Ada banyak pilihan obat wasir berdarah yang bisa diambil
Ilustrasi seorang pria yang mengalami wasir berdarah

Wasir, yang juga biasa kita kenal sebagai ambeien, adalah pembengkakan pembuluh darah vena yang terjadi di dalam dan di sekitar anus atau dubur. Wasir umumnya diderita oleh orang dewasa di antara usia 45-65 tahun. Namun, orang yang lebih muda juga bisa mengalaminya, terutama jika mereka terserang diare atau sembelit.

Wasir terjadi karena adanya peningkatan tekanan pada perut yang disebabkan oleh beberapa aktivitas, seperti mengejan, duduk, batuk, konstipasi, atau kehamilan. Penyakit ini juga bisa menimbulkan pendarahan yang mengganggu aktivitas penderitanya.

Obat wasir berdarah

Bagi Anda yang mengalami masalah ini, jangan khawatir karena ada banyak obat wasir berdarah, baik secara alami maupun medis, yang tersedia untuk membantu mengurangi rasa sakit dan menghilangkan iritasi yang ditimbulkan. Berikut adalah beberapa jenis obat wasir berdarah.

1. Witch hazel

Witch hazel merupakan salah satu jenis tanaman yang dipercaya dapat mengurangi gatal dan sakit, terutama pada wasir. Tanaman ini mengandung zat antiperadangan yang bisa mengurangi pembengkakan pada wasir.

Produk-produk witch hazel biasanya berbentuk cairan sehingga dapat dioleskan langsung ke anus.

2. Lidah buaya

Gel lidah buaya sudah digunakan secara turun-temurun untuk mengobati wasir dan berbagai masalah kulit lainnya.

Kandungan antiperadangan dalam lidah buaya dianggap mampu membantu mengurangi iritasi yang ditimbulkan akibat wasir.

3. Mandi air hangat dengan campuran garam mandi

Mandi air hangat dapat membantu meredakan iritasi akibat wasir. Menurut Harvard Health, mandi air hangat selama 20 menit setiap setelah buang air besar adalah waktu yang paling efektif.

Tambahkan garam mandi ke dalam ember atau bak mandi untuk membantu mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan wasir.

4. Kompres air dingin

Kompres dengan es atau air dingin ke anus selama 15 menit dapat meredakan pembengkakan akibat wasir berdarah.

Pastikan untuk membungkus es ke dalam kain atau handuk sebelum mengompres, serta jangan pernah menempelkan es atau air dingin langsung ke kulit Anda.

5. Mengonsumsi makanan tinggi serat

Mengonsumsi makanan tinggi serat, seperti buah, sayuran, dan biji-bijian, adalah salah satu obat wasir berdarah secara alami.

Makanan tinggi serat membantu melunakkan tinja dan meningkatkan jumlahnya sehingga Anda tidak perlu untuk mengejan karena dapat memperburuk gejala wasir.

Menambahkan serat ke dalam asupan sehari-hari juga dapat menghindarkan Anda dari gas berlebih dalam perut.

6. Krim atau salep

Sebagian besar kasus wasir ringan dapat diobati dengan krim, gel, atau salep yang tersedia di apotek terdekat.

Biasanya krim atau salep wasir berperan sebagai vasokonstriktor, yang bekerja dengan mengecilkan pembuluh darah dan jaringan kulit sehingga membantu mengurangi tekanan dan rasa sakit akibat wasir.

Ada juga beberapa obat wasir berdarah di apotek yang mengandung hidrokortison dan steroid, yang membantu mengurangi peradangan pada anus.

7. Obat resep

Jika kondisinya cukup parah, dokter Anda mungkin akan meresepkan obat yang lebih kuat. Biasanya obat-obatan yang diresepkan berupa kombinasi antara hidrokortison dan pramoxine.

Obat-obatan ini bekerja dengan mengurangi pembengkakan dan menghilangkan rasa sakit di area tersebut.

8. Ligasi gelang karet

Ligasi gelang karet adalah prosedur nonbedah yang paling banyak digunakan untuk mengobati wasir.

Pita elastis kecil dimasukkan ke dalam lubang anus untuk memotong sirkulasi wasir sehingga membuat wasir sembuh dalam beberapa minggu.

Cara ini tidak memerlukan bius. meskipun terkadang dapat digunakan jika pasien merasa tidak nyaman.

9. Skleroterapi

Skleroterapi adalah obat wasir berdarah yang dilakukan dengan memasukkan larutan kimia ke dalam pembuluh darah. Tindakan ini bertujuan untuk menghambat aliran darah di dalam wasir supaya dapat menyusut.

10. Terapi koagulasi

Terapi koagulasi umumnya menggunakan energi panas, laser, atau arus listrik untuk menghentikan wasir berdarah.

Setelah wasir menyusut, jaringan parut akan terbentuk untuk menahan pembuluh darah di dekatnya agar tidak menonjol ke dalam saluran anus.

11. Operasi

Untuk wasir akut yang membuat Anda tidak nyaman, biasanya dokter akan merujuk Anda ke spesialis bedah. Dokter bedah biasanya akan menyarankan operasi wasir (hemoroidektomi) untuk mengangkat wasir.

Perawatan medis ini dianggap sebagai cara yang efektif untuk mengobati wasir. Akan tetapi, Anda juga harus mengimbangnya dengan pola makan dan gaya hidup sehat agar wasir tidak kembali muncul.

Itulah beberapa pilihan obat wasir berdarah, mulai dari alami, obat-obatan apotek, resep dokter, hingga tindakan operasi.

Penting bagi Anda untuk mendapatkan diagnosis yang tepat sesuai kondisi wasir yang dialami sebelum menjalani pengobatan. Konsultasikan masalah ini dengan dokter, terutama jika Anda belum pernah mengalami wasir sebelumnya.

Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-hemorrhoids#TOC_TITLE_HDR_1
Diakses pada 14 Juni 2020

Mayoclinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hemorrhoids/diagnosis-treatment/drc-20360280#:~:text=Medications,temporarily%20relieve%20pain%20and%20itching.
Diakses pada 14 Juni 2020

Singlecare. https://www.singlecare.com/blog/hemorrhoid-treatment-and-medications/
Diakses pada 14 Juni 2020

Webmd. https://www.webmd.com/digestive-disorders/understanding-hemorrhoids-treatment-medref#1
Diakses pada 14 Juni 2020

Artikel Terkait