Ragam Obat Penyubur Kandungan, Mulai dari Alami Hingga Medis

Obat penyubur kandungan dapat membantu sel telur menjadi lebih mudah dibuahi
Ilustrasi pembuahan sel telur oleh sperma

Hadirnya anak dalam suatu pernikahan merupakan kebahagiaan yang tak ternilai. Sayangnya, tak semua pasangan bisa memiliki buah hati dengan mudah. Beberapa pasangan akan mencoba berbagai cara untuk mendapatkan momongan, salah satunya dengan mengonsumsi obat penyubur kandungan bagi sang istri.

Lakukan tes ini sebelum meminum obat penyubur kandungan

Sebelum Anda memulai terapi atau program kehamilan, biasanya dokter akan melakukan serangkaian tes untuk memastikan status kesuburan Anda. Beberapa tes yang termasuk di dalamnya, yakni:

  • Tes ovulasi untuk menentukan apakah proses produksi sel telur (ovulasi) terjadi secara teratur atau tidak.
  • Tes histerosalpingografi yang dilakukan oleh dokter obgyn untuk mendeteksi kelainan pada rongga rahim.
  • Pemeriksaan cadangan sel telur pada ovarium yang bertujuan menentukan kualitas dan kuantitas telur yang tersedia untuk ovulasi. Tes ini dilakukan melalui tes darah dan USG, dengan partisipan utamanya adalah wanita berusia di atas 35 tahun. 
  • Tes hormon untuk memeriksa kadar hormon ovulasi, hormon tiroid, dan kelenjar pituitari yang mengontrol proses reproduksi.

Berdasarkan hasil tes tersebut, dokter akan menentukan obat penyubur kandungan yang paling tepat untuk kondisi kesehatan Anda.

Macam-macam obat penyubur kandungan

Obat penyubur kandungan atau obat kesuburan bermanfaat untuk mengatur dan merangsang terjadinya ovulasi. Hal ini merupakan pengobatan utama untuk wanita yang mengalami ketidaksuburan. Jenis obat-obatan ini umumnya bekerja dengan cara yang sama layaknya hormon alami pada tubuh.

Berikut adalah jenis-jenis obat penyubur kandungan yang mungkin direkomendasikan:

  • Metformin

Selain dikenal sebagai obat diabetes, metformin juga biasa digunakan untuk wanita yang didiagnosis PCOS (sindrom polikistik ovarium), di mana hormon penderitanya tidak seimbang sehingga sel telur tak berkembang.

Metformin bekerja dengan cara menurunkan kadar insulin dan gula darah pada wanita PCOS yang berpengaruh untuk mengatur siklus menstruasi, memulai ovulasi, dan menurunkan risiko keguguran.

  • Klomifen Sitrat

Obat ini bekerja dengan cara merangsang kelenjar pituitari untuk melepaskan lebih banyak hormon FSH (follicle stimulating hormone) dan LH (luteinizing hormone), yang dapat merangsang pertumbuhan folikel ovarium sehingga dapat memulai proses ovulasi.

Klomifen sitrat biasanya dikonsumsi dengan cara diminum di hari ketiga sampai hari kelima menstruasi.

  • Gonadotropin

Obat ini berisi hormon gonadotropin. Berbeda dengan klomifen sitrat yang menstimulasi hormon, gonadotropin bekerja dengan cara merangsang langsung ke ovarium untuk menghasilkan sel telur yang lebih banyak.

Obat ini diberikan dengan cara disuntikkan, sehingga untuk pengaplikasiannya sebaiknya dilakukan oleh dokter. Penggunaan gonadotropin harus lebih diperhatikan karena dapat meningkatkan kemungkinan hamil dengan bayi kembar atau melahirkan prematur.  

  • Bromocriptine

Obat ini bekerja dengan cara menurunkan kadar prolaktin berlebihan yang diduga menyebabkan masalah pada proses ovulasi. Sebagai penyeimbang hormon, bromocriptine juga digunakan agar mentsruasi dapat berjalan teratur setiap bulan.

  • Letrozole

Pada prinsipnya, letrozole memiliki cara kerja yang sama dengan klomifen sitrat, yaitu untuk merangsang proses ovulasi. Obat ini tidak terlalu sering diresepkan karena efek sampingnya pada tahap kehamilan belum diketahui dengan baik.

Penyubur kandungan alami

Buah-buahan berry mengandung antioksidan
Blueberry mengandung kadar antioksidan yang tinggi

Sebagai alternatif dari obat-obatan kimia di atas, Anda bisa rutin mencoba beberapa bahan alami yang telah diyakini sebagai obat penyubur kandungan. Bahan-bahan tersebut, di antaranya:

  • Makanan dengan kadar antioksidan yang tinggi

Makanan seperti buah, sayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian adalah makanan yang tinggi kadar antioksidan. Makanan ini dianggap dapat menjadi penyubur kandungan karena dapat menjaga kualitas sel telur. Pasalnya, zat antioksidan yang terkandung dapat menonaktifkan radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel telur.

  • Produk dari susu

Sebuah penelitian dari Tremellen, seorang profesor di bidang kesehatan reproduksi, mengungkapkan bahwa wanita yang mengonsumsi susu dan produk turunannya, seperti yogurt atau keju setiap harinya, berpotensi 27 persen lebih rendah untuk mengalami infertilitas. 

  • Daging rendah lemak

Daging dengan sedikit lemak, seperti dada ayam atau kalkun, adalah sumber protein yang kaya dengan zat besi. Zat besi dikenal sebagai nutrisi penting yang dapat meningkatkan kesuburan.

  • Ikan berminyak

Ikan salmon atau sarden dapat bermanfaat sebagai penyubur kandungan karena kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi. Zat tersebut berguna untuk meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi dan dapat mengatur hormon reproduksi.

  • Karbohidrat kompleks

Kenaikan gula darah dan insulin dapat mengganggu kestabilan hormon reproduksi dan mengacaukan siklus menstruasi. Dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, gandum, atau kacang polong, kenaikan gula darah dan insulin dapat dihindari.

  • Tiram

Tiram kaya akan zat besi yang bermanfaat untuk mengatur siklus menstruasi menjadi lebih baik dan menghasilkan sel telur yang lebih berkualitas.

  • Ubi liar

Beberapa peniliti mengungkapkan fakta bahwa ubi liar memiliki zat yang dapat menstimulasi proses ovulasi. Dalam banyak kasus, populasi warga yang mengonsumsi ubi memiliki data dengan kelahiran anak kembar yang lebih banyak.

Terapi medis ataupun mengonsumsi produk-produk alami sebagai penyubur kandungan sebaiknya diikuti dengan pola hidup sehat, seperti rajin berolahraga, serta menghindari rokok dan alkohol.

Usahakan juga untuk tetap tenang dan hindari stres. Agar ketika tiba saatnya untuk mendapat momongan, Anda sedang dalam kondisi terbaik untuk mengandung si buah hati.

Mayoclinic. www.mayoclinic.org
Diakses pada Januari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/17-fertility-tips-to-get-pregnant#1.-Eat-Foods-That-Are-Rich-in-Antioxidants
Diakses pada Januari 2020

Medlineplus. https://medlineplus.gov/druginfo/meds/a682079.html
Diakses pada Januari 2020

Medlineplus.https://medlineplus.gov/druginfo/meds/a682704.html
Diakses pada Januari 2020

Everydayhealth. https://www.everydayhealth.com/pregnancy/getting-pregnant/foods-that-make-you-fertile.aspx
Diakses pada Januari 2020

Cardiosmart. https://www.cardiosmart.org/healthwise/tw93/15/tw9315
Diakses pada Januari 2020

Drugs. https://www.drugs.com/clomiphene.html
Diakses pada Januari 2020

Drugs. https://www.drugs.com/drug-class/gonadotropins.html
Diakses pada Januari 2020

Drugs. https://www.drugs.com/cdi/bromocriptine-parlodel.html
Diakses pada Januari 2020

Artikel Terkait