Rambut Rontok saat Haid? Ikuti Tips Pencegahannya Berikut Ini


Rambut rontok saat haid umumnya disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon serta anemia akibat kekurangan zat besi. Beberapa tips pencegahannya adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi zat besi dan menjaga kesehatan rambut.

0,0
10 Nov 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Rambut rontok saat haid bisa disebabkan oleh anemia dan perubahan hormonRambut rontok saat haid bisa disebabkan oleh anemia
Rambut rontok saat haid mungkin menjadi salah satu kondisi yang cukup merisaukan. Pasalnya, bagi beberapa wanita, rambut dianggap sebagai mahkota yang memengaruhi penampilan.
Saat haid wanita umumnya mengalami berbagai gejala yang tidak dialami pada hari-hari normal biasanya. Rambut rontok saat haid merupakan salah satu kondisi yang wajar dan umumnya bersifat sementara. Berikut pembahasan lebih lanjut mengenai penyebab rambut rontok saat haid pada artikel ini.

Penyebab rambut rontok saat haid

Penyebab rambut rontok saat haid salah satunya karena perdarahan yang banyak
Perdarahan yang banyak bisa menyebabkan rambut rontok saat haid
Setiap wanita dapat mengalami kondisi berbeda-beda saat sedang menjalani masa haid. Pada dasarnya tidak semua wanita yang sedang haid pasti mengalami rambut rontok.
Penyebab umum terjadinya rambut rontok saat haid antara lain karena ketidakseimbangan hormon serta adanya gangguan kesehatan seperti anemia defisiensi besi.
  • Hormon tidak seimbang

Rambut rontok juga bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon dan ada beberapa kondisi yang membuat kadar hormon di tubuh berubah, salah satunya saat menjelang menopause atau perimenopause.Wanita yang sudah memasuki masa perimenopause masih bisa haid, tapi biasanya lebih tidak teratur. Apabila kerontokan rambut saat haid terjadi saat Anda sudah memasuki usia sekitar 40 tahun, mungkin kondisi ini ada hubuangannya dengan perubahan hormon akibat perimenopause.Ketika memasuki masa menopause, maka kerontokan rambut yang terjadi bisa semakin parah karena kadar hormon estrogen dan progesteron di tubuh akan menurun drastis. Di saat yang bersamaan, hormon androgen meningkat. Hal ini menyebabkan folikel rambut mengecil, sehingga rambut jadi rontok. 
  • Anemia defisiensi besi

Wanita yang saat haid mengalami perdarahan yang cukup banyak juga bisa mengalami kerontokan rambut.Pasalnya, kehilangan banyak darah bisa memicu anemia dan penyakit ini bisa menyebabkan rambut menjadi rontok. Saat perdarahan banyak terjadi, Anda dapat kehilangan lebih banyak sel darah merah dibandingkan jumlah yang mampu diproduksi oleh tubuh. Hal tersebut dapat mengakibatkan berkurangnya jumlah zat besi dalam tubuh. Pada akhirnya tubuh akan kesulitan membuat cukup hemoglobin yang dibutuhkan untuk mengedarkan oksigen. Oksigen diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel di dalam tubuh, termasuk sel-sel yang merangsang pertumbuhan rambut. Terlebih lagi, saat kekurangan zat besi, tubuh akan mengambil dari folikel rambut untuk memenuhi kebutuhannya yang lebih penting, seperti memproduksi sel darah merah. Inilah sebabnya anemia defisiensi besi pada saat menstruasi deras dapat menyebabkan rambut rontok saat haid. Baca Juga: Rambut Rontok Saat Menyusui, Ini Penyebab dan Solusinya

Cara mencegah rambut rontok saat haid

Makanan tinggi zat besi bisa mencegah rambut rontok saat haid
Rambut rontok saat haid bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan tinggi zat besi
Merawat rambut dengan baik dapat membantu mengurangi kerontokan. Rambut rontok saat haid karena ketidakseimbangan hormon merupakan kondisi yang sulit dicegah. Namun rambut rontok saat haid disebabkan oleh anemia defisiensi besi dapat dicegah dengan menjaga asupan zat besi.

1. Memaksimalkan asupan zat besi

Untuk mencegah dan mengatasi anemia defisiensi besi yang menyebabkan rambut rontok saat haid, Anda dapat memaksimalkan asupan zat besi dengan cara:
  • Konsumsi makanan sumber zat besi seperti daging merah, kalkun, bayam, kacang polong dan kerang.
  • Konsumsi makanan yang membantu penyerapan zat besi seperti vitamin C. Contohnya adalah jambu biji, kiwi, jeruk, stroberi, lemon, brokoli, bayam dan kangkung.
  • Batasi konsumsi makanan yang dapat mempersulit penyerapan zat besi oleh tubuh seperti kopi, teh, kalsium dan magnesium.
Jika Anda memiliki anemia defisiensi besi, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen kalsium.

2. Menjaga suasana hati

Pada wanita yang sudah mengalami menopause dan memiliki rambut rontok, mengurangi stres dan menjaga suasana hati dianggap bisa membantu mencegah kerontokan lebih lanjut.Hal yang sama mungkin bisa diterapkan juga pada Anda yang kerap mengalami rambut rontok saat haid. Sebab, stres bisa mengacaukan keseimbangan hormon di tubuh. Dengan menjaga suasana hati tetap gembira, maka faktor risiko rambut rontok bisa dihindari.Anda dapat melakukan latihan seperti yoga yang dapat menenangkan pikiran, serta berolahraga untuk meningkatkan suasana hati. Olahraga merupakan kunci untuk gaya hidup sehat dan pada akhirnya akan memberikan manfaat yang jauh lebih luas daripada hanya mencegah rambut rontok saat haid.

3. Biarkan rambut terurai

Mengikat rambut terlalu kencang dapat menyebabkan kerusakan dan kerontokan yang lebih parah saat haid. Selain itu, sebaiknya tutupi rambut ketika keluar rumah saat hari sedang sangat panas dan berangin.

4. Rawat rambut dengan lembut

Kerontokan biasanya semakin parah saat keramas, serta saat menyisirnya dengan kasar. Maka sebaiknya cuci rambut dengan lembut, demikian juga saat menyisirnya menggunakan sisir bergigi renggang. Hal ini dapat menghindari rambut tercabut lebih banyak saat perawatan.

5. Hindari perawatan yang keras

Jika rambut rontok saat haid, sebaiknya hindari penggunaan:
  • Bahan kimia dan pewarna rambut
  • Peralatan berbasis panas seperti pengering dan pengeriting rambut
Jika Anda terpaksa menggunakannya, sebaiknya ikuti petunjuk untuk melindungi atau mintalah bantuan profesional.
Itulah penyebab dan cara mencegah rambut rontok saat haid. Jika kondisi ini terus berlangsung setelah masa haid selesai, ada baiknya Anda memeriksakan kondisi tersebut pada ahlinya.
siklus haidrambut rontokkesehatan rambut
Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/16921-hair-loss-in-women
Diakses 25 Oktober 2021
Medicine Net. https://www.medicinenet.com/hair_loss_and_irregular_menstrual_periods/multisymptoms.htm
Diakses 25 Oktober 2021
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/hair-loss-and-fibroids-link-4157836
Diakses 25 Oktober 2021
Heathline. https://www.healthline.com/health/anemia-period#prevention
Diakses 25 Oktober 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/menopause/hair-loss
Diakses 25 Oktober 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/iron-deficiency-and-hair-loss
Diakses 25 Oktober 2021
Patient Info
https://patient.info/news-and-features/does-the-menopause-cause-hair-loss
Diakses 25 Oktober 2021
E Jurnal Kesehatan Dharma Husada Bandung
http://ejurnal.stikesdhb.ac.id/index.php/Jsm/article/view/108
Diakses 25 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait