Rambut Botak Karena Rontok? Ini 10 Cara Alami untuk Mengatasinya

(0)
08 Oct 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Rambut botak dapat diatasi dengan bahan alami seperti lemon dan ginseng merah.Rambut botak akibat rontok? Coba saja oleskan perasan lemon atau jus bawang bombay!
Rambut botak yang disebabkan oleh kerontokan dapat menurunkan rasa percaya diri. Namun. tenang saja, ada banyak cara alami untuk menumbuhkan rambut botak yang sudah terbukti ampuh.

10 cara mengatasi rambut botak secara alami

Rambut botak dapat diatasi dengan berbagai bahan alami
Rambut botak dapat diatasi dengan bahan alami
Tidak selamanya kerontokan dan kebotakan rambut dapat dicegah, terutama saat sudah lanjut usia (lansia). Namun terdapat beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk memperlambat progresnya.Ditambah lagi, berbagai cara alami untuk mengatasi rambut botak ini sudah terbukti secara ilmiah. Bagi yang penasaran, berikut cara mengatasi kebotakan rambut secara alami:

1. Memijat kulit kepala

Memijat kulit kepala secara rutin dipercaya dapat mengembalikan dan merangsang pertumbuhan rambut. Dalam sebuah riset dibuktikan, memijat kulit kepala ampuh merangsang pertumbuhan rambut dan membuatnya tebal kembali.Tidak hanya meransang pertumbuhan rambut saja, memijat kulit kepala juga bisa mengurangi stres dan ketegangan.

2. Hindari produk perawatan rambut yang tak diperlukan

Beberapa produk perawatan rambut, misalnya cat rambut, mengandung bahan kimia yang dapat merusak rambut dan membuatnya rontok. Tidak heran jika rambut botak kerap terjadi.Mengeringkan rambut dengan hair dryer atau mesin pengering rambut juga dapat memicu kebotakan karena dapat merusak dan membakar rambut. Konsultasikan pada dokter untuk mengetahui produk perawatan rambut yang diperbolehkan atau tidak.

3. Ginseng merah

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi ginseng merah dipercaya dapat merangsang pertumbuhan rambut.Cara kerja ginseng merah dalam mengatasi rambut botak belum diketahui dengan jelas, tapi para ahli percaya bahwa tanaman ini bisa merangsang folikel rambut agar kembali subur.Sebelum mengonsumsi ginseng merah, terutama dalam bentuk suplemen, berkonsultasilah dulu pada dokter agar terhindar dari efek samping.

4. Lidah buaya

Lidah buaya adalah bahan alami yang sudah lama digunakan untuk mengatasi masalah rambut botak. Selain dapat melembapkan kulit kepala, lidah buaya dipercaya dapat membuka kembali folikel rambut yang tersumbat oleh minyak berlebih.Lidah buaya juga dianggap ampuh melawan ketombe yang membandel. Untuk mencobanya, iris lidah buaya dan oleskan gelnya secara rutin dalam seminggu.

5. Minyak kelapa

Minyak kelapa dipercaya dapat mengatasi rambut botak karena mengandung asam lemak baik yang bisa menembus ke batang rambut.Minyak ini dapat dioleskan ke kulit kepala, baik sebelum atau sesudah berkeramas. Jika rambut Anda cenderung berminyak, oleskanlah minyak kelapa sebelum tidur atau beberapa jam sebelum keramas.Meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan keampuhan minyak kelapa dalam mengatasi rambut botak akibat kerontokan.

6. Minyak ikan

Mengonsumsi asam lemak omega yang dikandung minyak ikan dianggap dapat merangsang pertumbuhan rambut dari dalam.Menurut sebuah riset, meminum suplemen asam lemak omega disertai dengan mengonsumsi makanan mengandung yang antioksidan, dapat meningkatkan ketebalan rambut. Ditambah lagi, minyak ikan dapat mencegah kerontokan.Ikutilah dosis yang sudah tertera pada kemasannya. Jika masih ragu juga, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui dosis tepatnya.

7. Jus bawang bombay

Jika Anda kuat dengan bau bawang bombay yang menyengat, coba oleskan jus bawang bombay ke kulit kepala. Menurut sebuah studi, jus bawang bombay dapat mengatasi alopecia areata (penyebab kerontokan rambut) dengan cara menstimulasi pertumbuhan rambut.Tidak hanya itu, jus bawang bombay juga dipercaya dapat meningkatkan aliran darah sehingga pertumbuhan rambut jadi lebih lancar.Dalam sebuah studi pada hewan uji, jus bawang bombay terbukti bisa meningkatkan pertumbuhan keratin (protein pembentuk rambut).Caranya cukup mudah, blender bawang bombay hingga halus, kemudian peraslah untuk mendapatkan cairannya. Setelah itu, oleskan di kulit kepala dan diamkan selama 15 menit, lalu keramas hingga bersih.

8. Minyak rosemary

Rosemary adalah tanaman herbal yang minyaknya dapat digunakan untuk mengatasi rambut botak. Dalam beberapa studi dibuktikan, minyak rosemary dapat merangsang pertumbuhan rambut dan digunakan untuk mengobati androgenetic alopecia (pola kebotakan pada pria).Campurkan sedikit minyak rosemary dengan minyak carrier, kemudian oleskan langsung di kulit kepala sambil memijatnya.Anda juga boleh meneteskan minyak rosemary ke dalam sampo atau conditioner. Namun ingat, jangan pernah mengoleskan minyak rosemary ke kulit tanpa minyak carrier.

9. Minyak geranium

Minyak geranium merupakan minyak atsiri atau essential oil yang bisa digunakan untuk mengatasi rambut botak. Menurut sebuah riset, minyak geranium dapat merangsang pertumbuhan rambut dan meningkatkan sirkulasi darah.Campurkan minyak geranium dengan minyak carrier, kemudian langsung oleskan di kulit kepala. Selain itu, Anda juga boleh mencampurkannya dengan sampo.

10. Lemon

Rambut botak dapat diatasi dengan perasan lemon
Coba gunakan perasan lemon untuk atasi rambut botak
Lemon, baik perasan atau minyak atsirinya, dapat digunakan untuk mengatasi kebotakan rambut. Buah ini dipercaya mampu meningkatkan kualitas rambut dan merangsang pertumbuhannya.Dalam sebuah riset dibuktikan bahwa lemon mampu menyehatkan kulit kepala sehingga pertumbuhan rambut pun terjaga.Oleskan perasan lemon ke kulit kepala dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilaslah hingga bersih menggunakan sampo. Selain itu, Anda juga boleh mengoleskan minyak atsiri lemon ke kulit kepala setelah mencampurkannya dengan minyak carrier.

Catatan dari SehatQ:

Meskipun berbagai studi telah menunjukkan hasil yang menjanjikan, Anda tetap disarankan untuk berkonsultasi dulu pada dokter sebelum menggunakan bahan-bahan alami di atas. Hal ini dilakukan guna menghindari efek samping.Untuk Anda yang sedang mengalami rambut botak akibat kerontokan, segera konsultasi langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
rambut rontokkulit dan kecantikanbotakkesehatan rambutkebotakan
Healthline. https://www.healthline.com/health/hair-loss-treatments-for-men
Diakses pada 24 September 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320155#lifestyle-techniques-and-methods
Diakses pada 24 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait