Berbagai Cara Menumbuhkan Rambut Botak dengan Cepat


Cara menumbuhkan rambut botak bisa dengan mencukupi asupan nutrisi tubuh, mengoleskan minyak esensial, memijat kulit kepala, hingga menggunakan salep topikal. Anda juga dapat menggunakan cara alami menumbuhkan rambut, seperti lidah buaya dan minyak kelapa.

0,0
08 Oct 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara menumbuhkan rambut botak bisa dengan cara alamiCara menumbuhkan rambut dengan cepat bisa dilakukan di rumah
Sebagian orang mungkin pernah mengalami fase rambut rontok hingga lama-lama menipis dalam perjalanan usianya. Bagi yang sedang mengalami fase rambut rontok atau ancaman kebotakan, ada beberapa pilihan cara menumbuhkan rambut dengan cepat yang bisa dilakukan.
Penyebab rambut rontok hingga lama-lama menipis umumnya bermacam-macam. Mulai dari stres, masalah hormonal, penyakit, penggunaan obat tertentu, hingga faktor keturunan.

Sekilas mengenai proses pertumbuhan rambut

Rambut manusia sejatinya terdiri dari beberapa bagian. Mulai dari folikel berupa kantong dalam kulit kepala yang menjadi tempat rambut tumbuh, dan batang rambut yang tumbuh di atas kulit kepala.Di dalam dasar folikel, sel-sel rambut memproduksi helai rambut dari sejenis protein yang disebut keratinPembuluh darah di sekitar folikel akan mengantarkan nutrisi dan hormon yang berkaitan dengan pertumbuhan dan pembentukan struktur rambut. 
Rambut botak dapat diatasi dengan berbagai bahan alami
Rambut botak dapat diatasi dengan bahan alami
Seperti halnya semua sel tubuh, folikel rambut memiliki siklus aktivitas. Dalam proses produksi rambut, folikel akan memproduksi dan merontokkan antara 50-100 helai rambut per hari. Tiap folikel juga akan terus bekerja memproduksi rambut selama 2-6 tahun, lalu beristirahat selama beberapa bulan tanpa produksi.Di kulit kepala, ada sekitar 100 ribu folikel rambut yang beristirahat secara bergantian. Oleh karena itu, kerontokan rambut tidak terlalu kentara. Anda baru menyadari rambut makin tipis saat terjadi gangguan dalam siklus pertumbuhan dan kerontokan rambut tersebut.

Cara menumbuhkan rambut dengan cepat

Untuk merangsang aktivitas folikel-folikel dan kembali menumbuhkan rambut secara cepat, dibutuhkan usaha yang tidak sebentar. Hasilnya juga butuh waktu beberapa bulan agar bisa kelihatan.Berikut adalah berbagai cara menumbuhkan rambut dengan cepat yang bisa dilakukan.

1. Cukupi kebutuhan vitamin dan nutrisi tubuh

Salah satu cara menumbuhkan rambut botak yang paling mudah adalah dengan mencukupi kebutuhan nutrisi dan vitamin dalam tubuh. Pada dasarnya, mengonsumsi vitamin, mineral, serta nutrisi yang cukup tidak akan serta-merta membuat rambut cepat tumbuh.Namun, tubuh membutuhkan energi untuk memproduksi sel rambut dan menumbuhkan rambut. Jika kekurangan nutrisi, rambut akan tumbuh lebih lambat.
Cara menumbuhkan rambut dengan asupan nutrisi yang tepat
Salmon mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan rambut
Nah, yang paling baik untuk mendapat asupan vitamin dan mineral secara alami berasal dari makanan sehari-hari, seperti:
  • Asam lemak omega-6 dan omega-3, yang berasal dari kacang-kacangan, salmon, tuna, alpukat, dan bayam. Studi yang dimuat dalam Journal of Cosmetology melaporkan, kelompok yang mengonsumsi makanan dan suplemen omega-3 dan omega-6 cenderung mengalami kerontokan rambut yang lebih sedikit. 
  • Vitamin B5 dan biotin, seperti kacang-kacangan dan telur. Penelitian dalam jurnal Hindawi menyebutkan, konsumsi suplemen yang mengandung biotin dan zinc mampu menurunkan kerontokan rambut dan meningkatkan kesehatan rambut. 
  • Vitamin C yang berasal dari buah-buahan dan sayuran. Efek antioksidan vitamin C dapat membantu kekuatan dan warna rambut. 

2. Konsumsi lebih banyak protein

Selain berbagai vitamin dan mineral di atas, cara menumbuhkan rambut botak juga perlu mengonsumsi lebih banyak protein.Protein berfungsi membantu pertumbuhan rambut dan melindunginya dari kerusakan. Jika Anda termasuk orang yang sering menata rambut menggunakan panas dan bahan kimia, konsumsi protein akan sangat bermanfaat.Anda bisa mengonsumsi lebih banyak sumber protein dalam menu sehari-hari. Misalnya, yang berasal dari daging, ikan, telur, susu, yogurt, dan sebagainya. Namun, perhatikan agar jumlahnya tidak berlebihan agar tidak memengaruhi kesehatan Anda secara keseluruhan.Anda juga dapat memakai produk perawatan rambut yang mengandung protein atau mengoleskan minyak kelapa sebagai perawatan rambut.

3. Gunakan minyak esensial

Penggunaan minyak esensial bisa menjadi pilihan cara menumbuhkan rambut dengan cepat. Hal ini dibuktikan oleh sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Hindawi yang mengemukakan, minyak biji labu dapat meningkatkan pertumbuhan rambut pria yang mengalami penipisan rambut. Penelitian tersebut melaporkan bahwa pemberian dosis 400 miligram minyak biji labu dalam bentuk kapsul dapat membantu menumbuhkan rambut priaSetelah 24 minggu, para peserta yang mengonsumsi minyak biji labu mengalami peningkatan jumlah rambut sebesar 40%.Tak hanya minyak biji labu, Anda bisa menggunakan minyak esensial untuk rambut lainnya, seperti rosemary oil dan peppermint oil
Minyak esensial sebagai cara menumbuhkan rambut botak
Minyak rosemary baik untuk pertumbuhan rambut
Manfaat minyak rosemary untuk rambut dibuktikan dalam sebuah studi yang dimuat NCBI dapat merangsang pertumbuhan rambut.Untuk menggunakannya, Anda bisa menuangkan beberapa tetes minyak alami esensial pada sampo. Anda juga dapat mencampurnya dengan carrier oil atau minyak pelarut yang sekaligus bermanfaat dalam mencegah kerusakan rambut. Misalnya, minyak kelapa, minyak bunga matahari, atau castor oil

4. Konsumsi suplemen keratin

Cara menumbuhkan rambut dengan cepat bisa melalui konsumsi suplemen keratin. Sebuah studi yang dimuat dalam The Scientific World Journal menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi 500 gram suplemen yang mengandung keratin, vitamin, dan mineral lainnya mengalami peningkatan kualitas rambut sehat, seperti:
  • Mengurangi rambut rontok sebanyak 12.5%.
  • Meningkatkan kekuatan rambut sebesar 5.9%.
  • Meningkatkan kilau rambut.

5. Pijat kulit kepala

Memijat kulit kepala dapat dijadikan sebagai cara alami menumbuhkan rambut botak. Langkah ini  dipercaya dapat membantu merangsang sirkulasi darah di bawah kulit sehingga memicu pertumbuhan rambut.Selain itu, sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Plastic Surgery mengemukakan, memijat kulit kepala dapat meningkatkan kesehatan rambut.
Pijat kulit kepala sebagai cara menumbuhkan rambut rontok
Anda bisa memijat kulit kepala saat sedang keramas
Studi tersebut melaporkan, pijat kulit kepala selama 4 menit selama 24 minggu berturut-turut dapat melebatkan rambut priaMeski belum banyak penelitian khusus mengenai hal ini, tidak ada salahnya Anda memijat kulit kepala, terutama saat keramas. Tak hanya sebagai cara alami menumbuhkan rambut, langkah ini dapat membuat kulit kepala menjadi lebih rileks dan bersih.

6. Oleskan salep topikal 

Anda juga dapat mengoleskan salep topikal sebagai cara menumbuhkan rambut dengan cepat. Akan tetapi, penggunaan salep topikal biasanya dikhususkan untuk orang yang mengalami kerontokan parah dan alopecia. Beberapa studi menunjukkan cara ini efektif untuk merangsang pertumbuhan rambut. Namun perlu diingat, penggunaan salep topikal sebagai cara menumbuhkan rambut botak sebaiknya dilakukan atas saran dokter. Maka dari itu, Anda dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu untuk mendapatkan rekomendasi salep topikal yang tepat sesuai kondisi Anda. Adapun berbagai macam salep topikal yang umum digunakan, yakni: Baca Juga: Cara Memanjangkan Rambut Secara Alami dengan Cepat

Bahan alami untuk menumbuhkan rambut botak

Selain melakukan berbagai cara di atas, Anda dapat mengandalkan bahan alami untuk menumbuhkan rambut. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa berbagai bahan alami ini mungkin masih membutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikan efektivitasnya. Jadi, pastikan Anda melakukan tes pada kulit punggung tangan dulu untuk mencegah efek samping yang mungkin terjadi.Berikut adalah berbagai cara menumbuhkan rambut botak dan rontok yang bisa dilakukan.

1. Lidah buaya

Lidah buaya sudah sejak lama digunakan sebagai cara alami menumbuhkan rambut botak.Tumbuhan satu ini dipercaya dapat membuat kulit kepala dan rambut menjadi lebih sehat dan mudah diatur. Manfaat lidah buaya untuk rambut juga dapat membantu mengurangi ketombe dan mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit kepala. Cara memakai lidah buaya untuk menumbuhkan rambut, yakni cukup mengoleskan gel lidah buaya ke kulit kepala dan rambut tiap beberapa kali dalam seminggu. 

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa sebagai cara menumbuhkan rambut dengan cepat
Oleskan minyak kelapa ke kulit kepala
Minyak kelapa dipercaya sebagai obat alami penumbuh  rambut botak karena mengandung asam lemak baik yang dapat menembus ke dalam lapisan batang rambut.Anda dapat memperoleh manfaat minyak kelapa untuk rambut ini dengan cara mengoleskannya ke kulit kepala, baik sebelum atau sesudah keramas. Jika rambut Anda cenderung berminyak, oleskan minyak kelapa sebelum tidur atau beberapa jam sebelum keramas.

3. Bawang bombay

Tahukah Anda kalau jus bawang bombay dapat dijadikan pilihan cara alami menumbuhkan rambut botak?Menurut sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Dermatology, jus bawang bombay terbukti dapat menumbuhkan rambut pada penderita alopecia areata dengan cara menstimulasi pertumbuhan rambut.Tidak hanya itu, jus bawang bombay juga dipercaya dapat meningkatkan aliran darah sehingga pertumbuhan rambut jadi lebih lancar.Dalam sebuah studi pada hewan uji, jus bawang bombay terbukti bisa meningkatkan pertumbuhan keratin (protein pembentuk rambut).Jika Anda tertarik menggunakan obat alami penumbuh rambut botak ini, coba haluskan bawang bombay, kemudian saring untuk mendapatkan airnya. Setelah itu, oleskan ke kulit kepala dan diamkan selama 15 menit, lalu keramas hingga bersih.

4. Air perasan lemon

Air perasan lemon sebagai cara alami menumbuhkan rambut
Gunakan air perasan lemon ke kulit kepala dan rambut
Penggunaan air perasan lemon segar untuk rambut dipercaya dapat merangsang pertumbuhan rambut dan memperbaiki kualitas helaiannya. Cara alami menumbuhkan rambut dengan bahan alami ini, yaitu cukup oleskan air perasan lemon ke kulit kepala dan helaian rambut secara merata. Kemudian, diamkan selama 15 menit sebelum membilasnya dengan air. Selain menggunakan air perasan lemon segar, Anda bisa menggunakan minyak esensial lemon yang dilarutkan dengan carrier oil sebagai masker rambut alami.

5. Teh hijau

Cara alami menumbuhkan rambut lainnya bisa dengan teh hijau. Kandungan epigallocatechin gallate (EGCG) dalam teh hijau dapat mencegah kerontokan rambut dengan menghambat aktivitas hormon yang memicu rambut rontok. Selain itu, EGCG juga dapat merangsang pertumbuhan folikel rambut sehingga membuat rambut menjadi lebih lebat. Anda bisa mencoba manfaat teh hijau ini dengan cara mengoleskan seduhan teh hijau dingin pada kulit kepala secara merata. Jika ingin praktis, gunakan sampo dan kondisioner yang mengandung teh hijau. Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikan efektivitasnya. Beberapa cara cepat menumbuhkan rambut di atas bisa Anda lakukan di rumah. Jika tidak berhasil, tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter kulit. Dokter mungkin akan memberikan rekomendasi penanganan sesuai dengan kondisi rambut yang Anda alami. Tergantung penyebabnya, dokter mungkin akan meresepkan suplemen kesehatan tertentu. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar cara cepat menumbuhkan rambut, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
rambut rontokkulit dan kecantikanbotakkesehatan rambutkebotakan
Healthline. https://www.healthline.com/health/hair-loss-treatments-for-men
Diakses pada 24 September 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320155#lifestyle-techniques-and-methods
Diakses pada 24 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/hair-loss-prevention#2
Diakses pada 26 Agustus 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/grow-hair-faster
Diakses pada 8 Oktober 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/best-vitamins-hair-growth#TOC_TITLE_HDR_3
Diakses pada 8 Oktober 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/green-tea-for-hair#how-to-use-it
Diakses pada 8 Oktober 2021
Journal of Dermatology. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/j.1346-8138.2002.tb00277.x
Diakses pada 8 Oktober 2021
Journal of the American College of Nutrition. https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/07315724.2018.1497562
Diakses pada 8 Oktober 2021
International Journal of Trichology. https://www.ijtrichology.com/article.asp?issn=0974-7753;year=2012;volume=4;issue=4;spage=236;epage=245;aulast=Fischer
Diakses pada 8 Oktober 2021
Hindawi. https://www.hindawi.com/journals/tswj/2014/641723/
Diakses pada 8 Oktober 2021
Hindawi. https://www.hindawi.com/journals/drp/2015/841570/
Diakses pada 8 Oktober 2021
Journal of Cosmetic Dermatology. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/jocd.12127
Diakses pada 8 Oktober 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/grow-hair-faster
Diakses pada 8 Oktober 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/best-vitamins-hair-growth#TOC_TITLE_HDR_3
Diakses pada 8 Oktober 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/green-tea-for-hair#how-to-use-it
Diakses pada 8 Oktober 2021
Journal of Dermatology. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/j.1346-8138.2002.tb00277.x
Diakses pada 8 Oktober 2021
Journal of the American College of Nutrition. https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/07315724.2018.1497562
Diakses pada 8 Oktober 2021
International Journal of Trichology. https://www.ijtrichology.com/article.asp?issn=0974-7753;year=2012;volume=4;issue=4;spage=236;epage=245;aulast=Fischer
Diakses pada 8 Oktober 2021
Hindawi. https://www.hindawi.com/journals/tswj/2014/641723/
Diakses pada 8 Oktober 2021
Hindawi. https://www.hindawi.com/journals/drp/2015/841570/
Diakses pada 8 Oktober 2021
Journal of Cosmetic Dermatology. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/jocd.12127
Diakses pada 8 Oktober 2021
National Library of Medicine. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4740347/
Diakses pada 8 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait