Ragam Titik Refleksi Wajah dan Cara Memijatnya


Memijat pada titik refleksi wajah bisa mendatangkan banyak manfaat, mulai dari mengatasi masalah susah tidur, hingga mengurangi ketegangan otot. Setidaknya ada 3 titik refleksi pada wajah yang dikenal, yakni yin tang, taiyang, dan bitong.

0,0
13 Jun 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Titik refleksi wajah dapat dipijit sendiri atau dengan bantuan terapisAda sejumlah titik refleksi wajah yang bisa dipijit
Pijat refleksi atau refleksiologi didasarkan pada konsep bahwa area tubuh tertentu berhubungan dengan sistem organ dan anggota tubuh lainnya, termasuk wajah. Pijat refleksi pada wajah dapat dilakukan dengan memberikan tekanan pada titik refleksi wajah yang berkaitan dengan organ-organ tubuh tertentu.Merangsang titik-titik refleksi saat pijat wajah dianggap dapat mempengaruhi area otak yang bertanggung jawab untuk mengatur organ-organ yang berkaitan. Tujuan dari pijat refleksi wajah adalah menggunakan titik-titik pijat tersebut untuk menyembuhkan tubuh secara alamiah.

Macam-macam titik refleksi wajah

Walaupun sering dianggap sama, pijat refleksi ternyata berbeda dengan akupresur. Refleksi menggunakan pemetaan mikrokosmos tubuh (refleks yang tersusun secara teratur menyerupai bentuk tubuh manusia) pada wajah, kaki, tangan, dan telinga.Di sisi lain, akupresur menggunakan lebih dari 800 titik refleks di sepanjang garis energi yang membentang di seluruh tubuh yang disebut meridian. Dengan demikian, beberapa titik akupresur wajah dan titik refleksi wajah mungkin saja sama atau bisa berbeda dengan titik akupresur wajah.Setidaknya ada tiga titik refleksi pada wajah paling umum yang dapat Anda tekan saat melakukan pijat wajah sendiri di rumah.

1. Yin tang

Titik refleksi wajah yin tang terletak pada bagian tengah dahi di antara kedua alis. Pijat wajah pada titik ini dipercaya dapat membantu menjernihkan pikiran, menghilangkan kelelahan mata, hingga mengurangi tekanan di sekitar mata, hidung, dan kepala.Cara refleksi wajah pada titik yin tang adalah:
  • Letakkan ibu jari atau jari tengah pada titik yin tang.
  • Condongkan kepala ke depan supaya beban berpindah pada jari penyangga.
  • Tekan titik refleksi wajah yin tang dan buat gerakan memutar dengan ibu jari.
  • Ambil napas dalam-dalam sebanyak 10 kali sambil memijat, lalu lepaskan.

2. Taiyang

Ada sekumpulan titik refleksi wajah di pelipis yang disebut taiyang. Anda dapat melakukan pijat wajah pada area ini untuk meringankan sakit kepala karena tegang, menghilangkan stres, dan menenangkan pikiran.Cara memijat titik refleksi wajah taiyang adalah:
  • Tempatkan bantalan jari telunjuk dan jari tengah Anda pada pelipis, lalu gosok titik taiyang secara melingkar secaa perlahan selama 10 tarikan napas dalam.
  • Letakkan jari di tengah pelipis, tahan selama dua tarikan napas panjang, lalu lepaskan perlahan.

3. Bitong

Titik refleksi wajah bitong terletak pada titik pertemuan garis lekukan nasolabial dengan cuping hidung. Manfaat pijat wajah pada titik bitong adalah mengatasi sumbatan dan meredakan peradangan pada hidung.Cara memijat titik refleksi wajah bitong adalah:
  • Gunakan jari telunjuk atau jari tengah untuk menekan titik bitong.
  • Buat lingkaran kecil untuk membawa sirkulasi ke sinus Anda.

Manfaat pijat refleksi wajah

Bukti ilmiah terkait efektivitas pijat wajah refleksiologi masih sangat terbatas. Namun, tidak ada salahnya jika Anda berminat untuk mencoba metode tradisional ini.Hampir tidak ada efek samping berbahaya dari refleksiologi jika dilakukan oleh ahlinya. Terlebih, banyak orang mengaku merasakan manfaat refleksiologi yang telah dipraktikkan selama ratusan tahun di seluruh penjuru dunia ini.Berikut adalah beberapa klaim manfaat pijat titik refleksi wajah:
  • Kualitas tidur yang lebih baik
  • Meningkatkan energi
  • Mengurangi ketegangan otot
  • Kulit lebih sehat
  • Memperbaiki suasana hati
  • Meredakan sakit
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Meredakan sakit kepala
  • Melegakan sinus
  • Menenangkan pikiran
  • Mendetoksifikasi tubuh.
Sebuah studi yang diterbitkan di National Library of Medicine mengungkapkan bahwa pijat wajah selama 20 menit lebih banyak memberikan efek relaksasi jika dibandingkan pijatan pada kaki.Selain itu, orang yang menerima pijat wajah juga mengalami penurunan tekanan darah sistolik lebih banyak dibandingikan pijatan pada kaki. Pijatan pada titik refleksi ini bisa mengencangkan wajah.Walaupun penelitian tersebut tidak menggunakan teknik pijat refleksiologi, hal ini tetap bisa memberikan gambaran bahwa pijat titik refleksi wajah dapat menjadi metode pengobatan pelengkap yang efektif untuk mengatasi stres dan gangguan tidur.Pijat wajah secara rutin juga dapat bermanfaat bagi kecantikan kulit. Tidak ada titik refleksi mengencangkan wajah secara khusus. Namun, pijat refleksi wajah dapat bermanfaat dalam meningkatkan kondisi kulit secara umum, termasuk peningkatan hidrasi, sirkulasi, dan vitalitas, sehingga kulit wajah tampak lebih sehat.

Refleksi wajah untuk menghilangkan sinusitis

Salah satu manfaat melakukan refleksi wajah adalah mengatasi penyakit sinusitis. Menurut ahli akupuntur, setidaknya terdapat tiga titik wajah yang bisa ditekan untuk meringankan gejala sinusitis.Cara refleksi wajah untuk mengatasi sinusitis adalah:
  • Untuk meredakan nyeri, tekanan titik di antara alis menggunakan ibu jari atau telunjuk
  • Tekan dengan gerakan melingkar di titik tersebut selama 5 detik
  • Tekan pelipis menggunakan gerakan melingkar yang sama
  • Terakhir, tekan titik samping kanan dan kiri lubang hidung dengan gerakan melingkar juga selama 5 detik
Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
perawatan wajahpijat
Healthline. https://www.healthline.com/health/facial-reflexology-benefits-points-tools#what-is-it
Diakses 31 Mei 2021
The Healthy. https://www.thehealthy.com/alternative-medicine/facial-reflexology/
Diakses 31 Mei 2021
Taking Charge. https://www.takingcharge.csh.umn.edu/explore-healing-practices/reflexology/how-does-reflexology-work
Diakses 31 Mei 2021
Eminence Organics. https://eminenceorganics.com/us/blog/2021/03/25/facial-reflexology-benefits-reflexology-may-surprise-you
Diakses 31 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait