Ragam Vitamin Kuku yang Bersumber dari Makanan

(0)
11 Jun 2020|Adhenda Madarina
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu sumber vitamin kuku adalah telurTelur mengandung vitamin kuku
Kesehatan kuku sering kali kita abaikan ketimbang kesehatan bagian tubuh lainnya. Padahal, menjaga kesehatan kuku itu penting, lho. Bagi Anda yang pernah memiliki kuku kering, rapuh, atau mudah patah, pasti tahu betapa susahnya merawat kuku.Bukan hanya soal penampilan, kuku juga bisa menjadi penanda masalah kesehatan yang terjadi pada tubuh Anda, atau bahkan menjadi bukti nyata bahwa Anda kekurangan vitamin dan nutrisi tertentu.Memiliki kuku yang sehat, kuat, dan halus memang idaman semua orang, khususnya wanita. Untuk mewujudkannya, ada beberapa vitamin kuku yang perlu Anda penuhi kebutuhannya, seperti biotin, vitamin B12, vitamin A, dan vitamin C, serta berbagai nutrisi lainnya yang dibutuhkan kuku, yaitu zat besi, magnesium, protein, omega-3, hingga zinc.

Sumber-sumber vitamin kuku dari makanan

Vitamin kuku di atas dan berbagai nutrisi penting lainnya, bisa kita dapatkan dari makanan sehari-hari yang kita konsumsi. Jadikan makanan yang bergizi bagian rutin dari pola makan Anda, agar kuku dapat tumbuh sehat dan kuat.Berikut ini adalah berbagai sumber vitamin kuku beserta nutrisi lainnya.

1. Telur

Telur adalah salah satu sumber makanan terbaik karena mengandung biotin dan vitamin B yang meningkatkan produksi protein dalam matriks kuku, yaitu area di mana kuku mulai tumbuh dan sel-sel kuku baru dihasilkan. Biotin telah terbukti meningkatkan ketebalan kuku Anda sekaligus dapat mencegahnya menjadi rapuh.

2. Edamame

Edamame menyediakan sistein, yaitu salah satu asam amino yang diperlukan untuk produksi protein keratin, yang merupakan salah satu bahan pembentuk utama kuku. Terlebih lagi, edamame tinggi akan folat yang dibutuhkan untuk produksi sel kuku baru.

3. Kacang mete

Kandungan zinc yang melimpah dalam kacang mete, dibutuhkan untuk pembelahan sel dan sintesis protein. Keduanya nutrisi ini memiliki peran penting untuk memastikan kuku agar selalu tumbuh. Selain itu, Anda membutuhkannya setiap hari karena tubuh Anda tidak dapat menyimpan zinc dalam jangka panjang.Cukup dengan mengonsumsi kacang mete, maka Anda akan mendapatkan kuku yang sehat dan kuat. Kuku yang kering dan mudah patah bisa menjadi pertanda kalau Anda kekurangan zinc.

4. Ubi jalar

Ubi jalar kaya akan vitamin A yang dapat membantu sel-sel kuku berkembang biak dengan baik. Ketika Anda tidak mendapatkan cukup vitamin A dalam tubuh, maka kuku Anda bisa rapuh dan mudah retak.

5. Paprika kuning

Tahukah Anda jika kandungan vitamin C dalam paprika kuning lebih banyak daripada jeruk? Ya, paprika kuning adalah pemenangnya dalam hal kandungan vitamin C. Salah satu vitamin kuku ini dibutuhkan tubuh Anda untuk memproduksi kolagen dan protein struktural dalam kuku.Namun, produksi kolagen dapat berkurang seiring bertambahnya usia sehingga menyebabkan kuku menjadi lebih tipis dan rapuh. Jadi, sangat penting untuk mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C agar kuku tetap kuat dan sehat.

6. Buah-buahan beri

Buah-buahan beri, terutama stroberi dan blueberry, mengandung antioksidan yang melimpah. Mengonsumsi buah-buahan ini adalah cara mudah dan lezat untuk mendapatkan banyak nutrisi dan vitamin dalam tubuh, termasuk vitamin kuku.Faktanya, buah-buahan beri dapat meningkatkan nutrisi yang dapat mempertebal dan menguatkan kuku. Antioksidan di dalamnya membantu melindungi sel-sel tubuh Anda dari kerusakan akibat radikal bebas.Kerusakan ini dapat meningkatkan hormon stres dan peradangan, yang berdampak pada semua sel dalam tubuh, termasuk yang ada di rambut dan kuku.

7. Daging tanpa lemak

Daging tanpa lemak mengandung protein yang dibutuhkan oleh kuku. Yang dimaksud daging tanpa lemak di sini adalah ayam, sapi, atau kalkun. Kuku terbuat dari protein, jadi menambahkan lebih banyak protein ke dalam makanan Anda sehari-hari akan membantu memperkuat kuku. Makanan di atas bisa Anda jadikan opsi sebagai sumber vitamin kuku.Jika Anda ingin memiliki kuku yang sehat dan kuat, pastikan untuk menyertakan beragam makanan di atas dalam pola makan sehari-hari Anda. Selain menyehatkan kuku, Anda juga mendapatkan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh secara keseluruhan.
kuku
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/vitamins-for-nails#section2
Diakses pada 27 Mei 2020
Insider. https://www.insider.com/foods-that-are-good-for-your-nails-2018-4
Diakses pada 27 Mei 2020
Nailspaexperience. http://nailspaexperience.com/blog/nail-vitamins/
Diakses pada 27 Mei 2020.
Prevention. https://www.prevention.com/food-nutrition/a22563114/foods-vitamins-for-nails/
Diakses pada 27 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait