Rasakan Manisnya 8 Manfaat Air Tebu Bagi Kesehatan Ini

Memproduksi gula hitam adalah salah satu manfaat air tebu.
Salah satu manfaat air tebu yang dipercaya manjur adalah menurunkan kolesterol.

Anda mungkin tidak pernah berpikir bahwa manfaat air tebu sangatlah luar biasa bagi kesehatan tubuh. Apalagi, jus air tebu ini sering "diremehkan" karena awalnya hanya dijual di pasar atau pinggir jalan saja.

Sebenarnya, manfaat air tebu sangatlah penting. Ketika meminumnya dalam keadaan mentah, banyak sekali manfaat yang bisa Anda rasakan. Ditambah lagi, tebu memiliki nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Sebenarnya, apa saja manfaat air tebu yang sangat menyehatkan itu?

Manisnya manfaat air tebu

Tebu adalah tanaman yang menjadi sumber dari banyaknya gula-gula proses di pasaran. Tanaman yang memiliki nama lain Saccharum officinarum ini dikenal karena rasa manis alaminya. Selain itu, berbagai macam penyakit seperti tekanan darah tinggi, rapuhnya tulang, hingga tingginya kolesterol, dapat dilawan dengan tebu. Semakin penasaran dengan manisnya manfaat air tebu? Berikut ini penjelasannya.

1. Penuh dengan nutrisi

Padatnya nutrisi dalam tebu sangatlah luar biasa. Bayangkan saja, seluruh nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti kalium, kalsium, magnesium, zat besi, mangan, zinc, tiamin, dan vitamin B2, ada di dalamnya.

Setiap satu gelas air tebu, mengandung 180 kalori dan 30 gram gula. Selain itu, air tebu juga kaya akan serat dan antioksidan (flavonoid serta polifenolik), yang dipercaya mampu menurunkan kadar stres oksidatif meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

2. Tidak mengandung indeks glikemik tinggi

Indeks glikemik mengukur kecepatan makanan dalam meningkatkan gula darah dalam tubuh. Indeks glikemik tertinggi, diukur dengan angka 100. Sementara itu, jus air tebu hanya memiliki indeks glikemik 43.

Menurut Asosiasi Diabetes Amerika Serikat, tebu masuk ke dalam golongan makanan dengan indeks glikemik rendah. Maka dari itu, potensi tebu untuk menaikkan kadar gula darah dalam tubuh Anda semakin kecil.

Entah dikonsumsi secara utuh atau diambil sarinya, tebu juga menjadi pengganti gula yang sangat baik. Namun tetap saja, Anda dilarang untuk mengonsumsi tebu berlebihan. Sebab, gula dari tebu (fruktosa dan glukosa), lebih lambat diserap tubuh, dibandingkan gula sukrosa.

3. Mengandung gula hitam

Tebu bisa memproduksi gula hitam, yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Satu sendok teh gula hitam yang diproduksi tebu, mengandung 41 miligram (mg) kalsium, 1 mg zat besi, 48 mg magnesium, dan 293 mg kalium yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

4. Meningkatkan energi

Dibandingkan dengan makanan lain yang mengandung gula proses, pasokan gula alami dalam tebu bisa memberikan banyak energi untuk beraktivitas sehari-hari. Selain itu, manfaat air tebu lainnya ialah, menjadi pilihan alami untuk merehidrasi tubuh serta mencegah kelelahan.

5. Mempertahankan kesehatan kulit

Salah satu komponen yang dimiliki air tebu adalah asam alfa hidroksi, khususnya asam glikolit. Komponen ini dipercaya memiliki efek antioksidan pada kulit. Kalau Anda mengonsumsinya secara teratur, peradangan dan infeksi pada kulit dapat diredakan.

Manfaat air tebu yang satu ini juga bisa mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan seperti keriput, dan menghilangkan bekas luka di kulit.

6. Cocok untuk ibu hamil

Karena masuk ke dalam golongan makanan dengan indeks glikemik rendah, air tebu bisa menjadi “sahabat setia” untuk bumil alias ibu hamil. Saat dikonsumsi ketika masa kehamilan, air tebu bisa meningkatkan metabolisme dan pencernaan, mengurangi gejala mual-mual di pagi hari, dan memberikan energi untuk menjalani hari.

Manfaat air tebu lainnya untuk ibu hamil adalah menghilangkan sembelit, yang menjadi gejala umum pada ibu hamil. Namun tetap saja, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, sebelum mengonsumsi air tebu saat sedang hamil.

7. Menyegarkan napas dan menguatkan gigi

Air tebu mengandung kalsium dan fosfor yang bisa memproteksi enamel (jaringan luar gigi), melindungi gigi dari kerusakan, dan memperkuat gigi secara keseluruhan. Kandungan tinggi nutrisi dalam air tebu juga membuat napas lebih segar.

8. Menurunkan kolesterol

Beberapa studi telah membuktikan, meminum air tebu mentah bisa menurunkan kolesterol, baik itu LDL (kolesterol jahat) atau trigliserida. Dengan begitu, kesehatan jantung Anda bisa terjaga.

Selain itu, kandungan kalium dalam air tebu, dipercaya bisa meredakan ketegangan pada pembuluh darah dan arteri. Tekanan darah pun jadi turun, dan risiko serangan jantung bisa dikurangi.

Efek samping air tebu

Hanya dengan mengonsumsi satu gelas air tebu per hari, Anda sudah bisa merasakan manfaatnya. Jika lebih dari satu gelas, ada risiko efek samping berupa:

Maka dari itu, sebelum Anda mengonsumsi air tebu secara rutin, berkonsultasilah dengan dokter, untuk mengetahui rekomendais porsinya. Hal ini dilakukan untuk menghindari munculnya efek samping yang merugikan kesehatan.

Selain itu, sebisa mungkin hindari air tebu kemasan dan pilihlah air tebu yang langsung diekstrak dari tebunya, tanpa adanya tambahan air dan gula.

Organic Facts. https://www.organicfacts.net/sugarcane-juice.html
Diakses pada 30 Desember 2019

Livestrong. https://www.livestrong.com/article/495010-what-are-the-health-benefits-of-sugarcane/
Diakses pada 30 Desember 2019

Artikel Terkait