Raih Tubuh Ideal dengan Mengatasi Mengidam Makanan Berlebihan

Mengatasi mengidam makanan dengan mengalahkan keinginan sesaat Anda dengan melakukan pengalihan
Mengindam makanan harus diatasi agar tidak makan secara berlebihan

Salah satu pertanyaan yang kerap ditanyakan pada para pelatih diet adalah: Bagaimana cara untuk mengurangi rasa ingin makan berlebih pada satu atau beberapa jenis makanan (ngidam makanan)?

Sebelum membahas fenomena mengidam, Anda perlu memahami bahwa rasa lapar dan keinginan untuk makan adalah dua hal yang berbeda. Jika perut Anda terus berbunyi disertai rasa pusing, Anda mungkin sedang merasa lapar. Akan tetapi, jika Anda menginginkan sebuah makanan spesifik untuk mengatasi rasa tersebut, bisa dipastikan Anda sedang mengidam. Apalagi jika Anda baru saja selesai makan beberapa waktu yang lalu.

Selain itu, hal penting yang juga perlu Anda pahami adalah mengidam biasanya akan disertai perasaan emosional untuk mendapatkan makanan tertentu sesuai dengan keinginan Anda. Biasanya Anda akan merasa sangat menginginkan makanan tersebut hingga mengesampingkan pikiran rasional dalam mengupayakan semaksimal mungkin agar mendapat makanan tersebut. Tidak peduli apakah Anda baru saja makan atau Anda memiliki makanan lain yang dapat dimakan.

Mengatasi Mengidam Makanan Berlebihan

Pertama, ketahuilah bahwa mengidam terjadi pada semua orang. Hal ini adalah kondisi yang normal terjadi dan tidak menandakan hal buruk pada sisi psikologis Anda. Mengidam makanan lebih mengarah pada kecenderungan pikiran seseorang untuk mengatur makanan apa yang ingin dikonsumsi dan seakan-akan dibutuhkan tubuh. Padahal, tidak jarang makanan yang diidamkan malah cenderung tidak sehat dan dapat berisiko jika selalu diikuti keinginannya.

1. Kalahkan Keinginan Sesaat

Meskipun ngidam makanan merupakan hal yang biasa terjadi, ada baiknya Anda mengurangi kebiasaan ini sehingga Anda dapat lebih beradaptasi dan mengendalikan nafsu diri. Cobalah untuk menghilangkan kecenderungan diri untuk makan makanan yang diinginkan dan mengalihkannya pada apa yang ada dan tersedia di depan Anda. Mungkin akan terasa sulit diawal, tapi ini merupakan bentuk latihan untuk diri Anda.

2. Alihkan Perhatian dari Keinginan

Tidak ada yang lebih sulit daripada berdebat dengan diri sendiri. Itulah yang pasti Anda alami saat sedang menjauhi diri dari kebiasaan menuruti ngidam makanan. Hal ini biasanya akan terasa saat Anda kesulitan untuk menelan makanan yang tersedia di depan Anda. Untuk itu, lakukan pengalihan dengan menghabiskannya sambil melakukan aktivitas lain seperti mengobrol, membaca, dan menonton. Dengan begitu, Anda akan dapat menghabiskan makanan yang tersedia tanpa harus merasa tidak nyaman dan terngiang-ngiang dengan makanan yang Anda idamkan.

3. Kenali Diri Sendiri

Anda juga dapat mengurangi kebiasaan mengidam makanan dengan mengenali diri Anda sendiri. Pahami sebenarnya apa yang menyebabkan Anda begitu menginginkan suatu makanan secara berlebihan. Selanjutnya, tanyakan pada diri sendiri, bagaimana cara untuk mengatasi keinginan tersebut. Tidak dipungkiri, banyak dari mereka yang sulit mengatasi ngidam makanan karena terbiasa dengan satu jenis makanan sehingga pikiran mereka tidak berhenti membayangkan makanan tersebut. Dengan begitu Anda akan mulai dapat menyadari bahwa keinginan atas suatu makanan hanya merupakan nafsu belaka.

Ingatlah, cara terbaik untuk memperbaiki pola dan asupan makanan agar dapat menjalani diet dengan optimal adalah dengan mengalahkan diri sendiri dari segala nafsu dan keinginan. Mengidam makanan adalah salah satu bagian penting yang harus Anda atasi. Jika Anda berhasil, dapat dipastikan Anda akan merasakan diri yang lebih positif, khususnya saat menghadapi makanan yang ada dihadapan Anda.

Saat Anda selesai dan berhasil mengalahkan diri sendiri, perlahan perasaan menggebu-gebu penuh nafsu akan makanan akan memudar. Anda akan lebih fleksibel dan dapat menerima makanan apapun yang ada di hadapan Anda. Dengan begitu, proses diet akan menjadi lebih mudah dan lancar untuk dilakukan.

Shape. https://www.shape.com/weight-loss/tips-plans/how-get-over-cravings-weight-loss-expert
Diakses pada November 2018

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed