Ragam Nutrisi dan Manfaat Tepung Gram yang Dibuat dari Kacang Arab


Tepung gram adalah tepung yang terbuat dari kacang Arab kering. Tepung gram memiliki sejumlah kelebihan dan manfaat, termasuk tinggi protein, serat, hingga folat.

(0)
09 Mar 2021|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Tepung gram adalah tepung yang dibuat dari kacang Arab atau kacang garbanzo keringTepung gram mengandung protein dan serat yang bermanfaat bagi tubuh
Tepung gram adalah tepung yang dibuat dari kacang Arab atau kacang garbanzo kering. Kacang Arab tersebut diproses hingga pada akhirnya menghasilkan bubuk yang siap digunakan sebagai tepung. Populer dalam kuliner India dan Timur Tengah, tepung gram atau tepung besan dapat menjadi alternatif tepung terigu atau mungkin digunakan bersama.Tepung gram menawarkan beberapa kelebihan, seperti tinggi dengan serat maupun protein. Nutrisi dan kandungan lain dalam tepung gram juga membuatnya bermanfaat untuk kesehatan. Ketahui selengkapnya nutrisi dan manfaat tepung gram.

Kandungan nutrisi dalam tepung gram

Satu cup (92 gram) tepung gram atau tepung kacang Arab menawarkan nutrisi berikut ini:
  • Kalori: 356
  • Protein: 20 gram
  • Lemak: 6 gram
  • Karbohidrat: 53 gram
  • Serat: 10 gram
  • Tiamin: 30% dari Angka Kecukupan Gizi (AKG) harian
  • Folat: 101% dari AKG harian
  • Besi: 25% dari AKG harian
  • Fosfor: 29% dari AKG harian
  • Magnesium: 38% dari AKG harian
  • Tembaga: 42% dari AKG harian
  • Mangan: 74% dari AKG harian
Dari daftar di atas, bisa disimpulkan bahwa tepung gram atau tepung besan mengandung tinggi folat atau vitamin B9. Tepung gram juga tinggi protein, mangan, tembaga, magnesium, hingga vitamin B1. 

Manfaat tepung gram untuk kesehatan

Dapat menjadi alternatif tepung terigu, ini dia manfaat tepung gram:

1. Lebih mengenyangkan dari tepung terigu

Konsumsi legum seperti kacang Arab dilaporkan dapat menurunkan rasa lapar. Pun begitu dengan tepungnya, yang juga diyakini dapat mengurangi keinginan makan. Walau kesimpulan riset yang sudah ada masih perlu dikonfirmasikan lebih lanjut, beberapa studi menemukan adanya kaitan antara konsumsi tepung gram dengan peningkatan rasa kenyang.Salah satu cara tepung gram mengurangi rasa lapar yakni dengan mengendalikan hormon lapar ghrelin. Penurunan hormon ghrelin diyakini dapat meningkatkan rasa kenyang.

2. Mengandung tinggi protein dibandingkan tepung lain

Tepung gram atau tepung kacang Arab menawarkan protein yang lebih tinggi dibandingkan tepung lain, termasuk tepung gandum utuh dan tepung putih.Dalam satu cup tepung gram dapat memberikan sekitar 20 gram protein. Bandingkan dengan tepung gandum utuh yang proteinnya hanya 16 gram dan dalam tepung putih hanya sekitar 13 gram.Pola makan tinggi protein membantu perut kenyang lebih lama. Konsumsi protein dengan cukup juga penting dalam pemeliharaan massa otot.

3. Berpotensi untuk mengendalikan kolesterol

Kacang Arab maupun tepungnya mengantongi serat dalam kadar yang mengesankan. Satu cup tepung gram menawarkan serat hingga 10 gram. Jumlah tersebut tiga kali lebih tinggi dibandingkan kandungan serat dalam tepung putih.Serat memberikan efek yang luar biasa baik untuk kesehatan, termasuk mengendalikan kolesterol di darah. Menurut sebuah studi, konsumsi kacang Arab selama 5 minggu dapat menurunkan kadar kolesterol total hingga 3,9% dan kolesterol jahat (LDL) hingga 4,6%, dibandingkan dengan konsumsi gandum.

4. Lebih rendah kalori dibandingkan dengan tepung biasa

Jika Anda tengah menjalani diet yang menuntut menekan asupan kalori, tepung gram dapat menjadi pilihan. Pasalnya, satu cup tepung gram memiliki kalori 25% lebih rendah dibandingkan tepung terigu rafinasi.Karena kalorinya yang lebih rendah tersebut, tepung gram dapat menjadi pilihan Anda untuk menggantikan tepung terigu biasa.

5. Menangkal efek radikal bebas

Kacang Arab mengandung golongan zat antioksidan kuat yang disebut polifenol. Polifenol dapat mengurangi aktivitas radikal bebas pada makanan, zat berbahaya yang dapat memicu kerusakan di dalam tubuhKarena tepung gram pada dasarnya dibuat dari kacang Arab, tepung ini tentu juga berpotensi untuk memberikan efek positif serupa bagi tubuh.

6. Mengurangi pembentukan akrilamida saat mengolah makanan

Selain melawan aktivitas radikal bebas, tepung gram juga berpotensi untuk mengurangi pembentukan senyawa berbahaya yang disebut akrilamida. Akrilamida merupakan zat sisa yang terbentuk dalam pengolahan makanan. Zat ini kadarnya ditemukan cukup tinggi dalam kudapan berbahan kentang dan tepung.Dibandingkan jenis tepung lain, tepung gram dilaporkan memicu pembentukan akrilamida yang lebih kecil saat dipanaskan. Menggunakan pasta tepung gram saat membuat keripik kentang juga berpotensi untuk mengurangi pembentukan akrilamida.

7. Mengendalikan gula darah

Kandungan serat dalam tepung gram berpotensi untuk mengontrol kadar gula darah. Hal ini terjadi karena serat membantu memperlambat penyerapan gula dari makanan.Tepung gram juga memiliki indeks glikemik yang cenderung rendah. Dengan begitu, efeknya terhadap kenaikan kadar gula darah lebih kecil dibandingkan tepung putih dan terjadi dengan lebih perlahan. 

8. Mengandung tinggi folat

Salah satu jenis mineral yang paling banyak jumlahnya dalam tepung gram adalah folat atau vitamin B9. Vitamin ini amat vital dikonsumsi oleh ibu hamil demi mencegah cacat tabung saraf pada janin. Selain mendapatkan suplemen asam folat, para bumil juga bisa berkonsultasi dengan dokter terkait penggunaan tepung gram untuk membuat kudapan sehat.

Cara membuat tepung gram sendiri di rumah

Jika Anda pernah membuat tepung dari berbagai kacang dan bahan lain, maka Anda tak akan kesulitan membuat tepung gram dari kacang Arab. Berikut ini langkah dan cara membuat tepung gram:
  • Pangganglah kacang Arab kering dalam oven selama sekitar 10 menit pada suhu 175 derajat Celcius atau sampai berwarna cokelat keemasan. Namun, proses pemanggangan ini bisa Anda lewatkan.
  • Giling kacang Arab menggunakan food processor atau blender sampai menjadi bubuk halus berbentuk tepung.
  • Ayak tepung untuk memisahkan potongan kacang arab kasar yang tidak tergiling dengan baik. Anda dapat membuang potongan-potongan kasar tersebut atau menggilingnya kembali menggunakan blender
Tepung gram tersebut bisa dimanfaatkan untuk menggantikan tepung terigu (atau digunakan bersama) saat membuat kudapan manis, seperti kue, crepes, dan pancake. Tepung gram juga bisa dicampurkan sedikit sebagai pengental dalam sup dan kari.Jika tidak langsung dihabiskan, simpanlah tepung gram dalam wadah kedap udara maksimal hingga 6-8 minggu.

Catatan dari SehatQ

Tepung gram adalah tepung yang diolah dari kacang Arab. Tepung gram menawarkan beragam nutrisi dan manfaat yang mengesankan untuk kesehatan.Apabila masih memiliki pertanyaan terkait tepung gram, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ tersedia gratis di Appstore dan Playstore yang berikan informasi kesehatan terpercaya
proteinnutrisiserat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/chickpea-flour-benefits
Diakses pada 21 Februari 2021
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/17191025
Diakses pada 21 Februari 2021
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/what-is-garbanzo-bean-flour-4151184
Diakses pada 22 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait