pun menjadi lebih mudah.Selain itu, kayu manis pun dipercaya bisa meningkatkan metabolisme karena tubuh Anda membutuhkan lebih banyak energi untuk memproses rempah ini dibandingkan makanan lainnya. Manfaatnya, Metabolisme tubuh yang ‘tinggi’ memicu lebih banyak kalori yang terbakar saat Anda sedang beraktivitas atau beristirahat, sehingga kadar kalori dalam tubuh dapat terjaga.Menurut sebuah riset dari 2017, kayu manis juga mengandung cinnamaldehyde, yaitu komponen yang bisa mengaktifkan thermogenesisDi dalam proses termogenesis, tubuh akan menciptakan panas untuk membakar kalori. Inilah alasan mengapa cinnamaldehyde yang dikandung kayu manis dipercaya bisa membantu Anda turunkan berat badan. Anda dapat mengonsumsi setidaknya satu sendok teh kayu manis untuk membantu meningkatkan rasa kenyang saat makan.

10. Mengatasi multiple sclerosis

Penyakit multiple sclerosis merupakan penyakit autoimun yang menyerang otak dan sistem saraf pusat.  Kayu manis memiliki kandungan anti radang yang dapat mengurangi efek multiple sclerosis terhadap sistem saraf pusat.Kayu manis juga dipercaya dapat melindungi sel T dan membantu mencegah penurunan kadar sel T karena multiple sclerosis, serta melindungi lapisan myelin atau lapisan pelindung saraf.Meskipun demikian, riset masih diperlukan untuk mengetahui khasiat kayu manis dalam mengatasi multiple sclerosis.

11. Mengatasi nyeri haid

Rebusan air kayu manis mengandung zat analgesik dan antikoagulan yang dapat meredakan rasa nyeri dan kram saat menstruasi.  membuktikan, air rebusan kayu manis juga dipercaya dapat mengurangi tingkat keparahan selama masa haid. Cara merebus kayu manis untuk dijadikan teh sangat mudah. Anda hanya perlu merebus beberapa batang kayu manis dalam air mendidih selama 8-10 menit untuk mendapatkan ekstraknya.

12. Mencegah penuaan kulit

Kaya antioksidan membuat kayu manis dipercaya dapat merangsang pembentukan kolagen dan meningkatkan hidrasi sekaligus elastisitas kulit. Menurut penelitian, khasiat kayu manis ini membuatnya diyakini bisa mencegah penuaan pada kulit.

13. Mengatasi gangguan lambung

Kayu manis merupakan salah satu bumbu dapur yang baik untuk pencernaan. Kayu manis untuk asam lambung bermanfaat untuk menangani gastritis, yaitu peradangan pada lambung. Mengonsumsi kayu manis dalam batas wajar diperbolehkan untuk penderita maag. Adapun makanan yang sebaiknya dihindari adalah makanan berminyak, berbumbu, hingga makanan pedas.Baca juga: Selain Kaya Rasa, Manfaat Rempah-Rempah Indonesia untuk Kesehatan juga Begitu Beragam

Cara mengonsumsi kayu manis yang benar

Bahaya mengonsumsi kayu manis dapat ditangani dengan memilih jenis kayu manis yang lebih sehat. Terdapat dua jenis kayu manis, yaitu kayu manis Cassia dan kayu manis Ceylon. Kedua kayu manis ini mengandung coumarin, namun kadarnya berbeda.Kandungan coumarin dalam kayu manis bersifat racun dan berkontribusi dalam memunculkan efek samping kayu manis saat dikonsumsi terlalu banyak. Adapun jenis kayu manis yang mengandung courmin lebih tinggi adalah kayu manis Cassia, sehingga harus lebih diwaspadai.Sementara kayu manis Ceylon memiliki cita rasa yang lebih ringan dan rasa pahit yang lebih rendah dari jenis CassiaKandungan coumarin dalam kayu manis Ceylon juga lebih sedikit jika dibandingkan dengan kayu manis Cassia. Tak hanya itu, kayu manis Ceylon lebih mudah untuk dijadikan bubuk.Sehingga, akan lebih baik jika Anda menggunakan kayu manis Ceylon daripada kayu manis Cassia. Langkah ini akan membantu Anda dalam mengurangi efek samping kayu manis karena kandungan coumarin di dalamnya.Anda dapat mengonsumsi sekitar satu sendok teh atau 0,5-2 gram kayu manis Cassia per harinya. Sementara untuk kayu manis Ceylon, batasanya adalah 2,5 sendok teh atau 6 gram.Untuk menghindari efek samping kayu manis yang tidak diinginkan, Anda juga dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya. Terutama bila Anda juga mengonsumsi obat diabetes, obat penyakit hati, obat pengencer darah, obat antibiotik, obat penyakit jantung, dan obat lain yang dapat memengaruhi fungsi hati.

Efek samping terlalu banyak mengonsumsi kayu manis

Kayu manis memang memiliki berbagai manfaat yang baik bagi tubuh, tetapi hindari penggunaan kayu manis jenis Cassia terlalu banyak, karena kayu manis jenis Cassia memiliki kadar coumarin yang tinggi.Konsumsi coumarin yang berlebih dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya. Akan lebih baik bila Anda mengonsumsi kayu manis jenis Ceylon yang memiliki kadar coumarin yang lebih rendah.Bubuk manis juga memiliki tekstur yang halus dan mudah terhirup. Apabila bubuk kayu manis terhisap, bubuk kayu manis bisa membuat Anda kesulitan bernapas dan batuk-batuk. Kandungan cinnamaldehyde yang terdapat dalam rempah ini juga berpotensi untuk mengiritasi tenggorokan dan berujung pada munculnya gangguan pernapasan.Tak hanya itu, terlalu banyak mengonsumsi kayu manis juga bisa memicu beberapa penyakit berikut:Bila Anda mengalami penyakit hati, sebaiknya konsultasikan ke dokter sebelum mengonsumsi kayu manis. Jika ingin berkonsultasi langsung pada dokter, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
diabetesmakanan sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/10-proven-benefits-of-cinnamon
Diakses pada 06 September 2019
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/multiple-sclerosis/symptoms-causes/syc-20350269
Diakses pada 06 September 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/266069.php
Diakses pada 06 September 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318382.php
Diakses pada 06 September 2019
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2901047/
Diakses pada 06 September 2019
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24946862
Diakses pada 06 September 2019
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19433898
Diakses pada 06 September 2019
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3105590/
Diakses pada 06 September 2019
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/11094851
Diakses pada 06 September 2019
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/side-effects-of-cinnamon#How-Much-Is-Too-Much?
Diakses pada 4 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait