Ragam Pilihan Minuman Antioksidan untuk Tubuh Lebih Sehat


Beberapa pilihan minuman antioksidan yang bisa rutin dikonsumsi yaitu teh hijau, kopi, matcha, serta teh dandelion. Jus bit, jus delima, dan jus tomat juga merupakan minuman antioksidan tinggi.

(0)
18 Nov 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Matcha merupakan salah satu minuman antioksidan yang memberi manfaat bagi tubuhKonsumsi matcha sebagai minuman antioksidan dilaporkan bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat
Dalam menerapkan budaya hidup sehat, antioksidan tentu menjadi nutrisi yang Anda cari dari makanan. Antioksidan memang dikaitkan dengan perlindungan bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas dan mengurangi stres oksidatif penyebab penyakit. Kelompok nutrisi ini pun bisa dengan mudah kita konsumsi melalui minuman antioksidan. Apa saja pilihan minuman antioksidan tinggi?

7 Minuman antioksidan untuk tangkal radikal bebas

Berikut ini pilihan minuman antioksidan untuk hidup dan tubuh yang lebih sehat:

1. Teh hijau

Teh hijau disebut sebagai minuman antioksidan paling sehat di dunia
Teh hijau kaya akan senyawa antioksidan epigalokatekin galat (EGCG)
Teh hijau digadang-gadang sebagai minuman paling sehat di dunia. Betapa tidak, minuman yang diolah dari daun tanaman Camellia sinensis ini mengandung tinggi zat antioksidan – sehingga menjadi minuman antioksidan yang bisa rutin Anda konsumsi.Teh hijau utamanya kaya dengan senyawa antioksidan yang disebut epigalokatekin galat (EGCG). EGCG dilaporkan menjadi senyawa primadona dalam teh hijau yang membuat minuman antioksidan ini amat sangat menyehatkan.

2. Matcha

Saudara teh hijau, yaitu matcha, juga menjadi minuman antioksidan yang menawarkan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh. Tak seperti teh hijau, matcha dibuat dengan seluruh daun tanaman Camellia sinensis – menghasilkan konsentrasi antioksidan yang lebih tinggi. Konsumsi matcha sebagai minuman antioksidan dilaporkan bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat, daya fokus, dan waktu reaksi (waktu yang dibutuhkan seseorang untuk merespons stimulus). Ekstrak matcha juga membantu melawan kerusakan organ hati dan mengurangi pertumbuhan sel kanker.

3. Kopi

Minuman antioksidan yang mungkin menjadi favorit sejuta umat adalah kopi. Kopi merupakan minuman yang kaya dengan zat-zat antioksidan penangkal penyakit, termasuk asam kafeat, asam klorogenat, katekin, kuersetin, dan rutin. Dalam sebuah kajian terhadap 218 riset tahun 2017, dilaporkan bahwa menyeruput 3-4 cangkir kopi dalam satu hari dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung, gangguan hati, dan beberapa jenis kanker.

4. Jus buah delima

Jus delima merupakan salah satu minuman antioksidan terbaik
Jus delima amat kaya zat antioksidan
Walau mungkin bukan menjadi jus yang umum Anda konsumsi, jus buah delima merupakan salah satu minuman antioksidan terbaik. Jus buah delima amat kaya dengan zat antioksidan yang dilaporkan lebih tinggi dibandingkan teh hijau maupun wine. Jus buah delima dilaporkan dapat mengurangi peradangan dan menurunkan tekanan darah secara signifikan. Minuman antioksidan ini juga menangkal penumpukan plak lemak di pembuluh darah.

5. Jus bit

Bit merupakan sayuran umbi-umbian yang sering dianggap sebagai buah karena warnanya nan cerah. Banyak orang mengonsumsi jus bit sebagai minuman antioksidan karena “buah” ini memang kaya dengan senyawa pengendali radikal bebas tersebut.Bit mengantongi senyawa fenolik yang disebut betalain. Betalain merupakan zat antioksidan sekaligus pigmen yang memberikan warna cerah pada bit. Bit pun dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan seperti mengurangi peradangan, meningkatkan kesehatan jantung, dan mengurangi pertumbuhan sel kanker.

6. Teh dandelion

Teh dandelion merupakan minuman antioksidan yang dibuat dengan merebus akar dan daun tanaman dandelion. Tanaman dengan bunga nan cantik ini telah lama digunakan dalam praktik pengobatan tradisional karena efek antiradangnya. Dandelion juga membantu menurunkan kolesterol dan mencegah stres oksidatif berkat kandungan antioksidannya.Ekstrak dandelion mengandung zat-zat antioksidan yang masuk dalam kelompok asam fenolat dan flavonoid – termasuk luteolin, kuersetin, dan asam kafeat. Mengonsumsi teh dandelion sebagai minuman antioksidan menjadi cara mudah namun unik sebagai pengganti teh atau kopi.

7. Jus tomat

Jus tomat merupakan minuman antioksidan yang mudah didapatkan
Kandungan likopen dalam jus tomat dapat membantu mengurangi peradangan
Jika ingin membuat minuman antioksidan yang sangat mudah dicari, maka jus tomat adalah salah satunya. Menurut sebuah riset yang dimuat dalam Nutrition Journal, jus tomat mengantongi kadar antioksidan sekitar 0,48 mmol per 100 gram, berada di bawah jus jeruk dan jus cranberry.  Salah satu antioksidan dalam jus tomat adalah likopen – pigmen karotenoid yang memberi warna merah pada buah ini. Likopen merupakan salah satu antioksidan yang powerful karena membantu mengurangi peradangan di dalam tubuh. Jus tomat sebagai minuman antioksidan juga mengandung nutrisi lain, seperti vitamin C dan beta-karoten. Keduanya merupakan zat antioksidan yang juga memiliki efek antiradang untuk tubuh sehat.

Catatatan dari SehatQ

Ada banyak minuman antioksidan yang bisa dikonsumsi untuk hidup lebih sehat, termasuk teh hijau, matcha, kopi, rebusan dandelion, bahkan jus tomat. Untuk mendapatkan informasi lanjutan terkait minuman antioksidan maupun makanannya, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ bisa diunduh gratis di Appstore dan Playstore yang berikan informasi hidup sehat terpercaya
kopitehantioksidantomat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/tomato-juice
Diakses pada 3 November 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/best-antioxidant-drinks
Diakses pada 3 November 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/top-10-evidence-based-health-benefits-of-green-tea
Diakses pada 3 November 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5696634
Diakses pada 3 November 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2841576/pdf/1475-2891-9-3.pdf
Diakses pada 3 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait