Jadi Susah Diatur, Ini Sederet Penyebab Rambut Kering Anda

Penyebab rambut kering dapat berupa faktor lingkungan, faktor cara merawat rambut, dan faktor penyakit
Rambut kering membuat Anda sulit mengatur dan menyisirnya, sehingga sering menurunkan kepercayaan diri

Anda mungkin kurang percaya diri akibat penampilan rambut. Terlebih, jika Anda memiliki rambut kering yang sulit ditata dan diatur. Memiliki kondisi ini pun tak serta-merta membuat Anda menemukan penyebab rambut kering dan segera mengatasinya.

Salah satu penyebab rambut kering adalah penurunan kelembapan. Kondisi ini membuat penurunan kemilau rambut, serta menjadikannya tampak kusam.

Pada rambut yang sehat, minyak alami di lapisan terluar dapat melindungi bagian dalam rambut, serta memantulkan cahaya. Pantulan cahaya ini menjadikan rambut Anda tampak berkilau.

Rambut kering dapat terjadi pada perempuan, maupun laki-laki, di segala usia. Hanya saja, Anda berisiko mengalami rambut kering, seiring pertambahan umur. Apa saja penyebab rambut kering, yang harus Anda ketahui?

Ragam penyebab rambut kering

Ada banyak sekali faktor yang menjadi penyebab rambut kering. Namun, secara garis besar, terdapat tiga penggolongan pemicu rambut Anda menjadi kering. Penggolongan penyebab rambut kering tersebut, meliputi faktor lingkungan, faktor cara merawat rambut, dan faktor penyakit.

Berikut beberapa faktor penyebab rambut kering, yang harus Anda kenali.

  • Penyebab rambut kering: faktor lingkungan

Rambut bisa menjadi kering, karena hal-hal di sekeliling Anda. Beberapa di antaranya sulit untuk dihindari. Namun, ada sejumlah faktor yang bisa Anda kendalikan.

Beberapa penyebab rambut kering berupa faktor lingkungan, yakni tinggal di daerah yang terik dan kering, terlalu berlebihan mendapat paparan sinar matahari, serta sering berenang di kolam dengan air yang mengandung klorin.

  • Penyebab rambut kering: faktor perawatan rambut

Tak hanya faktor eksternal, cara Anda merawat rambut juga dapat menjadi penyebab rambut kering. Cara-cara yang kurang tepat tersebut, termasuk dengan terlalu sering mencuci rambut, menggunakan produk perawatan rambut berbahan kimia keras, dan menggunakan pengering rambut secara berlebihan.

Selain itu, menggunakan alat pelurus rambut (catokan), dan alat pengeriting rambut juga berkontribusi membuat rambut menjadi kering.

  • Penyebab rambut kering: faktor penyakit

Selain dua kelompok faktor penyebab rambut kering di atas, beberapa penyakit fisik dan psikologis juga dapat membuat rambut Anda menjadi kering dan susah diatur. Misalnya, penderita gangguan makan anoreksia nervosa berisiko mengalami rambut kering, karena kurangnya nutrisi yang masuk ke tubuh.

Rambut penderita hipoparatiroidisme dan hipotiroidisme juga bisa menjadi kering. Pada hipoparatiroidisme, kelenjar paratiroid di leher memproduksi terlalu sedikit hormon paratiroid. Rendahnya kadar hormon tersebut menyebabkan penurunan kadar kalsium, mineral penting termasuk untuk rambut sehat.

Sedangkan pada kondisi hipotiroidisme, kelenjar tiroid tidak dapat menghasilkan hormon tiroid yang cukup. Salah satu gejala dari kekurangan hormon tiroid yakni rambut kering dan rapuh.

Kondisi lainnya, yang menjadi penyebab rambut kering, adalah sindrom Menkes. Kondisi langka ini terjadi karena sel tubuh tidak dapat menyerap mineral tembaga dengan cukup. Kekurangan mineral tembaga dapat membuat rambut tidak sehat, termasuk menjadikannya kering.

Cara menangani rambut kering dengan mudah

Apabila saat ini Anda kerepotan dengan rambut kering, ada beberapa cara mudah dan murah, yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi ini.

  • Keramas dengan minyak hangat

Anda bisa berkeramas menggunakan beberapa jenis minyak, yang kaya dengan vitamin E dan molekul antioksidan. Minyak-minyak ini, membantu menutup lapisan luar rambut dengan kelembapan, sehingga memperbaiki kerusakan.

Beberapa jenis minyak yang bisa Anda gunakan, yakni minyak zaitun, minyak jojoba, minyak jagung, dan minyak kelapa.

Anda bisa mencuci rambut dengan minyak hangat (bukan panas), pijat kulit kepala dengan lembut, dan tutup dengan handuk selama 30 menit. Terakhir, bilas dengan air dan sampo.

  • Menggunakan alpukat sebagai masker

Buah alpukat kaya dengan dengan vitamin A, vitamin E, dan aneka mineral, yang dapat membantu memelihara rambut yang rusak dan kering, serta melembapkan dan menguatkannya.

Anda bisa menghaluskan daging buah alpukat yang sudah matang, dan mencampurkannya dengan satu butir telur. Aplikasikan campuran tersebut ke rambut yang basah sebagai masker. Terakhir, bilas sampai bersih.

Catatan dari SehatQ

Rambut kering yang kerap mengurangi kepercayaan diri, dapat disebabkan oleh berbagai hal. Apabila Anda sudah melakukan berbagai hal, untuk mengatasi rambut kering tapi belum berhasil, berkonsultasi dengan dokter sangat disarankan

Healthline. https://www.healthline.com/health/dry-hair
Diakses pada 8 Oktober 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-dry-hair
Diakses pada 8 Oktober 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321850.php
Diakses pada 8 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed