logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kulit & Kecantikan

Berbagai Cara agar Kulit Awet Muda yang Sederhana dan Murah Dilakukan

open-summary

Banyak orang yang mencoba perawatan kulit mahal agar kulitnya tampak awet muda. Padahal, cara awet muda bisa dilakukan dengan langkah yang mudah dan sederhana tanpa mengeluarkan banyak biaya.


close-summary

8 Jan 2020

| Arif Putra

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Berbagai cara awet muda yang mudah dilakukan sehari-hari

Ingin tampil awet muda bukan hanya sekadar angan karena bisa dilakukan dengan mudah tanpa biaya

Table of Content

  • Berbagai cara agar awet muda yang mudah dilakukan sehari-hari
  • Pesan dari SehatQ

Banyak orang melakukan berbagai cara agar awet muda. Bahkan, tidak sedikit yang merogoh kocek cukup dalam demi mendapatkan kulit sehat dan kencang dari usia aslinya. Padahal, sebenarnya cara awet muda dapat dilakukan dengan langkah-langkah sederhana, lho. 

Advertisement

Tak hanya membuat kulit tampak lebih kencang, sejumlah tips awet muda ini juga dapat membuat tubuh lebih sehat jika Anda melakukannya secara rutin.  

Berbagai cara agar awet muda yang mudah dilakukan sehari-hari

Penuaan merupakan proses alami yang akan terjadi pada setiap orang. Seiring pertambahan usia, kulit akan kehilangan elastisitasnya sehingga tanda-tanda penuaan pun bermunculan. Misalnya, kulit kering, menipis, kendur, kulit keriput, garis-garis halus, hingga bercak atau flek hitam.

Belum lagi faktor genetik serta faktor dari luar, seperti paparan sinar matahari berlebihan, kebiasaan merokok, pola makan, stres, dan pola tidur kurang baik juga menjadi penyebab kulit menua lebih cepat. 

Walaupun proses menua berjalan secara alami dan tidak dapat dihentikan, para ahli kesehatan kulit memberikan tips awet muda yang dapat memperlambat penuaan kulit. Berikut penjelasannya.

1. Selalu oleskan tabir surya

Cara awet muda dengan rutin pakai sunscreen
Gunakan sunscreen dan topi lebar untuk melindungi kulit dari sinar matahari

Paparan sinar matahari memang baik untuk tubuh. Akan tetapi, terlalu sering atau berlebihan terpapar sinar ultraviolet (UV) dapat merusak kolagen pada kulit sehingga menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan.

Maka dari itu, cara awet muda yang paling penting adalah rutin mengoleskan sunscreen atau tabir surya. Gunakanlah sunscreen berlabel broad spectrum dengan SPF minimal 30 atau lebih. 

Oleskan tabir surya ke kulit 30 menit sebelum keluar rumah pada pagi dan siang hari, Lalu, ulangi pemakaian tabir surya setiap 2 jam atau lebih sering jika Anda berkeringat atau berenang. 

Selain menggunakan tabir surya, Anda juga bisa melindungi kulit secara maksimal dari paparan sinar matahari dengan mengenakan topi, pakaian lengan panjang, dan kacamata hitam. 

2. Gunakan pelembap

Krim anti-aging sering kali digunakan sebagai salah satu pilihan cara awet muda. Namun, tahukah Anda kalau krim anti penuaan akan lebih efektif bila digunakan pada kulit yang lembap? Untuk itu, Anda perlu mengoleskan pelembap secara rutin. 

Pilihlah pelembap sesuai jenis kulit Anda. Tak ada salahnya memilih pelembap mengandung SPF sebagai cara menjaga kulit agar tetap sehat

Gunakan pelembap paling lama 5 menit setelah mencuci muka atau mandi agar mengunci kelembapan dan mencegah hilangnya air dari kulit. Dengan demikian, kulit akan terjaga kelembapannya.  

3. Rutin membersihkan wajah

Cara awet muda dengan cuci muka rutin
Cuci muka dengan air hangat sampai kotoran terangkat sempurna

Rutin membersihkan wajah merupakan tips awet muda yang tidak boleh dilewatkan. Mencuci muka bertujuan untuk membersihkan sisa make up, minyak, dan kotoran yang menempel di wajah. 

Mulailah cuci muka dengan membilas wajah menggunakan air hangat (air suam-suam kuku). Kemudian, tuang sabun pembersih wajah secukupnya ke telapak tangan. 

Gunakan sabun cuci muka ke kulit wajah seraya memijatnya dengan gerakan melingkar dari atas ke bawah sehingga seluruh minyak dan kotoran dapat terangkat sempurna. 

Bilas wajah menggunakan air hangat dan keringkan wajah menggunakan handuk bersih berbahan lembut. 

Pastikan Anda membersihkan wajah setidaknya 2 kali sehari, yakni pada pagi dan malam hari sebelum tidur. Anda juga perlu mencuci muka sesaat setelah berkeringat.

4. Lakukan eksfoliasi kulit

Tips awet muda alami berikutnya adalah dengan melakukan eksfoliasi secara teratur. Eksfoliasi adalah proses pengangkatan sel-sel kulit mati untuk membantu kulit tetap bersih dan tampak cerah bercahaya.

Selain itu, tekstur kulit bisa terasa lebih halus dan proses penyerapan produk skincare yang Anda gunakan sehari-hari bisa maksimal.

Anda perlu melakukan rahasia awet muda ini secara perlahan dan jangan berlebihan. Eksfoliasi kulit secara berlebihan dapat membuat kulit iritasi sehingga mempercepat penuaan. 

Untuk mengetahui berapa kali harus melakukan eksfoliasi, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit terlebih dulu.

Umumnya, dokter akan merekomendasikan proses eksfoliasi kulit sesuai dengan jenis dan masalah kulit yang dialami. 

5. Tidur yang cukup

Sering begadang atau kurang tidur tidak hanya berakibat buruk bagi kesehatan, melainkan juga tampilan kulit Anda. 

Pasalnya, tidur merupakan waktu bagi tubuh untuk melakukan perbaikan atau pemulihan setelah menjalani aktivitas sehari-hari. 

Hal ini juga berlaku bagi kulit agar meregenerasi dan memproduksi kolagen baru yang dapat mencegah kulit kendur. 

Tips awet muda dengan tidur yang cukup
Tidur yang cukup bisa membuat tampilan kulit jadi awet muda

Tidur yang cukup dapat mencegah munculnya lingkaran hitam di area mata serta meningkatkan warna kulit agar tampak lebih cerah. 

Jika Anda kurang tidur, akan berdampak secara signifikan pada fungsi kulit sehingga muncul-muncul tanda penuaan.

Untuk itu, tidur yang cukup digolongkan sebagai cara agar terlihat awet muda. Anda disarankan tidur selama 7-9 jam setiap malam harinya.

6. Konsumsi sayur dan buah

Konsumsi makanan sehat merupakan tips awet muda alami yang direkomendasikan oleh American Academy of Dermatology

Sejumlah studi menyebutkan makan banyak sayur-sayuran dan buah-buahan dapat mencegah kerusakan kulit yang menyebabkan munculnya tanda penuaan dini

Baik sayuran dan buah-buahan sama-sama mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan kulit dan tubuh secara keseluruhan. 

Tidak ada batasan tertentu dalam mengonsumsi kedua jenis makanan ini. Namun, sebaiknya Anda mengombinasikan sayur-mayur dan buah-buahan beragam warna untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa diet kaya akan minyak ikan, rendah lemak tak sehat, dan karbohidrat olahan dapat meningkatkan kesehatan kulit dan membuatnya tampak lebih muda.

Sebaiknya batasi konsumsi makanan tinggi gula dan kaya karbohidrat utuh karena dapat mempercepat penuaan. 

7. Makan makanan tinggi antioksidan

Radikal bebas dan stres oksidatif dapat menjadi memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit Anda. 

Untuk mencegahnya, mengonsumsi makanan tinggi antioksidan yang mengandung vitamin C dan vitamin E baik untuk memperlambat penuaan kulit. 

Antioksidan memiliki kemampuan dalam merangsang produksi kolagen kulit. Kolagen sendiri merupakan bagian penting dari struktur dan proses peremajaan kulit.

Cara agar awet muda dengan konsumsi sayur dan buah
Makanan tinggi antioksidan ada pada sayur dan buah

Sebuah studi yang dimuat dalam American Journal of Clinical Nutrition membuktikan, orang-orang yang mengonsumsi makanan tinggi vitamin C cenderung sedikit mengalami kulit kering dan keriput akibat penuaan dibandingkan dengan orang-orang yang tidak makan makanan mengandung vitamin C.

Selain dari sayur dan buah, Anda bisa mengonsumsi berbagai sumber antioksidan sebagai makanan yang membuat kulit kencang dan awet muda. Misalnya dari biji-bijian, kacang-kacangan, hingga rempah-rempah seperti kunyit atau oregano.

8. Banyak minum air putih

Kurangnya asupan cairan tubuh dapat menyebabkan kondisi dehidrasi. Ketika mengalami dehidrasi, kulit akan terasa kering, kasar, bersisik saat digaruk, bahkan memicu jerawat dan penuaan dini. 

Itu sebabnya, mengonsumsi air putih yang cukup bisa menjadi langkah tepat sebagai cara hidup sehat dan awet muda sehingga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. 

Umumnya, para ahli kesehatan menyarankan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter per hari agar terhindar dari dehidrasi. 

Usahakan untuk membatasi minuman beralkohol. Pasalnya, kebiasaan minum alkohol dapat membuat kulit kering. Jika dilakukan secara berlebihan, bukan tidak mungkin tampilan kulit akan terlihat menua.

9. Olahraga secara teratur

Cara awet muda dengan rutin olahraga
Olahraga bisa membuat kulit sehat dan tampak awet muda

Olahraga secara teratur dapat memperbaiki sirkulasi darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini bisa membuat kulit sehat, berkilau alami, dan awet muda.

Olahraga juga mampu mencegah lapisan epidermis (lapisan terluar kulit) menebal dan mencegah dermis (lapisan kulit kedua di bawah epidermis) menipis. Dengan demikian, kulit tampak awet muda dapat terjaga.

Selain itu, ada beberapa manfaat olahraga lainnya seperti, membuang racun dari tubuh dan mengurangi stres, yang juga berkontribusi untuk membuat kulit tampak awet muda dan cantik.

10. Berhenti merokok

Cara awet muda lainnya adalah dengan berhenti merokok. Semua orang tentu sudah tahu bahwa merokok dapat membahayakan kesehatan. 

Namun, belum banyak yang tahu bahwa merokok dapat mempercepat proses penuaan sehingga kulit lebih cepat keriput dan tampak kusam.

Kebiasaan merokok juga bisa memicu terbentuknya kerutan karena gerakan wajah mengisap atau menyipitkan mata yang Anda lakukan. 

Di samping itu, bahaya merokok dapat mempersempit pembuluh darah kecil pada lapisan kulit paling luar. Akibatnya, aliran darah berkurang sehingga membuat kulit tampak lebih pucat.. 

Merokok juga dapat menghabiskan nutrisi dan oksigen yang penting untuk kesehatan kulit. Bahkan, kolagen dan elastin yang memberi kekuatan dan elastisitas pada kulit pun dapat mengalami kerusakan. 

11. Hindari melakukan ekspresi wajah berulang

Rahasia Awet muda jangan mengerutkan dahi
Kebiasaan mengerutkan dahi terus-menerus bisa memicu timbulnya garis halus

Jika ingin kulit terlihat awet muda dari usia sebenarnya, Anda perlu menghindari melakukan ekspresi wajah berulang. 

Sebab, ketika Anda membuat ekspresi wajah seperti mengerutkan dahi, menyipitkan mata, atau mengerucutkan bibir, otot di bawah kulit akan berkontraksi. 

Jika ekspresi wajah tersebut dilakukan berulang dan terus-menerus secara berkepanjangan, akan terbentuk garis-garis halus permanen pada wajah Anda. 

Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan kacamata hitam untuk mencegah menyipitkan mata dari silaunya paparan sinar matahari.

Kurangi pula kebiasaan mengerutkan dahi dan mengerucutkan bibir sebagai cara membuat wajah awet muda dan kencang.

12. Hentikan penggunaan produk skincare yang membuat iritasi

Apabila Anda merasa perih atau sensasi kulit terbakar sesaat setelah menggunakan produk perawatan kulit tertentu, segera hentikan pemakaian. Ini artinya kulit Anda mengalami iritasi yang nantinya dapat mempercepat penuaan kulit.

Akan tetapi, jika sedang menggunakan pengobatan dari dokter spesialis kulit, hal ini masih tidak apa-apa. Cukup pastikan saja penggunaannya sudah sesuai dengan anjuran dokter.

Baca Juga

  • Tranexamic Acid, Kandungan Skincare yang Samarkan Bintik Hitam
  • Mengenal Galactomyces, Bahan Skincare yang Dianggap Bisa Cerahkan Kulit
  • 4 Cara Membersihkan Kuas Masker agar Tidak Berjamur

Pesan dari SehatQ

Itulah sejumlah cara agar awet muda yang bisa Anda terapkan. Sangat sederhana, bukan?

Anda bisa memulainya sejak dini secara rutin karena tidak ada kata terlambat untuk memulai berbagai tips awet muda dan cantik. 

Namun ingat, jangan melakukannya secara berlebihan untuk mencegah risiko yang mungkin tidak diinginkan.

Jika Anda punya pertanyaan seputar rahasia awet muda, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.

Advertisement

kesehatan kulitkulit dan kecantikanperawatan kulitpenuaanperawatan wajahkulit keriput

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved