Manfaat dan Efek Samping Rambutan untuk Ibu Hamil

Rambutan untuk ibu hamil ternyata menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan.
Buah rambutan untuk ibu hamil bermanfaat untuk melancarkan pencernaan.

Kehamilan bisa membuat ibu hamil ingin makan berbagai buah yang menyegarkan. Tak terkecuali rambutan. Ternyata selain menyegarkan, buah rambutan untuk ibu hamil juga banyak manfaatnya untuk kesehatan, termasuk janin.

Meski demikian, buah yang banyak ditemukan tumbuh di kawasan Asia Tenggara ini juga memiliki efek samping yang membahayakan bumil jika dikonsumsi secara berlebihan.

Rambutan untuk ibu hamil, ini manfaatnya

Kandungan serat, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, zinc, dan vitamin C dalam rambutan bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Seperti apa manfaat rambutan untuk ibu hamil?

1. Melancarkan sistem pencernaan

Manfaat rambutan untuk ibu hamil yang pertama adalah melancarkan sistem pencernaan. Kandungan serat dan air dalam rambutan dapat melancarkan sistem pencernaan dan membuat tekstur feses menjadi lunak. Dengan begini, bumil tidak akan sembelit.

Selain itu, kandungan nutrisi dalam rambutan juga berfungsi mencegah risiko terjadinya gangguan usus, seperti peradangan pada usus besar.

2. Meningkatkan persediaan darah

Mengonsumsi rambutan untuk ibu hamil bisa meningkatkan pasokan sel darah.

Ibu hamil sangat membutuhkan banyak pasokan darah, tak hanya bagi dirinya sendiri, tapi juga untuk memenuhi pasokan darah bagi janin. Untuk memproduksi sel darah, tubuh membutuhkan zat besi yang diperoleh dari rambutan.

Tak hanya kaya zat besi, buah rambutan juga mengandung vitamin C untuk meningkatkan kemampuan tubuh menyerap zat besi secara maksimal. Kandungan zat besi dalam rambutan juga dapat menghindarkan bumil dari risiko anemia saat proses persalinan.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Rambutan mengandung antioksidan vitamin C dan berbagai nutrisi yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C dalam rambutan berfungsi untuk meningkatkan produksi sel darah putih yang dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi.

4. Membantu pembentukan tulang janin

Manfaat rambutan untuk ibu hamil selanjutnya yaitu membantu proses pembentukan tulang janin. Asupan kalsium dalam rambutan yang begitu tinggi sangat diperlukan untuk membantu proses pembentukan tulang janin.

5. Mencegah kanker

Mengonsumsi buah rambutan juga bisa mencegah risiko terjadinya kanker. Sebab, kandungan antioksidan dalam rambutan berfungsi melawan penyebaran dan pertumbuhan sel kanker.

6. Menurunkan kolesterol

Sebuah studi pada hewan mengungkapkan bahwa ekstrak kulit rambutan dapat mengurangi kadar kolsterol total dan trigliserida. Namun penelitian ini masih sebatas pada hewan, butuh penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi manfaat ini pada manusia.

7. Mencegah diabetes

Kandungan nutrisi dalam ekstrak kulit rambutan juga berfungsi untuk mengontrol kadar gula darah dan mengingkatkan sensitivitas insulin yang dapat mencegah penyakit diabetes.

Namun, efek samping rambutan untuk ibu hamil juga harus diwaspadai

Kendati manfaat rambutan untuk ibu hamil begitu banyak, bumil juga harus memperhatikan kadar asupan buah satu ini. Sebab jika berlebihan, buah rambutan justru dapat membahayakan kesehatan bumil, dan memicu penyakit maupun kondisi berikut ini.

  • Diabetes gestasional:

    Ibu hamil sangat rentan mengalami diabetes gestasional. Diabetes yang hanya terjadi pada ibu hamil ini rentan muncul pada trimester kedua kehamilan.
    Kandungan gula dalam rambutan yang begitu tinggi, meningkatkan risiko bumil terhadap diabetes gestasional. Untuk menghindarinya, ibu hamil harus menakar asupan rambutan secukupnya agar tidak berlebihan.
  • Hipertensi:

    Kandungan natrium yang begitu tinggi dapat meningkatkan risiko hipertensi atau tekanan darah tinggi pada ibu hamil. Oleh karena itu, bumil sebaiknya hanya mengonsumsi rambutan dalam jumlah secukupnya.

Selain rambutan, ini pilihan buah segar untuk bumil

Tak hanya rambutan, deretan buah berikut ini juga dikenal menyegarkan dan menyehatkan bumil, termasuk meredakan mual selama kehamilan.

1. Jeruk

Kandungan vitamin B dan vitamin C pada jeruk bermanfaat untuk mencegah janin mengalami cacat tabung saraf.

Selain itu, vitamin C pada jeruk juga bermanfaat sebagai antioksidan untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta membantu tubuh menyerap zat besi secara maksimal.

2. Mangga

Kandungan vitamin A dan vitamin C pada mangga berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, serta menghindarkan janin dari komplikasi penyakit seperti diare dan infeksi saluran pernapasan.

3. Alpukat

Alpukat mengandung begitu banyak nutrisi yang bermanfaat untuk ibu hamil, seperti vitamin B, C, K, serta serat, kolin, kalium dan magnesium. Untuk ibu hamil, deretan nutrisi tersebut bermanfaat untuk mengatasi mual, mengurangi gejala kram kaki dan meningkatkan produksi hemoglobin yang sangat dibutuhkan ibu hamil.

4. Pisang

Kandungan vitamin B6, C dan serat pada pisang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan ibu hamil. Pisang yang merupakan sumber kalium ini bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, menurunkan risiko depresi, serta membantu bumil mengatasi gejala mual dan muntah di awal kehamilan.

Catatan dari SehatQ:

Seperti halnya buah-buahan lain, mengonsumsi rambutan tentu berguna baik kesehatan, termasuk selama kehamilan. Meski demikian, jangan mengonsumsinya berlebihan. Tentu Anda tidak mau kan, malah merasakan efek samping merugikan, karena mengonsumsi buah terlalu banyak?

Healthline.
https://www.healthline.com/health/pregnancy/best-fruits-to-eat#nutritious-fruits
Diakses pada 16 Maret 2020

Healthline.
https://www.healthline.com/nutrition/rambutan#nutrition
Diakses pada 16 Maret 2020

Mom Junction.
https://www.momjunction.com/articles/rambutan-during-pregnancy_00378529/
Diakses pada 16 Maret 2020

Kementerian Kesehatan RI.
http://www.panganku.org/id-ID/view
Diakses pada 16 Maret 2020

Artikel Terkait