Ragam Manfaat Suplemen Bromelain dari Nanas untuk Kesehatan


Bromelain adalah enzim yang terkandung dalam tanaman nanas. Bromelain tersedia dalam bentuk suplemen karena menawarkan beberapa manfaat kesehatan, termasuk memulihkan luka bakar.

(0)
02 Jan 2021|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Bromealin bisa dijadikan suplemen untuk mencegah osteoartritisBromelain adalah enzim dalam nanas yang menyehatkan
Bromelain adalah campuran enzim pencerna protein yang terkandung dalam batang, buah, dan sari tumbuhan nanas. Bromelain populer untuk menangani beberapa jenis penyakit sehingga tersedia dalam bentuk suplemen. Ketahui apa saja manfaat suplemen bromelain dan status keamanannya.  

Potensi manfaat bromelain untuk kesehatan

Terdapat sejumlah potensi manfaat bromelain untuk kesehatan, termasuk:

1. Meredakan gejala osteoartritis

Bromelain memiliki efek anti-peradangan dan analgesik. Efek ini berpotensi bermanfaat  untuk meredakan osteoarthritis yang menyerang sendi. Gejala yang dapat diredakan dengan bromelain termasuk rasa sakit, pembengkakan jaringan lunak, dan sensasi kaku pada sendi.

2. Meredakan gejala sinusitis kronis

Suplemen bromelain dilaporkan efektif untuk mengurangi pembengkakan, hidung tersumbat, dan gejala lain yang dipicu oleh sinusitis kronis. Dalam riset yang melaporkan temuan ini, disebutkan bahwa responden penelitian diberikan bromelain setiap hari selama 3 bulan.

3. Berpotensi efektif untuk masalah kardiovaskular

Bromelain dilaporkan efektif untuk menangani masalah di sistem jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular), seperti penyakit arteri perifer, stroke, serangan jantung, hingga tekanan darah tinggi. Bromelain dapat menghambat kemampuan keping darah (trombosit) untuk menggumpal sehingga mengurangi pembentukan gumpalan dan masalah di sistem kardiovaskular.

4. Meredakan asma

Riset pada hewan mengindikasikan bahwa efek antiradang bromelain berpotensi bermanfaat bagi penderita asma atau alergi di saluran napas lainnya. Namun, riset pada manusia tentu diperlukan untuk menguatkan temuan ini.

5. Memulihkan luka bakar

Bila digunakan sebagai krim topikal, bromelain dilaporkan sangat efektif untuk memulihkan luka bakar derajat dua dan tiga. Namun, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter jika ingin memanfaatkan bromelain oles untuk memulihkan jaringan luka.

6. Berpotensi untuk melawan kanker

Bromelain disebutkan menjadi zat yang menjanjikan untuk melawan kanker. Suplemen enzim ini berpotensi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dan mengontrol keganasan sel kanker.

Amankah penggunaan suplemen bromelain?

Bromelain dikategorikan sebagai suplemen yang umumnya diakui aman/generally recognized as safe (GRAS) oleh Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat. Bromelain dapat digunakan sendiri atau dalam bentuk kombinasi dengan zat lain. Biasanya, masyarakat menggunakan bromelain secara topikal untuk menghilangkan kulit mati dari luka bakar. Bromelain juga dikonsumsi secara oral untuk mengurangi peradangan dan pembengkakan - terutama pada saluran hidung.

Efek samping penggunaan bromelain

Layaknya jenis suplemen lain, suplemen bromelain juga dapat menyebabkan efek samping ringan pada beberapa orang. Efek samping tersebut, termasuk:
  • Diare
  • Mual
  • Muntah
  • Perdarahan menstruasi yang lebih berat dari biasanya
Risiko efek samping bromelain di atas bisa meningkat jika dikonsumsi dalam dosis tinggi. Selain itu, karena suplemen mengandung bromelain dalam dosis tinggi, suplemen ini tidak direkomendasikan bagi ibu hamil karena dapat menyebabkan risiko perdarahan.Pastikan Anda berdiskusi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen bromelain untuk mendapatkan dosis yang sesuai.

Peringatan interaksi obat dan reaksi alergi dari bromelain

Selain risiko efek samping, bromelain juga dapat memicu interaksi obat dan reaksi alergi.

1. Interaksi bromelain dengan obat lain

Hindari penggunaan suplemen bromelain bila Anda tengah mengonsumsi obat pengencer darah. Bromelain disebutkan memiliki efek antiplatelet pada darah – sehingga meningkatkan potensi perdarahan yang berlebihan. Untuk alasan ini, pasien yang hendak atau baru saja menjalani operasi harus menghindari suplemen bromelain. Selain itu, bromelain juga dapat berinteraksi pada beberapa jenis antibiotik, seperti amoxicillin dan tetrasiklin.

2. Reaksi alergi 

Bromelain tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang alergi terhadap nanas atau zat lain yang dapat menimbulkan reaktivitas silang. Reaktivitas silang terjadi jika suatu bahan memiliki protein yang mirip dengan bahan yang menjadi alergen tubuh Anda.Anda sebaiknya menghindari suplemen bromelain jika memiliki reaksi terhadap bahan berikut ini:
  • Serbuk sari rumput
  • Getah
  • Seledri
  • Adas
  • Wortel
  • Gandum

Catatan dari SehatQ

Bromelain adalah enzim dalam tumbuhan nanas yang menjanjikan beberapa khasiat kesehatan. Diskusikan terlebih dahulu dokter jika Anda hendak mencoba suplemen bromelain. Jika masih memiliki pertanyaan terkait bromelain, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ tersedia gratis di Appstore dan Playstore yang berikan informasi kesehatan terpercaya.
suplemenasmaluka bakarsinusitis kronisosteoarthritisnanas
American Academy of Allergy Asthma & Immunology. https://www.aaaai.org/conditions-and-treatments/conditions-dictionary/Cross-reactivity
Diakses pada 23 Desember 2020 
Healthline. https://www.healthline.com/health/bromelain
Diakses pada 23 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/pineapple
Diakses pada 23 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait