Ragam Vitamin untuk Ibu Hamil 1 Bulan yang Wajib Dikonsumsi

(0)
14 Sep 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu vitamin untuk ibu hamil 1 bulan yang penting adalah asam folat (vitamin B9)Asam folat terkandung pada berbagai jenis makanan
Saat hamil, Anda memerlukan lebih banyak nutrisi dari biasanya karena nutrisi untuk janin dalam kandungan juga harus dipenuhi. Selain konsumsi makanan bergizi lengkap dan seimbang, Anda juga membutuhkan asupan beberapa jenis vitamin untuk ibu hamil, terutama di bulan-bulan awal kehamilan.Oleh karena itu, mineral dan vitamin untuk ibu hamil 1 bulan diperlukan supaya Anda tetap bugar dan sehat selama menjalani masa kehamilan. Selain itu, mineral dan vitamin ini juga dibutuhkan agar janin bisa tumbuh dan berkembang dengan sehat sekaligus optimal.

Jenis-jenis mineral dan vitamin untuk ibu hamil 1 bulan

Konsumsi vitamin sebenarnya direkomendasikan sejak Anda merencanakan kehamilan, misalnya konsumsi asam folat (vitamin B9) dibutuhkan untuk membentuk pertahanan sejak dini terhadap cacat lahir. Konsumsi vitamin ini juga perlu dipertahankan, khususnya di trimester awal kehamilan.Berikut adalah beberapa jenis mineral dan vitamin untuk ibu hamil 1 bulan. Berbagai nutrisi ini juga dapat dikonsumsi saat Anda merencanakan kehamilan.

1. Asam folat

Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi asam folat sebanyak 400 mikrogram (mcg) per hari, baik saat masih merencanakan kehamilan hingga kandungan berusia 12 minggu. Asam folat bermanfaat untuk menurunkan risiko terjadinya cacat lahir.Sumber-sumber makanan untuk asam folat, di antaranya sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, buah sitrus (keluarga jeruk), dan makanan yang diperkaya dengan asam folat. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen asam folat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ini.

2. Kalsium dan vitamin D

Kalsium merupakan mineral yang sangat penting bagi ibu hamil untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Pasalnya, janin akan menggunakan kalsium dari ibu untuk menunjang pertumbuhan tulangnya sendiri. Vitamin D juga merupakan salah satu vitamin untuk ibu hamil 1 bulan yang perlu dipenuhi. Vitamin ini berfungsi untuk mengatur jumlah kalsium dan fosfat dalam tubuh.Sumber kalsium bisa didapatkan dari susu, keju, yogurt, dan makanan yang diperkaya dengan kalsium. Sementara, vitamin D dapat dibentuk tubuh secara alami saat kulit Anda terkena paparan sinar matahari.Rutin berjemur sekitar 10 hingga 20 menit sebelum jam 10 pagi dapat merangsang pembentukan vitamin D pada tubuh. Vitamin ini juga bisa didapatkan dari ikan berlemak, telur, dan daging merah.Apabila Anda sulit memenuhi kebutuhan vitamin D dan kalsium dari makanan, kedua nutrisi ini juga bisa ditemukan dalam bentuk suplemen.

3. Zat besi

Selama masa kehamilan, pasokan oksigen dalam darah juga harus ditingkatkan karena tubuh Anda akan bekerja lebih keras menyediakan nutrisi untuk tubuh dan janin dalam kandungan. Di sinilah peran zat besi dibutuhkan.Anda mungkin akan merasa cepat lelah dan letih saat hamil. Zat besi baik untuk mencegah terjadinya anemia yang dapat menyebabkan kelelahan. Dengan menambah asupan zat besi, pasokan oksigen dalam darah untuk Anda dan janin dapat tercukupi.Sumber alami dari zat besi adalah sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, dan daging tanpa lemak. Namun, jangan konsumsi kacang-kacangan jika Anda memiliki alergi. Apabila kebutuhan zat besi tidak tercukupi makanan, maka dokter akan menyarankan untuk mengonsumsi suplemen zat besi.

4. Vitamin C

Vitamin C memiliki fungsi penting untuk menjaga imunitas tubuh dan menangkal radikal bebas. Vitamin untuk ibu hamil 1 bulan ini mampu melindungi sel dan menjaganya tetap sehat. Tidak hanya bagi ibu, tapi juga janin dalam kandungan yang terus tumbuh dan berkembang.Sumber vitamin C cukup beragam, mulai dari buah-buahan sitrus, jambu merah, paprika merah dan hijau, buah berry, brokoli, kubis, hingga kentang.Itulah jenis-jenis mineral dan vitamin untuk ibu hamil 1 bulan. Sebelum mengonsumsi berbagai jenis vitamin dan mineral ini, sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kandungan untuk mengetahui dosis yang tepat sehingga tidak membawa dampak buruk bagi tubuh Anda dan janin.
nutrisi ibu hamilmerencanakan kehamilan
Web MD. https://www.webmd.com/baby/guide/prenatal-vitamins#2
Diakses 1 September 2020
NHS UK. https://www.nhs.uk/conditions/pregnancy-and-baby/vitamins-minerals-supplements-pregnant/
Diakses 2 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait