Ragu Berenang Karena Buram? Saatnya Mencoba Kacamata Renang Minus

Kacamata renang minus membantu Anda memiliki penglihatan yang lebih jelas dan fokus
Bila Anda sering berenang, tak ada salahnya membeli kacamata renang minus agar penglihatan lebih jelas

Apabila Anda merasa terganggu karena mata buram saat sedang berenang, bisa jadi ini waktunya berinvestasi membeli kacamata renang minus. Memang benar mengenakan kacamata saat berolahraga bisa membuat tidak nyaman, namun tidak mustahil bagi yang ingin mengenakan kacamata minus saat berenang.

Bagi orang yang tidak terlalu sering berenang atau kondisi kelainan refraksi matanya tidak terlalu parah, mungkin tidak terlalu memerlukan kacamata renang minus. Namun apabila sering berolahraga air dan terganggu jika hanya mengenakan kacamata renang biasa, tak ada salahnya memakai kacamata renang minus.

Bagaimana dengan lensa kontak?

Opsi selain kacamata renang minus adalah lensa kontak sesuai dengan kondisi mata setiap orang. Meski demikian, berenang dengan memakai lensa kontak sebaiknya dihindari karena banyak risikonya.

Beberapa risiko yang mungkin terjadi adalah:

  • Kontaminasi bakteri
  • Iritasi mata
  • Keratitis atau peradangan kornea
  • Gangguan penglihatan permanen

Apalagi, air bisa menjadi rumah bagi virus dan mikroba berbahaya yang tak terhitung jumlahnya. Salah satu yang paling berbahaya adalah organisme Acanthamoeba yang bisa menempel pada lensa kontak dan menyebabkan kornea terinfeksi dan meradang.

Jika dibiarkan, kondisi yang disebut Acanthamoeba keratitis ini bisa menyebabkan seseorang kehilangan penglihatannya atau memerlukan transplantasi kornea untuk menyembuhkan matanya.

Pentingnya memakai kacamata renang minus

Jadi bisa disimpulkan bahwa bagi yang mengalami kelainan refraksi mata, maka kacamata renang minus bisa menjadi pilihan berenang dengan lebih nyaman. Beberapa alasan lain mengapa penting memakai kacamata renang minus adalah:

  • Perbedaan cahaya dalam air

Ketika berada dalam air, cahaya mengalami perbedaan sehingga apa yang dilihat saat di darat bisa terdistorsi saat di air. Objek bisa tampak lebih besar dan lebih dekat dibandingkan dengan ukuran aslinya.

Tentunya, hal ini akan berpengaruh pada koordinasi gerakan tangan dan mata. Padahal bagi orang yang berenang atau menyelam, penting untuk tahu sejauh mana bisa leluasa bergerak.

  • Penglihatan lebih fokus

Dalam kacamata renang minus, ada kantong udara yang membuat cahaya masuk ke mata dengan jauh lebih fokus dan presisi. Hal ini penting karena saat berada di air, penglihatan bisa jauh lebih buram karena ada refraksi cahaya. 

Bahkan pada orang yang tidak mengenakan kacamata atau tidak mengalami kelainan refraksi sekalipun, cahaya dan objek saat dalam air bisa tampak berbeda. 

  • Performa berenang lebih optimal

Pada banyak olahraga termasuk berenang, penglihatan menentukan performa seseorang. Bagi yang aktif berenang terutama untuk kompetisi, pastikan penglihatan tidak terganggu dan benar-benar jelas berkat kacamata renang minus.

Cara memilih kacamata renang minus

Jika sudah memutuskan akan memakai kacamata renang minus, preskripsinya tidak bisa disamakan dengan kacamata biasa. Tentu saja, mengingat jarak mata dengan lensa kacamata biasa berbeda dengan kacamata renang.

Artinya, beberapa hal ini perlu dilakukan untuk memilih dan merawat kacamata renang minus:

  • Periksa mata ulang

Lakukan pemeriksaan mata ulang dengan dokter spesialis mata. Sesuaikan berapa kebutuhan preskripsi Anda saat berada dalam air. 

  • Sampaikan kebutuhan 

Selain pemeriksaan mata ulang, penting juga untuk menyampaikan aktivitas dan kebutuhan Anda. Sampaikan hal ini sebelum membeli kacamata renang minus. Dengan demikian, dokter bisa menyesuaikan kebutuhan kacamata renang minus Anda.

  • Coba terlebih dahulu

Sebelum membeli, selalu coba terlebih dahulu kacamata renang minus hingga terasa nyaman dan benar-benar pas. Hal ini penting untuk menghindari kebocoran udara atau air saat dipakai berenang. Ingat, terlalu ketat pun bukan berarti solusi. Cari yang nyaman dan pas dengan ukuran wajah Anda.

  • Opsi anti-kabut

Jika memungkinkan, pilih opsi anti-fog atau anti-kabut pada kacamata renang minus Anda. Ini akan membantu Anda melihat dengan lebih jelas saat berada dalam air.

  • Baca label

Sebelum membeli kacamata renang minus, pastikan produk yang dibeli sesuai dengan kebutuhan. Ada beberapa produk yang hanya digunakan untuk snorkeling dan menyelam saja, bukan berenang.

  • Perawatan kacamata renang minus

Untuk merawat kacamata renang minus, bersihkan setiap kali usai digunakan dengan sabun lembut seperti sampo bayi. Kemudian, simpan di kotak pelindung untuk menghindari debu dan goresan di bagian lensa. 

Bagi orang yang memerlukan kacamata renang minus untuk kebutuhan kompetisi seperti atlet, investasikan uang Anda pada dua kacamata. Satu kacamata renang minus yang lebih bulat dan longgar untuk latihan, dan satu kacamata lagi yang lebih ketat namun baik secara aerodinamika.

All About Vision. https://www.allaboutvision.com/sports/diving.htm
Diakses 21 Februari 2020

All About Vision. https://www.allaboutvision.com/contacts/faq/swim-in-cls.htm
Diakses 21 Februari 2020

Swim Outlet. https://www.swimoutlet.com/guides/how-to-choose-prescription-goggles
Diakses 21 Februari 2020

Your Eye Institute. https://youreyeinstitute.com/what-you-need-to-know-about-prescription-goggles/
Diakses 21 Februari 2020

Artikel Terkait