logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kulit & Kecantikan

Cara Keramas yang Baik dan Benar agar Rambut Senantiasa Sehat

open-summary

Cara keramas yang benar serta menggunakan produk perawatan rambut dengan tepat akan membuat rambut tumbuh sehat. Namun, perhatikan pula kapan dan berapa kali harus keramas rambut agar manfaat yang didapat bisa maksimal.


close-summary

9 Des 2019

| Azelia Trifiana

Keramas yang benar dengan memilih sampo yang tepat

Cara keramas yang benar bukan hanya menggosok rambut dengan sampo saja

Table of Content

  • Bagaimana cara keramas yang benar?
  • Apakah boleh keramas tidak pakai sampo?
  • Berapa kali keramas yang baik harus dilakukan?
  • Catatan dari SehatQ

Cara keramas yang benar merupakan hal yang sangat penting dilakukan. Hal ini bertujuan agar kesehatan rambut dan kulit kepala senantiasa terjaga. Sayang, masih banyak orang yang melakukan perawatan rambut sehari-hari ini secara asal. Untuk itu, simak cara keramas rambut yang benar agar rambut tetap sehat dan berkilau dalam artikel berikut ini. 

Advertisement

Bagaimana cara keramas yang benar?

Keramas adalah salah satu cara merawat rambut yang dilakukan agar rambut dan kulit kepala sehat dan bebas dari masalah, seperti ketombe hingga rambut rontok. Sama seperti membersihkan tubuh, cara membersihkan rambut juga perlu dilakukan dengan saksama.

Cara keramas yang baik dan benar serta didukung penggunaan produk perawatan rambut dengan tepat, akan menentukan rambut tumbuh kuat, sehat, halus, dan tampak berkilau. Berikut adalah urutan keramas yang baik yang wajib Anda terapkan.

1. Basahi rambut dengan air hangat

Cara keramas yang baik dimulai dengan membasahi rambut dengan air hangat. Para ahli menyarankan agar mencuci rambut dengan air hangat. 

Pasalnya, air hangat dapat melonggarkan minyak pada kulit kepala dan rambut, sekaligus membuka pori-pori kulit kepala. Dengan demikian, sampo dapat bekerja dengan baik dalam membersihkan rambut. 

Pastikan Anda membasahi rambut secara menyeluruh mulai dari akar hingga ujung-ujung rambut. 

Agar lebih maksimal, Anda bisa melakukan langkah ini di bawah pancuran atau shower agar kotoran, minyak, dan sisa-sisa penggunaan produk perawatan rambut dapat jatuh ke bawah bersama air.

2. Gunakan sampo secukupnya

Setelah membasahi rambut, cara keramas yang benar dilanjutkan dengan menggunakan sampo. Pastikan Anda memilih sampo sesuai dengan jenis dan masalah rambut yang dialami. 

Misalnya, rambut kering sebaiknya pilih sampo yang mengandung minyak dan silikon untuk melapisi dan melembapkan rambut. 

Bagi pemilik rambut tebal tetapi mudah kusut, cari kandungan sampo yang dapat membuat rambut terasa lebih lembap dan mudah diatur. 

Pilih sampo yang dapat mengendalikan rambut dan kulit kepala berminyak bila Anda memiliki rambut berminyak. 

Untuk membantu menjaga rambut agar tidak kering dan rontok, Anda dapat menggunakan REJOICE Rich Soft Smooth Baru, yang diperkaya dengan argan essence untuk kelembutan selama 48 jam, serta memiliki formula anti kusut, bahkan saat rambut basah.

no caption
Presented by REJOICE

Busa yang dihasilkan mewah dan lembut, serta mencegah gesekan berlebihan antar rambut, sehingga dapat menjaga kelembutan rambut. Jadi, REJOICE Rich Soft Smooth Baru, membantu rambut wangi tahan lama dan lembut sampai lusa.

Umumnya, setiap merek sampo sudah mencantumkan secara spesifik sampo tersebut dirancang khusus untuk jenis rambut apa pada label kemasannya.  Jadi, Anda akan lebih mudah dalam memilihnya. Contohnya, jika mencari sampo untuk rambut berwarna, Anda bisa melihat dari label yang tertera pada produknya. 

Cara menggunakan shampo yang tepat adalah dengan menuangkan secukupnya, yakni tidak terlalu banyak atau tidak terlalu sedikit, ke telapak tangan Anda. 

Sebelum mengusapkannya ke kulit kepala dan helaian rambut, campurkan sampo yang sudah dituang ke telapak tangan dengan sedikit air. 

Mengusapkan sampo tanpa mencampurkan dengan air bisa membuat rambut kering dan menyebabkan tumpukan residu pada kulit kepala. Setelah itu, usap sampo hingga berbusa dan ratakan di seluruh kulit kepala dan helaian rambut Anda.

3. Pijat kulit kepala

Bagi Anda yang sedang terburu-buru mungkin terkadang lupa untuk memijat kulit kepala saat mencuci rambut. 

Padahal, memijat kulit kepala merupakan langkah yang tidak boleh dilewatkan sebagai bagian dari cara keramas yang benar. 

Memberi pijatan pada kulit kepala selama kurang lebih 3 menit lamanya dapat membuat sirkulasi darah menjadi lancar. Kepala Anda pun akan terasa lebih rileks setelahnya.

Akan tetapi, hindari memijat terlalu keras karena justru membuat kulit kepala terluka sehingga rentan mengalami iritasi, bahkan infeksi kulit. Jadi, lakukan pijatan pada kulit kepala secara lembut agar rambut tidak rentan rusak. 

4. Bilas rambut

Cara keramas yang benar
Bilas rambut sampai sisa-sisa sampo luruh oleh air

Membilas rambut perlu segera dilakukan karena bila didiamkan terlalu lama, akan timbul tumpukan residu sampo pada kulit kepala. 

Jadi, setelah menggunakan sampo sekaligus memijat kulit kepala, segeralah membilas rambut Anda. Bilas rambut selama kurang lebih 1-2 menit lamanya sampai sampo benar-benar luruh oleh air. 

Membilas rambut sebaiknya dilakukan dengan air dingin untuk menutup kutikula. Penggunaan air dingin saat membilas rambut juga dapat membantu menjaga rambut tetap kuat dan sehat. 

Selain itu, membilas rambut dengan air dingin tidak akan membuat lapisan sebum, yakni pelumas alami yang melindungi rambut tetap kuat, menjadi menjadi kering.

5. Pakai kondisioner rambut

Tak hanya menggunakan sampo, cara keramas rambut yang benar juga perlu mengaplikasikan kondisioner. Penggunaan kondisioner berfungsi untuk mengembalikan dan menjaga kelembapan rambut yang hilang. 

Cara memakai kondisioner adalah dengan mengoleskannya pada bagian tengah hingga ujung-ujung rambut secara merata.

Hindari menggunakan kondisioner rambut sampai ke kulit kepala karena akan membuatnya terasa berminyak. Diamkan kondisioner selama 2-3 menit sambil menyisir helaian rambut dengan sisir bergigi lebar agar tidak kusut. 

Cara keramas yang benar perlu pakai kondisioner rambut
Pakai kondisioner rambut dari bagian tengan hingga ujung rambut

Meski demikian, beberapa aturan pakai conditioner ada yang merekomendasikan agar didiamkan selama 5-7 menit. Untuk itu, selalu perhatikan cara pakai kondisioner sesuai aturan pakai yang tertera pada kemasan. 

Hal yang paling penting adalah jangan mendiamkan kondisioner terlalu lama karena akan membuat produk perawatan rambut ini jadi sulit dibilas dan meninggalkan residu pada rambut setelahnya.

Jika sudah didiamkan selama beberapa menit, segera bilas rambut dengan air dingin sampai bersih.

Kondisioner REJOICE Rich Soft Smooth Baru bisa menjadi pilihan karena kandungan serum pelembut yang membuat rambut halus, lembut berkilau, dan wangi.

6. Keringkan rambut dengan benar

Urutan keramas yang baik paling terakhir, yakni mengeringkan rambut. Alih-alih menggosokkan rambut dengan handuk, cara mengeringkan rambut yang benar adalah menutupi rambut yang basah menggunakan handuk agar airnya terserap. 

Alangkah baiknya, gunakan handuk berbahan microfiber atau kaus katun yang sudah tidak terpakai. Teksturnya yang lembut akan membantu menyerap air tanpa membuat helaian rambut jadi rusak.

Menggosok rambut yang basah dengan handuk hanya dapat membuat rambut rusak dan rentan patah, bahkan membuatnya menjadi kusut. 

Agar rambut tidak cepat rusak, batasi penggunaan hair dryer (alat pengering rambut). Jika terpaksa harus menggunakannya, oleskan dulu serum rambut atau hair protectant terlebih dulu sehingga rambut dapat terlindungi maksimal. 

BACA JUGA: Cara Menyisir Rambut dengan Benar Tanpa Merusak Rambut

Apakah boleh keramas tidak pakai sampo?

Beberapa orang mungkin ada yang menggunakan bahan alami sebagai cara keramas rambut sehari-hari. Hal ini bisa jadi karena kandungan kimia dalam sejumlah produk sampo membuat kulit kepala beberapa orang rentan mengalami iritasi. 

Mereka ada yang menggunakan baking soda atau cuka apel yang dilarutkan dengan air untuk merawat dan menjaga kelembapan rambut. 

Manfaat cuka apel untuk rambut disebut dapat menghilangkan residu produk perawatan rambut yang membandel, membersihkan rambut dan kulit kepala secara menyeluruh, hingga mengurangi peradangan kulit kepala yang menimbulkan ketombe. 

Walaupun banyak yang melakukan keramas tanpa sampo ini, perlu diketahui bahwa masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikan keefektifannya. 

Jika Anda ingin mencobanya, lakukan dengan hati-hati. Bila perlu, lakukan tes pada kulit terlebih dulu untuk mencegah risiko efek samping yang mungkin terjadi.

Berapa kali keramas yang baik harus dilakukan?

Merawat rambut tidak hanya sebatas melalui penggunaan vitamin rambut, melainkan juga dari cara keramas yang baik dan frekuensi melakukannya. 

Jika Anda bertanya-tanya waktu keramas yang baik berapa kali, jawabannya adalah tidak ada aturan pasti kapan waktu keramas rambut yang tepat.

Aturan keramas sebenarnya tergantung pada kondisi rambut dan aktivitas sehari-hari Anda. Umumnya, para ahli merekomendasikan tiap jenis rambut dapat keramas 2-3 kali dalam seminggu atau tiap 2 hari sekali.

Para ahli kesehatan rambut tidak menyarankan Anda keramas setiap hari. Bahkan, untuk Anda yang sering berolahraga sekalipun, keramas tiap hari tidak direkomendasikan. 

Pasalnya, hal tersebut dapat menghilangkan minyak alami pada kulit kepala sehingga berpotensi membuat rambut kering dan rusak. 

Sementara itu, jarang mencuci rambut dapat menyebabkan rambut rentan mengalami masalah, seperti ketombe atau dikenal pula dengan dermatitis seboroik. Hal ini dapat terjadi akibat adanya tumpukan minyak dan sel kulit mati pada rambut dan kulit kepala. 

Baca Juga

  • Bulu Kemaluan Rontok? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya dengan Tepat
  • Manfaat Garam untuk Rambut Bebas Ketombe Serta Risiko Bahaya Penggunaannya
  • 4 Manfaat Minyak Alpukat untuk Rambut yang Lebih Sehat dan Kuat

Catatan dari SehatQ

Keramas adalah cara membersihkan rambut yang tidak boleh disepelekan begitu saja. Untuk itu, Anda perlu tahu teknik dan frekuensi melakukannya agar manfaat yang didapat bisa terasa maksimal. 

Jika masih bingung mengenai berapa kali waktu keramas yang baik sesuai dengan jenis dan masalah rambut yang Anda alami, tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit.

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, unduh aplikasinya melalui App Store dan Google Play.

Advertisement

kesehatan rambutpertumbuhan rambut kepalarambut keringrambut rontok

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved