Ragam Obat Ginjal Alami untuk Sehatkan Dua Organ Penting Ini

(0)
24 Jul 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu obat ginjal alami untuk menyehatkannya adalah air putihAir putih merupakan salah satu obat ginjal alami untuk menjaganya tetap sehat
Ginjal merupakan sepasang organ yang sangat vital untuk kehidupan. Dua organ ginjal berperan untuk menyingkirkan sampah dan zat sisa metabolisme, menyeimbangkan elektrolit, serta memproduksi hormon. Dengan demikian, tak dipungkiri lagi bahwa menjaga kesehatan ginjal perlu diterapkan agar fungsinya optimal. Beberapa makanan bisa menjadi obat ginjal alami untuk membersihkan dan menyehatkannya. Apa saja?

Ragam obat ginjal alami untuk membersihkan dan menyehatkannya

Berikut ini beberapa ‘obat ginjal alami’ yang perlu dicukupkan kebutuhannya agar ginjal tetap sehat:

1. Air putih

Sebenarnya, air putih merupakan obat ginjal alami terbaik agar organ ini tetap sehat. Sebab, sekitar 60% tubuh manusia adalah air. Setiap organ di tubuh kita memerlukan air untuk berfungsi dengan maksimal dan optimal.Air diperlukan ginjal untuk mengeluarkan urine, yang membawa banyak produk limbah sisa metabolisme di dalam tubuh. Apabila tubuh kekurangan cairan, urine yang dikeluarkan juga sedikit. Urine yang sedikit tersebut dapat berujung pada masalah fungsi ginjal. Bahkan, risiko batu ginjal pun akan meningkat.Kebutuhan cairan tiap-tiap orang dapat berbeda. Institut of Medicine menyebutkan kebutuhan air harian pria yakni 3,7 liter dan wanita yakni 2,7 liter. Pada banyak individu, menyegerakan diri untuk minum saat merasa haus menjadi cara terbaik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Apabila Anda banyak berkeringat, maka disarankan untuk lebih banyak meminum air.  

2. Jus buah sitrus dan melon

Melon dan buah sitrus mengandung nutrisi yang disebut asam sitrat. Asam sitrat dapat menjadi ‘obat ginjal alami’ karena dapat berikatan dengan kalsium di dalam urine sehingga mencegah pembentukan batu ginjal.Air dalam jus buah juga menjadi cara menyenangkan untuk mencukupkan kebutuhan cairan Anda. Namun, penting untuk diingat bahwa Anda tak bisa berlebihan dalam mengonsumsi jus buah. Menambahkan gula juga tak disarankan saat menyajikan jus buah.

3. Makanan kaya kalsium

Beberapa orang percaya bahwa kalsium harus dihindari untuk mencegah batu ginjal. Alasan yang selama ini dianut yakni batu ginjal bisa terjadi akibat penumpukan kalsium oksalat.Sebenarnya, faktanya ternyata tidak demikian.Kalsium perlu dicukupkan asupannya agar nutrisi ini dapat berikatan dengan oksalat di lambung dan usus. Kalsium dan oksalat yang berikatan di saluran pencernaan akan mencegah oksalat masuk ke dalam ginjal. Karena tidak masuk ke ginjal, oksalat pun akan keluar bersama dengan kalsium tersebut dan batu ginjal pun tak akan terbentuk.Cara terbaik mengonsumsi kalsium adalah dari makanan sehat, termasuk dari susu sapi, susu almond, susu kedelai, dan keju. Sebaliknya, suplemen kalsium boleh jadi meningkatkan risiko batu ginjal.

4. Buah anggur

Anggur dan buah-buahan beri mengandung senyawa nabati yang disebut resveratrol. Senyawa ini dilaporkan membantu mengurangi peradangan pada ginjal, walau riset yang dilakukan masih berfokus pada hewan.Namun, rasa anggur yang menyegarkan dapat menjadi camilan manis di siang hari. Buah ini juga terasa lebih segar jika dikonsumsi setelah dibekukan.

5. Cranberry

Buah cranberry memiliki popularitas sebagai obat ginjal alami. Buah ini dilaporkan dapat mengurangi risiko infeksi saluran kencing karena membantu mencegah bakteri menempel pada dinding saluran kemih. Tak sampai di situ, buah cranberry segar juga mengandung vitamin C, serat, serta polifenol. Buah ini pun mengandung hanya 1 mg natrium sehingga bisa rutin Anda konsumsi sehari-hari.

Suplemen untuk kesehatan ginjal, apakah ada?

Beberapa suplemen gizi berikut ini memiliki potensi untuk menjadi obat ginjal alami. Namun sebelum mengonsumsinya, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

1. Vitamin B6

Vitamin B6 atau piridoksin menjadi kofaktor (elemen) penting untuk berbagai reaksi metabolik di dalam tubuh. Untuk menjaga kesehatan ginjal, B6 berperan dalam metabolisme glioksilat menjadi glisin. Apabila asupan B6 kurang di dalam tubuh, glioksilat dapat menjelma menjadi oksalat, salah satu pemicu batu ginjal.

2. Omega-3

Omega-3 telah didapuk menjadi nutrisi vital karena perannya yang esensial bagi tubuh. Menambah asupan omega-3 juga membantu menjaga keseimbangannya dengan omega-6, asam lemak lain yang berisiko memicu terbentuknya batu ginjal.Anda bisa mengonsumsi suplemen minyak ikan yang tinggi dengan omega-3, terutama DHA dan EPA.

3. Kalium sitrat

Kalium merupakan mineral yang berperan dalam keseimbangan elektrolit dan keseimbangan pH urin. Mengonsumsi suplemen kalium sitrat dilaporkan dapat membantu mencegah terbentuknya batu ginjal, terutama risiko kambuh pada pasien penyakit ini.Namun, apabila Anda memiliki gangguan ginjal lain di masa lalu, diskusikan dengan dokter sebelum konsumsi kalium sitrat.

Catatan dari SehatQ

Obat ginjal alami yang utama adalah air putih agar organ ini tetap sehat dan berfungsi normal. Beberapa makanan dan suplemen juga berpotensi untuk menjaga kesehatan ginjal. Namun untuk suplemen, Anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
batu ginjalpenyakit ginjalgangguan ginjal
Healthline. https://www.healthline.com/health/kidney-cleanse
Diakses pada 10 Juli 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/fruit-juice-vs-soda
Diakses pada 10 Juli 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/how-much-water-should-you-drink-per-day
Diakses pada 10 Juli 2020
Healthline https://www.healthline.com/nutrition/how-to-drink-more-water
Diakses pada 10 Juli 2020
National Kidney Foundation. https://www.kidney.org/atoz/content/calcium-oxalate-stone
Diakses pada 10 Juli 2020
National Kidney Foundation. https://www.kidney.org/news/keephealthy/newsletter/FallWinter2013/KH_Cranberry-Kidney-Connection
Diakses pada 10 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait