Ragam Manfaat Pisang untuk Rambut yang Memaniskan Penampilan Anda

(0)
29 Jul 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat pisang untuk rambut cukup mengesankan, seperti membantu rambut lebih mudah diaturManfaat pisang untuk rambut cukup mengesankan, seperti membantu rambut lebih mudah diatur
Pisang ternyata tak hanya lezat untuk disantap. Buah kekuningan ini juga memiliki potensi khasiat untuk menyehatkan rambut yang mungkin tak pernah Anda sangka sebelumnya. Manfaat pisang untuk rambut dapat berasal dari beberapa kandungan kuncinya, seperti silika dan zat-zat antioksidan. Simak pembahasannya serta intip cara membuat masker pisang untuk rambut.

Ragam manfaat pisang untuk rambut untuk memaniskan penampilan

Berikut ini manfaat pisang untuk rambut yang cukup mengesankan:

1. Membuat rambut lebih mudah diatur

Pisang mengandung zat yang disebut silika. Silika dapat diserap oleh tubuh untuk memproduksi kolagen, protein yang turut menyusun rambut agar sehat. Kandungan silika dalam pisang tersebut dikaitkan untuk kesehatan rambut agar helaiannya lebih mudah diatur dan tidak kusut.
Rambut mudah diatur
Masker pisang diyakini membuat rambut mudah diatur
Zat yang dekat berhubungan dengan silika, yakni silikon, juga sering dicampurkan ke dalam produk perawatan rambut seperti kondisioner.

2. Merangsang pertumbuhan rambut

Manfaat pisang untuk rambut lainnya yakni merangsang pertumbuhan rambut. Pasalnya, buah pisang mengandung zat antioksidan yang membantu menguatkan rambut dan kulit kepala. Antioksidan pun tentu akan mengendalikan stres oksidatif akibat paparan radikal bebas. Stres oksidatif menjadi penyebab utama rambut rapuh dan terlihat tua.Apabila Anda sering mengaplikasikan masker pisang untuk rambut, folikel rambut diyakini akan lebih kuat dan tumbuh lebih panjang.

3. Mengusir ketombe

Ketombe pada rambut dapat disebabkan oleh beragam faktor, termasuk iritasi, kulit kepala kering, hingga gangguan oleh bakteri dan jamur. Pisang mengantongi zat-zat antioksidan dan nutrisi yang bersifat antibakteri yang kemudian dikaitkan dengan kemampuannya untuk mengatasi ketombe.Mengaplikasikan masker pisang ke kulit kepala diyakini menambah kelembapan pada area tersebut sehingga dapat mengatasi kondisi kulit kepala yang kering. Sifat antibakteri pisang juga diyakini mampu menghadang mikroba yang memicu ketombe.

Cara membuat masker pisang untuk rambut di rumah

Manfaat pisang untuk rambut di atas bisa kita coba dengan membuat maskernya. Resep masker untuk rambut pun tak sulit dan hanya menggunakan bahan yang sudah ada di dapur Anda.

1. Masker pisang dan madu untuk rambut

Pisang dan madu menjadi pasangan kombo untuk sehatkan rambut. Madu kaya akan antioksidan yang dapat mengondisikan kulit kepala, serta melembapkan kulit kepala yang kering dan teriritasi.Berikut ini resep masker pisang dan madu untuk rambut:
  • Siapkan ½ hingga 1 sdm madu, tergantung panjang rambut. Madu manuka merupakan pilihan terbaik, walau madu lain juga bisa digunakan. Anda juga akan membutuhkan 1-2 buah pisang matang.
  • Tumbuk atau blender pisang menjadi bubur, kemudian campurkan madu untuk diaduk dijadikan masker
  • Aplikasikan masker pisang dan madu ke rambut. Berikan perhatian khusus pada kulit kepala dan bagian akar rambut.
  • Diamkan selama 10–15 menit
  • Bilas rambut dengan air hangat (bukan panas) dan lanjutkan dengan menggunakan kondisioner rambut

2. Masker pisang dan telur untuk rambut

Apabila pisang dan madu cocok untuk mengatasi ketombe, maka pisang dan telur cocok untuk pertumbuhan rambut. Bahkan, sebuah studi tahun 2018 menyebutkan, protein dalam telur dapat merangsang pertumbuhan rambut.Berikut ini resep masker pisang dan telur untuk rambut yang mudah dilakukan:
  • Siapkan 1-2 buah pisang matang dan 1 butir telur
  • Tumbuk atau blender pisang menjadi bubur, kemudian campurkan telur untuk diaduk dijadikan masker
  • Aplikasikan masker pisang dan telur ke rambut, dan berikan perhatian khusus pada kulit kepala dan ujung rambut yang bercabang
  • Diamkan selama 10–15 menit
  • Bilas rambut dengan air dingin dan lanjutkan dengan menggunakan kondisioner rambut.

3. Masker pisang dan alpukat untuk rambut

Buah alpukat pun diyakini menyehatkan rambut karena kaya dengan mineral, protein, dan asam lemak. Masker campuran pisang dan alpukat cocok untuk mengatasi rambut yang terlihat menua sekaligus merangsang pertumbuhannya.Berikut ini resep masker pisang dan alpukat untuk rambut yang bisa Anda coba di rumah:
  • Siapkan 1-2 buah pisang matang dan 1 buah alpukat
  • Tumbuk atau blender pisang menjadi bubur, kemudian campurkan dengan daging buah alpukat
  • Aplikasikan masker pisang dan alpukat ke rambut, dan berikan perhatian khusus pada ujung rambut serta titik-titik lain yang rusak
  • Diamkan selama 10–15 menit
  • Bilas rambut dengan air hangat dan lanjutkan dengan menggunakan kondisioner rambut

Peringatan sebelum menggunakan pisang untuk rambut

Manfaat masker pisang untuk rambut tentu menarik dicoba di rumah. Hanya saja, penting untuk diingat bahwa beberapa orang berisiko mengalami alergi pisang atau alergi karet lateks buah. Apabila Anda memiliki riwayat alergi lateks buah, Anda harus menghindari aplikasi topikal buah pisang, termasuk pada rambut.Saat mengaplikasikan masker pisang, Anda juga harus membilasnya hingga bersih tak bersisa. Residu pisang yang tertinggal di rambut dapat memicu iritasi kulit kepala dan memperparah ketombe.

Catatan dari SehatQ

Manfaat pisang untuk rambut cukup mengesankan, mengingat buah ini sangat mudah dicari dengan harga yang murah. Membuat masker pisang pun tak sulit dan hanya ditambah dengan bahan lain yang sudah ada. Namun, apabila Anda memiliki riwayat alergi lateks buah, masker pisang tidak bisa digunakan, termasuk pada rambut.
kesehatan rambutrambut kering
Healthline. https://www.healthline.com/health/banana-hair-mask
Diakses pada 15 Juli 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-use-hair-mask
Diakses pada 15 Juli 2020
Liebert Publication. https://www.liebertpub.com/doi/10.1089/jmf.2017.4101
Diakses pada 15 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait