Raih Jantung Sehat dengan Kebiasaan-kebiasaan Baik Ini

(0)
12 Jun 2020|Adhenda Madarina
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu cara mewujudkan jantung sehat adalah mengonsumsi buahMengonsumsi buah secara rutin dapat menyehatkan jantung
Semakin bertambahnya usia, memiliki jantung sehat adalah idaman bagi semua orang. Untuk mewujudkannya memang tidak mudah karena Anda perlu mengubah sedikit, atau mungkin banyak aspek dalam kehidupan. Anda juga harus mempertimbangkan mana yang baik dan buruk bagi kesehatan jantung Anda.Semua orang tahu bahwa olahraga dan diet yang baik bisa membuat jantung sehat. Namun, adakah hal lainnya yang bisa kita lakukan untuk menjaga jantung agar senantiasa sehat dan bebas dari ancaman penyakit?

Kebiasaan-kebiasaan yang membuat jantung sehat

Ada lima hal utama yang perlu Anda lakukan setiap hari untuk membantu jantung Anda bekerja secara efisien. Praktikkan kebiasaan ini ke dalam gaya hidup Anda untuk mewujudkan jantung sehat.

1. Berolahraga secara teratur

Jantung Anda adalah otot yang perlu dilatih secara teratur agar tetap kuat dan sehat. Lakukanlah setidaknya 150 menit latihan kardiovaskuler atau pemompaan jantung setiap minggu, misalnya berlari, bersepeda, atau berenang.Jangan lupa juga untuk menambahkan latihan kekuatan dua kali seminggu dan jenis olahraga santai setidaknya sekali seminggu. Yoga dan tai chi adalah contoh kegiatan yang dapat membantu Anda fokus pada pernapasan, kesabaran, dan menenangkan pikiran.

2. Makan buah dan sayur

Masukan satu atau dua porsi buah dan sayuran ke setiap makanan Anda. Jika tidak, ganti camilan Anda dengan buah atau sayuran.Keduanya memiliki kandungan antioksidan yang dapat melindungi pembuluh darah dari kolesterol, tekanan darah tinggi, dan gula darah tinggi. Dengan menerapkan kebiasaan ini, memiliki jantung sehat bukan hanya impian belaka.

3. Menjaga kebersihan gigi

Kesehatan gigi adalah indikator yang baik untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk jantung Anda, karena mereka yang memiliki penyakit periodontal (gusi) sering memiliki faktor risiko yang sama untuk penyakit jantung.Penelitian menunjukkan bahwa bakteri di mulut yang terlibat dalam perkembangan penyakit gusi, dapat pindah ke aliran darah dan menyebabkan peningkatan protein C-reaktif sehingga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

4. Tidur yang cukup

Tidur adalah bagian penting untuk memiliki jantung sehat. Jika Anda tidur kurang dari enam jam per malam, risiko stroke atau serangan jantung bisa naik menjadi dua kali lipat. Jadikan tidur sebagai prioritas. Pastikan Anda tidur selama 7-8 jam setiap malam.

5. Jangan duduk terlalu lama

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa duduk dalam waktu yang lama tidak baik untuk kesehatan, tidak peduli berapa banyak olahraga yang telah Anda lakukan.Mereka yang paling banyak duduk atau menjalani gaya hidup sedentary memiliki peningkatan risiko penyakit jantung sebesar 147 persen dan peningkatan 90 persen kematian yang disebabkan oleh peristiwa ini. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk bergerak sepanjang hari.

6. Hindari paparan asap rokok

Menurut Asosiasi Jantung Amerika Serikat (AHA), paparan asap rokok berkontribusi terhadap sekitar 34.000 kematian akibat penyakit jantung dini dan 7.300 kematian akibat kanker paru-paru setiap tahun.Sementara perokok pasif yang memiliki tekanan darah atau kolesterol darah tinggi, punya risiko lebih besar terkena penyakit jantung ketika mereka terpapar asap rokok orang lain. Bahan kimia dari asap rokok bisa menyebabkan penumpukan plak di pembuluh darah.

Makanan yang membuat jantung sehat

Khusus untuk makanan, sebenarnya tidak hanya terbatas pada buah dan sayuran saja untuk mewujudkan jantung sehat. Berikut adalah berbagai makanan yang perlu Anda konsumsi untuk mendapatkan jantung yang sehat.
  • Ikan, terutama ikan yang tinggi omega-3, seperti salmon, tuna, kembung, haring, dan trout.
  • Kacang-kacangan, seperti almond atau kenari.
  • Buah-buahan beri, di antaranya blueberry, stroberi, blackberry atau raspberry.
  • Oat, yang bisa Anda tambahkan dalam makanan sehari-hari.
  • Kedelai, bisa dalam bentuk kacang edamame atau tahu yang diolah dalam berbagai hidangan.
  • Sayuran merah, kuning, dan jingga, seperti wortel, ubi jalar, paprika merah, tomat, dan labu.
  • Sayuran hijau, di antaranya bayam, kangkung, sawi hijau, brokoli, asparagus, dan pok choy.
Walaupun tidak mudah, namun mengubah kebiasaan buruk dan memasukkan makanan sehat dapat membuat jantung sehat dan meminimalisir risiko penyakit jantung. Selamat mencoba!
penyakit jantung
Active. https://www.active.com/nutrition/articles/7-heart-healthy-habits
Diakses pada 30 Mei 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/heart-healthy-foods#section16
Diakses pada 30 Mei 2020
Healthclevelandclinic. https://health.clevelandclinic.org/12-heart-healthy-foods-to-work-into-your-diet/
Diakses pada 30 Mei 2020.
Webmd. https://www.webmd.com/heart-disease/news/20150107/healthy-heart-habits#1
Diakses pada 30 Mei 2020.
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait