Manfaat Pisang untuk Rambut dan Cara Membuat Maskernya yang Mudah


Manfaat pisang untuk rambut ternyata bisa membuat rambut lebih mudah diatur, mempercepat pertumbuhan rambut, dan mengatasi ketombe. Cara memperoleh manfaat masker pisang untuk rambut pun mudah dilakukan.

(0)
29 Jul 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat pisang untuk rambut bisa membuat rambut lebih mudah diaturAnda bisa membuat maksker pisang yang dicampurkan dengan bahan alami lainnya
Pisang ternyata tak hanya lezat untuk disantap. Buah warna kuning ini ternyata memiliki potensi manfaat untuk menyehatkan rambut yang mungkin tak pernah Anda sangka sebelumnya. Apa manfaat pisang untuk rambut? Manfaat pisang untuk rambut berasal dari kandungan silika, yakni suatu jenis mineral yang dapat membuat rambut Anda jadi lebih kuat dan tebal. Tak hanya itu, kandungan antimikroba pada pisang diyakini dapat mengatasi kulit kepala kering dan mengelupas yang menjadi salah satu gejala ketombe. Untuk memperoleh berbagai manfaat pisang untuk rambut, Anda bisa mengolahnya menjadi masker rambut. Simak pembahasannya serta intip cara membuat masker rambut dari pisang selengkapnya dalam artikel ini.

Manfaat pisang untuk rambut

Adapun berbagai manfaat pisang untuk rambut adalah sebagai berikut. 

1. Rambut lebih mudah diatur

Manfaat pisang untuk rambut bisa membuat rambut lebih mudah diatur
Masker pisang diyakini membuat rambut mudah diatur
Salah satu manfaat pisang untuk rambut adalah membuat rambut lebih mudah diatur. Pisang mengandung zat yang disebut silika. Silika dapat diserap oleh tubuh untuk memproduksi kolagen, yakni sejenis protein yang mampu membuat rambut sehat agar lebih mudah diatur dan tidak kusut.Silika merupakan senyawa mineral yang bisa berubah menjadi silikon. Silikon sering kali dicampurkan dalam produk perawatan rambut, seperti kondisioner. Jika Anda rutin menggunakan masker pisang untuk rambut, maka rambut halus, sehat, dan mudah diatur bisa didapat.

2. Mempercepat pertumbuhan rambut

Manfaat pisang untuk rambut bisa mempercepat pertumbuhannya
Rambut lebih cepat tumbuh dengan masker pisang
Manfaat pisang untuk rambut berikutnya adalah mempercepat pertumbuhan rambut. Buah pisang mengandung zat antioksidan yang dapat membantu memperkuat rambut dan kulit kepala. Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam International Journal of Trichology, kandungan antioksidan dalam buah pisang dapat mengurangi stres oksidatif. Stres oksidatif merupakan penyebab utama rambut jadi rapuh dan tampak kusam. BIla Anda sering mengoleskan masker rambut dari pisang, folikel rambut diyakini akan lebih kuat dan lebih cepat panjang.

3. Mengatasi ketombe

Manfaat pisang untuk rambut untuk mengatasi ketombe
Ketombe bisa disebabkan oleh berbagai faktor
Manfaat pisang untuk rambut juga dapat mengatasi ketombeSebuah studi yang Avicenna Journal of Medical Biotechnology, buah pisang mengandung senyawa yang baik untuk kesehatan rambut, seperti antioksidan dan antibakteri. Ketombe biasanya disebabkan oleh berbagai macam faktor, seperti iritasi, kulit kepala kering, hingga infeksi bakteri dan jamur. Nah, mengoleskan masker pisang pada kulit kepala diyakini dapat meningkatkan kelembapan sekaligus mengatasi kondisi kulit kepala kering. Sifat antibakteri pada pisang juga diyakini mampu melawan mikroba yang memicu tumbuhnya ketombe.

Cara memperoleh manfaat masker pisang untuk rambut 

Manfaat pisang untuk rambut di atas bisa kita peroleh dengan membuat maskernya. Cara membuat masker rambut dari pisang pun tidak sulit. Anda bisa mengombinasikannya dengan bahan alami lain. Berikut adalah cara membuat masker pisang untuk rambut yang bisa dicoba. 

1. Masker pisang dan madu 

Manfaat pisang untuk rambut bisa dibuat jadi masker
Masker pisang bisa dicampurkan dengan madu
Anda bisa membuat masker pisang dan madu untuk rambut sehat. Sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Cosmetic Dermatology mengemukakan bahwa madu mengandung berbagai antioksidan yang dapat menyehatkan kulit kepala sekaligus melembapkannya agar tidak kering dan iritasi. Bahan-bahan yang harus disiapkan: 
  • ½ - 1 sendok makan madu, tergantung panjang rambut. Anda bisa menggunakan madu manuka, atau jenis madu lainnya.
  • 1-2 buah pisang matang.
Cara membuat dan menggunakan masker pisang dan madu:
  • Tumbuk atau blender pisang menjadi bubur. Lalu, campurkan madu. 
  • Aduk merata sampai menjadi pasta masker kental. 
  • Oleskan masker pisang dan madu pada helaian rambut, terutama kulit kepala dan bagian akar rambut.
  • Diamkan selama 10–15 menit.
  • Bilas rambut dengan air hangat (bukan panas). 
  • Kemudian, gunakan sampo dan kondisioner rambut seperti biasa. 
Baca Juga: Manfaat Madu untuk Rambut dan Cara Menggunakannya

2. Masker pisang dan telur 

Anda bisa menggunakan memperoleh manfaat masker pisang dan telur untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Medicinal Food menyebutkan bahwa kandungan protein dalam telur dapat merangsang pertumbuhan rambut. Berikut adalah cara membuat masker pisang dan telur untuk rambut yang mudah dilakukan. 
  • Siapkan 1-2 buah pisang matang dan 1 butir telur.
  • Tumbuk atau blender pisang menjadi bubur, tuang ke dalam mangkuk. 
  • Tambahkan telur ke dalam mangkuk berisi pisang. Aduk merata sampai kental. 
  • Oleskan masker pisang dan telur pada helaian rambut, terutama kulit kepala dan ujung rambut yang bercabang.
  • Diamkan selama 10–15 menit
  • Bilas rambut dengan air dingin dan lanjutkan menggunakan sampo dan kondisioner rambut seperti biasa.

3. Masker pisang dan alpukat 

Masker pisang dan alpukat cocok untuk mengatasi rambut yang mulai menua, serta membuat rambut tampak lebih bervolume. Manfaat alpukat untuk rambut berasal dari kandungan mineral, protein, dan asam lemak yang dapat menghaluskan dan menyehatkan folikel rambut. Berikut cara membuat masker dari pisang dan alpukat yang bisa dicoba. 
  • Siapkan 1-2 buah pisang matang dan 1 buah alpukat.
  • Tumbuk atau blender pisang sampai halus, kemudian campurkan dengan daging buah alpukat yang sudah dihaluskan.
  • Oleskan masker pisang dan alpukat pada helaian rambut, terutama pada ujung rambut dan area rambut yang rusak. 
  • Diamkan selama 10–15 menit
  • Bilas rambut dengan air hangat. Kemudian, lanjutkan dengan penggunaan sampo dan kondisioner rambut.
  • Bilas rambut dengan air hangat dan lanjutkan dengan menggunakan kondisioner rambut

4. Masker pisang dan minyak kelapa

Masker pisang dan minyak kelapa merupakan kombinasi yang tepat untuk mendapatkan rambut lembut dan terasa lembap. Bagi Anda yang kerap mewarnai rambut atau masalah rambut rusak, penggunaan masker pisang ini bisa diterapkan.
  • Siapkan 1 sendok makan minyak kelapa dan 1-2 buah pisang. 
  • Haluskan buah pisang terlebih dahulu dalam sebuah mangkuk, atau gunakan blender. 
  • Jika sudah, masukkan minyak kelapa ke dalam buah pisang yang sudah dihaluskan.
  • Aduk merata sampai teksturnya tercampur merata. 
  • Oleskan masker pada helaian rambut, terutama kulit kepala. Kalau Anda punya masalah ketombe, bungkus rambut menggunakan shower cap
  • Diamkan selama 19-15 menit. 
  • Bilas rambut dengan air suam-suam kuku.  

Hal yang perlu diketahui sebelum menggunakan masker pisang untuk rambut

Manfaat masker pisang untuk rambut tentu menarik untuk dicoba di rumah. Namun, penting untuk diingat bahwa beberapa orang mungkin saja berisiko mengalami reaksi alergi terhadap penggunaan masker dari pisang. Maka dari itu, sebelum mengoleskan masker rambut dari pisang, coba cek pada area kulit siku bagian dalam terlebih dahulu guna mengetahui reaksi yang ditimbulkan. Jika muncul reaksi alergi, seperti kulit gatal, kemerahan, sensasi seperti terbakar, hingga pembengkakan, jangan gunakan masker pisang untuk rambut. Di samping itu, setelah menggunakan masker dari pisang, bilas rambut sampai bersih. Residu masker pisang yang masih menempel pada rambut dipercaya bisa memicu iritasi kulit kepala dan memperparah ketombe. 

Catatan dari SehatQ

Manfaat pisang untuk rambut memang menarik untuk dicoba. Terlebih, cara membuatnya pun tidak sulit dilakukan. Kendati demikian, pemakaiannya perlu hati-hati. Tak ada salahnya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit terlebih dahulu sebelum memperoleh manfaat masker pisang untuk rambut. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk mengetahui lebih lanjut seputar manfaat masker pisang untuk rambut. Caranya, unduh sekarang melalui App Store dan Google Play.
kesehatan rambutrambut keringpertumbuhan rambut kepala
Healthline. https://www.healthline.com/health/banana-hair-mask
Diakses pada 15 Juli 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-use-hair-mask
Diakses pada 15 Juli 2020
Liebert Publication. https://www.liebertpub.com/doi/10.1089/jmf.2017.4101
Diakses pada 15 Juli 2020
Journal of Cosmetic Dermatology. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/jocd.12058
Diakses pada 1 April 2021
International Journal of Trichology. https://www.ijtrichology.com/article.asp?issn=0974-7753;year=2009;volume=1;issue=1;spage=6;epage=14;aulast=Trueb
Diakses pada 1 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait