Manfaat masker tomat: hilangkan jerawat hingga cegah penuaan dini
Manfaat masker tomat untuk kesehatan kulit salah satunya adalah untuk mengilangkan jerawat

Kandungan vitamin dan mineralnya yang tinggi, membuat tomat dinobatkan sebagai salah satu superfood. Ternyata, manfaat buah ini tidak hanya muncul ketika dimakan, tapi juga ketika digunakan sebagai masker. Apa saja manfaat masker tomat yang bisa Anda rasakan?

Kulit yang kencang, cerah, dan halus bisa Anda dapatkan sebagai bagian dari manfaat masker tomat. Selain alami, masker tomat juga mudah untuk dibuat. Anda cukup menyisihkan beberapa menit dan menambahkan beberapa bahan lain, yang mudah didapatkan di rumah.

Mudah, murah, dan alami tentu jadi kombinasi yang menggiurkan untuk merasakan manfaat masker tomat. Sudah tidak sabar untuk mengulik skin care dari alam yang satu ini?

Manfaat masker tomat untuk kulit

Sebelum mempelajari cara membuatnya, ada baiknya Anda memahami dulu manfaat masker tomat untuk kulit yang beragam, seperti di bawah ini.

• Membantu pencegahan kerusakan sel kulit wajah

Paparan radikal bebas berlebih, dapat merusak sel-sel di kulit dan meningkatkan risiko penuaan dini, serta membuat kulit wajah berkerut. Beruntung, antioksidan pada pada tomat, bisa membantu mencegah kerusakan tersebut.

• Memenuhi kebutuhan atas kolagen

Kolagen adalah komponen penting untuk menjaga kulit tetap terlihat kencang dan sehat. Agar produksi kolagen di tubuh tetap bisa terpenuhi, maka kita perlu mengonsumsi vitamin C dengan cukup. Untuk kebutuhan yang satu ini, tomat bisa menjadi pilihan.

Kandungan vitamin C dalam tomat juga dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, polusi, dan asap.

• Mengurangi jerawat dan minyak di wajah

Tomat merupakan bahan yang tepat untuk bantu mengurangi minyak di wajah. Sebab, asam yang ada pada tomat, dapat membantu mengontrol penumpukan minyak di pori-pori.

Kandungan antioksidan, vitamin dan mineral yang ada pada tomat, juga berguna untuk menghilangkan tumpukan debu dan kotoran lain dari kulit wajah. Buah yang satu ini pun mengandung asam salisilat. Oleh karena itu, masker tomat dipercaya dapat membantu mencegah munculnya jerawat.

• Melembapkan kulit

Kulit kering bisa menjadi biang berbagai masalah, mulai dari jerawat hingga gatal dan mengelupas. Untuk mengatasinya, gunakan losion maupun krim pelembap setiap hari, dan pakai masker tomat beberapa kali dalam seminggu.

• Menghilangkan sel kulit mati secara alami

Masker tomat juga dapat digunakan sebagai scrub alami untuk membantu mengangkat sel kulit mati. Manfaat masker tomat yang satu ini, diperoleh dari enzim yang di dalamnya.

Perlu diingat bahwa sebagian manfaat masker tomat di atas, masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Sehingga, gunakan masker tomat dengan wajar. Untuk mencobanya, lakukan langkah-langkah berikut ini untuk membuat masker tomat.

Cara membuat masker tomat

Mudah dan murah, cara membuat masker tomat di bawah ini bisa segera Anda coba di rumah.

• Cara membuat masker tomat dan yogurt

Dengan masker ini, Anda bisa merasakan manfaat masker tomat dan manfaat yogurt sekaligus, untuk wajah. Cukup campurkan tomat yang sudah dihaluskan dengan yogurt, lalu oleskan ke wajah dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu, bilas wajah hingga bersih dengan air hangat.

• Cara membuat masket tomat dan gula

Masker tomat dan gula, bisa digunakan layaknya scrub untuk membantu eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati. Berikut cara membuat dan menggunakannya.

  • Campurkan 1 sendok teh gula dengan satu buah tomat dan ambil dagingnya saja.
  • Oleskan campuran tersebut ke kulit wajah dengan gerakan memutar.
  • Diamkan masker tersebut selama 5 menit.
  • Bilas masker hingga bersih menggunakan air hangat, lalu keringkan wjah.

• Cara membuat masker tomat dan timun

Campuran kedua bahan ini, bisa membantu mengurangi minyak di wajah dan mencegah munculnya jerawat. Untuk membuat dan menggunakannya, berikut ini langkah yang perlu dilakukan:

  • Ambil 2-3 sendok teh jus tomat.
  • Campurkan beberapa tetes ekstrak timun.
  • Gunakan kapas yang sudah dibentuk seperti bola, untuk mengoleskan campuran tersebut secara merata ke wajah.
  • Ulangi hingga wajah terasa bersih.

Perhatikan juga risiko efek sampingnya

Meski tomat adalah bahan alami dan memiliki banyak manfaat, bukan berarti Anda tidak perlu mewasapadai risiko efek samping yang mungkin terjadi. Sebab secara alami, tomat adalah buah yang bersifat asam.

Sifat asam yang ada pada tomat sebaiknya diwaspadai oleh orang yang berkulit sensitif. Selain itu, sebelum menggunakan masker tomat di wajah, pastikan Anda tidak alergi terhadap tomat.

Anda disarankan untuk mengoleskan sedikit tomat ke kulit tangan, dan menunggu beberapa menit untuk melihat reaksinya. Jika baik-baik saja, barulah oleskan masker tomat ke wajah.

Namun, jika timbul tanda-tanda alergi, maka sebaiknya jangan gunakan tomat sebagai bahan perawatan kulit Anda. Gejala alergi yang mungkin muncul di antaranya:

  • Kemerahan
  • Gatal
  • Bentol-bentol
  • Iritasi

Segera hubungi dokter apabila ada gejala alergi yang timbul, sebelum kondisi bertambah parah.

Setelah melihat manfaat masker tomat serta cara membuat maupun risikonya, Anda dapat mulai mencoba metode ini di rumah. Selain itu, agar kulit sehat yang didambakan bisa didapatkan, sertai juga penggunaan masker tomat dengan langkah perawatan lain seperti menggunakan sunscreen, dan rutin membersihkan wajah.

Namun ingat, jangan jadikan masker tomat sebagai solusi utama masalah kulit Anda. Tetaplah berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan perawatan utama untuk kulit.

Healthline. https://www.healthline.com/health/tomato-benefits-for-skin#potential-benefits
Diakses pada 6 Desember 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/273031.php#benefits
Diakses pada 6 Desember 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-oily-skin
Diakses pada 6 Desember 2019

New Health Guide. https://www.newhealthguide.org/Tomato-For-Skin.html
Diakses pada 6 Desember 2019

Artikel Terkait