Ragam Pilihan Obat Kurang Darah, Mulai dari Alami Hingga Medis

(0)
30 Aug 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu obat kurang darah alami adalah jus buah bitJus buah bit dianggap sebagai obat kurang darah alami
Kurang darah atau anemia adalah kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah atau kualitas darah merah buruk sehingga tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Saat mengalami anemia, biasanya seseorang akan sering merasa lelah dan lemah akibat darah tidak dapat didistribusikan dengan baik ke seluruh organ tubuh.Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa pilihan obat kurang darah yang bisa Anda ambil. Mulai dari obat kurang darah alami hingga obat-obatan yang diresepkan oleh dokter.

Obat kurang darah secara medis

Pemberian obat kurang darah dari dokter akan disesuaikan dengan penyebabnya. Umumnya, penyebab anemia adalah kekurangan zat besi. Namun, anemia juga bisa disebabkan oleh masalah kesehatan lainnya.Anemia dapat berlangsung secara sementara atau dalam jangka panjang. Tingkat keparahannya pun bisa berbeda beda, mulai dari ringan hingga berat.Berikut adalah pilihan obat kurang darah berdasarkan penyebabnya:

1. Anemia defisiensi besi

Untuk anemia defisiensi zat besi, obat kurang darah yang digunakan adalah suplemen zat besi. Jenis suplemen ini bisa diperoleh tanpa resep dokter di apotek atau toko obat. Selain pemberian suplemen, Anda juga dapat membantunya dengan mengonsumsi makanan tinggi zat besi.

2. Anemia karena kekurangan vitamin B12, B9, dan C

Selain kekurangan zat besi, kekurangan vitamin B12, B9 (asam folat), dan C, juga dapat menyebabkan kurang darah atau anemia.Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya konsumsi suplemen makanan mengandung vitamin-vitamin tersebut dan mengubah asupan nutrisi Anda. Suntikan vitamin B12 juga dapat diberikan apabila sistem pencernaan mengalami kesulitan dalam penyerapan vitamin tersebut.

3. Anemia yang jarang terjadi

Anemia juga memiliki beberapa jenis yang lebih jarang terjadi dibandingkan anemia biasa. Jenis-jenis anemia tersebut meliputi:
  • Anemia karena penyakit kronis
  • Anemia aplastik yang disebabkan sumsum tulang gagal memproduksi sel darah dalam jumlah cukup
  • Anemia hemolitik, di mana sel darah merah hancur lebih cepat dibandingkan proses pembentukannya
  • Anemia sel sabit, yakni kelainan bentuk sel darah merah yang diakibatkan karena kelainan genetik
  • Anemia akibat thalasemia, yaitu penyakit bawaan di mana tubuh hanya menghasilkan sedikit sel darah merah dan hemoglobin.
Jenis-jenis anemia di atas memerlukan penanganan yang lebih spesifik berdasarkan penyebabnya dan mungkin memerlukan tindakan medis yang lebih rumit.Penanganan jenis-jenis anemia di atas dapat berupa pemberian suplemen, obat-obatan, suntik hormon, transfusi darah, transplantasi sumsum tulang dan sel induk darah, kemoterapi, hingga pengangkatan limpa mungkin diperlukan tergantung kasusnya.

Obat kurang darah secara alami

Anemia yang disebabkan oleh defisiensi zat besi dan vitamin dapat ditangani dengan pengobatan rumahan. Berikut adalah berbagai cara telah dipercaya dapat memperbaiki dan menjadi obat kurang darah secara alami.

1. Menambah asupan makanan kaya zat besi

Ada dua macam zat besi di dalam makanan, yaitu zat besi heme yang berasal dari hewani dan zat besi nonheme yang berasal dari tumbuhan. Keduanya dapat diserap oleh tubuh. Hanya saja, zat besi heme lebih mudah dalam proses penyerapannya.Sumber makanan kaya zat besi adalah:
  • Daging merah, seperti daging sapi, kambing dan daging rusa
  • Daging unggas, meski kandungan zat besinya tidak sebanyak daging merah.
  • Hati, ginjal, dan lidah sapi yang juga kaya akan folat.
  • Makanan laut
  • Sayuran berdaun hijau
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian, contohnya biji wijen hitam.
  • Makanan yang diperkaya zat besi.

2. Menambah asupan makanan kaya vitamin C

Vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi sekaligus memperkuat imun sehingga dapat dijadikan sebagai obat kurang darah alamiSumber makanan mengandung vitamin C dapat ditemukan pada buah-buahan, seperti buah-buahan sitrus (lemon, jeruk sunkis, jeruk nipis, dan sebagainya), stroberi, kiwi, tomat, dan blewah. Beberapa jenis sayuran, misalnya brokoli. paprika merah manis, dan kubis, juga bisa menjadi sumber vitamin C.Kurma dan kismis juga masuk ke dalam sumber vitamin C yang juga mengandung zat besi. Zat besi pada buah-buahan kering ini bahkan termasuk mudah diserap oleh tubuh.

3. Minum jus bit dan delima

Jus buah bit atau delima berfungsi untuk pembentukan darah dan membersihkan darah. Buah bit kaya akan asam folat, sementara buah delima punya kandungan zat besi dan mineral lainnya, seperti kalium dan tembaga, yang bermanfaat dalam membantu tubuh mengangkut zat besi.Tidak semua orang menyukai rasa dan aroma dari buah bit. Oleh karena itu, untuk membuat rasa jus buah bit lebih nikmat, Anda dapat mencampurnya dengan apel atau wortel sebagai obat kurang darah alami.Anemia bisa jadi merupakan gejala dari penyakit lain yang lebih berbahaya. Apabila tidak ada perubahan pada gejala anemia setelah mengonsumsi suplemen atau obat kurang darah dan mengatur pola makan, sebaiknya Anda mengonsultasikan masalah ini ke dokter.
anemiaanemia defisiensi besi
Mayo Clinic
https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/anemia/diagnosis-treatment/drc-20351366
Diakses 18 Agustus 2020
Healthline
https://www.healthline.com/health/best-diet-plan-for-anemia#nuts-and-seeds
Diakses 18 Agustus 2020
Food NDTV
https://food.ndtv.com/health/7-best-home-remedies-for-anaemia-1655479
Diakses 18 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait