Ragam Obat Eksim Kering Menahun di Kaki, dari Obat-obatan hingga Bahan Rumahan

(0)
10 Oct 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu obat eksim kering menahun di kaki adalah krim atau salep kortikosteroidKrim atau salep kortikosteroid dapat digunakan sebagai obat eksim kering
Eksim kering merupakan peradangan kulit yang disebabkan gangguan sistem imun tubuh. Salah satu jenisnya yang paling umum adalah dermatitis atopik. Penyakit kulit ini biasanya bertahan lama dan bisa muncul di berbagai bagian tubuh, terutama kaki. Hingga saat ini, belum ada obat eksim kering menahun di kaki yang membuatnya sembuh total.Eksim kering di kaki atau bagian tubuh lainnya yang telah lama reda dapat kambuh lagi saat Anda melakukan kontak dengan pemicu eksim. Setiap orang dapat memiliki pemicu eksim yang berbeda, misalnya makanan (kacang atau susu), asap rokok, kain wol, serbuk sari, sabun, wewangian, dan lain sebagainya.

Obat eksim kering menahun di kaki

Pemberian obat eksim kering menahun di kaki atau di bagian tubuh lainnya harus disesuaikan dengan kondisi pasien, seperti usia pasien, gejala eksim, dan kondisi kesehatan saat ini.Ada beberapa opsi obat-obatan yang mungkin diberikan oleh dokter. Di samping itu, Anda juga dapat melakukan beberapa perawatan di rumah untuk meringankan gejala eksim kering, atau mencegahnya kambuh kembali.Berikut adalah beberapa pilihan obat eksim kering menahun di kaki:

1. Krim dan salep kortikosteroid

Krim dan salep kortikosteroid topikal digolongkan sebagat obat antiradang yang dapat meredakan gejala utama eksim, seperti peradangan dan gatal. Kedua obat ini dapat dioleskan langsung ke kaki atau area tubuh lainnya yang mengalami eksim. Obat jenis ini bisa dibeli di apotek atau dengan resep dokter.

2. Kortikosteroid sistemik

Obat-obatan jenis kortikosteroid sistemik biasanya diberikan dokter apabila obat topikal tidak efektif. Obat ini biasanya berupa obat oral (minum) atau lewat suntikan dari dokter.

3. Antihistamin

Obat-obatan antihistamin merupakan jenis obat antialergi yang dapat menyebakan kantuk sehingga bisa mencegah dan mengurangi kebiasaan menggaruk bagian yang terkena eksim saat tidur.

4. Antibiotik

Obat antibiotik dapat diresepkan sebagai obat eksim kering menahun di kaki apabila terjadi infeksi bakteri pada area kulit yang terdampak.

5. Obat antivirus dan antijamur

Obat antivirus dan antijamur bisa diresepkan oleh dokter jika ia mendiagnosis adanya infeksi jamur dan virus pada area yang terdampak eksim.

6. Kalsineurin inhibitor topikal

Obat jenis kalsineurin inhibitor topikal berfungsi untuk menekan aktivitas sistem imun sehingga mengurangi peradangan akibat eksim kering.

7. Barrier repair moisturizer

Jenis obat eksim kering menahun di kaki ini berfungsi untuk menjaga kelembapan, mengurangi kehilangan air di kulit, dan memperbaiki kondisi kulit.

8. Fototerapi

Fototerapi cahaya bukan obat, melainkan prosedur di mana kulit yang sakit diberikan paparan gelombang UVA atau UVB. Cara ini digunakan untuk kondisi eksim kering sedang.Meskipun obat eksim kering menahun di kaki tidak dapat menyembuhkan secara permanen, eksim yang kambuh tetap harus diberi perawatan. Eksim yang dibiarkan dapat bertahan sangat lama dan kondisinya bisa bertambah parah atau bahkan infeksi.

Perawatan rumahan untuk eksim kering menahun di kaki

Lidah buaya juga bisa digunakan untuk meredakan eksim kering
Gel lidah buaya mampu meredakan gejala eksim kering
Selain lewat obat-batan, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan di rumah sebagai perawatan eksim kering menahun di kaki.

1. Gel lidah buaya

Gel lidah buaya memiliki berbagai manfaat bagi kulit, seperti antibakteri, antiperadangan, menjaga kelembapan, dan menyembuhkan luka. Gunakan gel lidah buaya asli yang tidak memiliki banyak bahan tambahan.

2. Cuka apel

Cuka apel dapat berfungsi utnuk memperkuat pertahanan kulit dengan menyeimbangkan tingkat keasamannya. Penggunaan cuka ini harus dicampur air karena jika tidak diencerkan dapat menyebabkan luka bakar.Jika cuka apel digunakan sebagai kompres dengan kapas, larutkan cuka apel pada air hangat dan oleskan ke kulit. Sedangkan, jika cuka ini digunakan untuk mandi berendam, larutkan cuka apel pada air rendaman.

3. Pemutih

Sebuah penelitian tahun 2015 menyebutkan bahwa mandi dengan campuran air pemutih efektif meredakan eksim. Cara ini dapat mengurangi kebutuhan pemberian obat eksim kering menahun di kaki, yakni berupa kortikosteroid atau antibiotik.Cara menggunakan pemutih sebagai perawatan eksim kering adalah dengan memasukkan setengah tutup bleach pada satu bath tub yang terisi penuh. Anda juga bisa melarutkan satu sendok teh pemutih pada 3,8 liter air. Berendamlah selama 5-10 menit. Setelah selesai, bilas dengan air hangat lalu keringkan menggunakan handuk lembut.Saat eksim kering kambuh, Anda juga disarankan untuk mandi dengan air hangat dan menggunakan pelembap kulit untuk mengunci kelembapannya. Pastikan obat atau bahan rumahan apa pun yang Anda gunakan tidak menyebabkan alergi.Hentikan perawatan jika muncul infeksi atau kondisi memburuk setelah penggunaan obat eksim kering menahun di kaki. Segera konsultasikan masalah ini dengan dokter kulit.Jika Anda punya pertanyaan seputar obat eksim kering menahun di kaki, jangan ragu untuk tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store maupun Google Play.
eksimeksim atopik
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/14417
Diakses 25 September 2020
Medical News Today.. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324228
Diakses 25 September 2020
National Eczema. https://nationaleczema.org/eczema/types-of-eczema/atopic-dermatitis/
Diakses 25 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait