Ragam Manfaat Olahraga bagi Tulang dan Sendi yang Sering Sakit


Manfaat olahraga bagi tulang dan sendi antara lain untuk mencegah tulang keropos, membuat tulang menjadi lebih kuat, mengurangi risiko patah tulang, hingga memastikan tulang mendapatkan nutrisi yang baik

(0)
21 Feb 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat olahraga untuk tulang dan sendi ada beragamManfaat olahraga untuk tulang dan sendi salah satunya cegah osteoporosis
Ada banyak manfaat olahraga bagi tulang dan sendi, mulai dari memperkuat tulang hingga mencegah terjadinya tulang keropos alias osteoporosis. Manfaat ini bisa didapatkan semua orang, termasuk Anda yang kerap mengalami nyeri di area tulang dan sendi.Olahraga untuk menguatkan tulang perlu dilakukan sejak usia muda. Sebab, kebiasaan ini akan dilakukan sebagai persiapan menghadapi perubahan yang akan terjadi pada tulang seiring bertambahnya usia.

Manfaat olahraga bagi tulang dan sendi

Berikut ini manfaat olahraga bagi tulang dan sendi yang bisa didapatkan apabila teratur dilakukan.
Manfaat olahraga untuk tulang dan sendi adalah menguatkan tulang
Rajin berolahraga akan membuat tulang tetap kuat

1. Menjaga tulang agar tetap kuat

Olahraga bisa membuat tulang menjadi lebih kuat karena organ ini akan menyesuaikan diri dengan aktivitas yang kita lakukan.Saat kita banyak bergerak atau berolahraga, tulang akan menggunakan lebih banyak kalsium dan membuat dirinya menjadi lebih padat. Sebaliknya, ketika jarang digunakan, kepadatan tulang akan terus berkurang.Dengan rutin berolahraga, kepadatan alias massa tulang akan tetap terjaga dan mengurangi risiko kerusakan tulang akibat usia.

2. Mengurangi risiko cedera

Dengan berolahraga, maka keseimbangan dan koordinasi Anda akan terlatih dan terjaga. Hal ini akan memberikan manfaat dalam jangka panjang, sebab seiring bertambahnya usia kita akan lebih rentan untuk jatuh.Tulang yang tidak kuat alias keropos, ditambah berkurangnya keseimbangan, akan meningkatkan risiko terjadinya cedera termasuk patah tulang. Oleh karena itu untuk mencegahnya, berolahraga secara teratur sangat penting dilakukan.

3. Menjaga sendi tetap terlumasi

Sendi adalah perpaduan dua tulang yang saling berkait. Untuk bisa bergerak, pada sendi terdapat cairan yang disebut sebagai cairan sinovial. Cairan ini lah yang akan bertindak sebagai pelumas sendi layaknya oli pada mesin.Saat cairan ini jumlahnya kurang dari normal, maka sendi dan pergerakan tulang akan terganggu. Dengan berolahraga secara teratur, maka sirkulasi cairan sinovial akan berjalan dengan baik dan menjaga sendi dari kerusakan.
Manfaat olahraga untuk kesehatan tulang antara lain bisa melancarkan sirkulasi darah
Olahraga akan membuat sirkulasi darah ke tulang lebih lancar

4. Membuat sirkulasi darah ke tulang lebih lancar

Salah satu manfaat olahraga bagi sendi berkaitan dengan lancarnya peredaran darah. Saat kita berolahraga, maka jantung akan terpacu dan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, termasuk ke sendi dan tulang.Darah membawa oksigen dan nutrisi. Dengan demikian saat sirkulasi lancar, maka pembagian oksigen dan nutrisi yang sangat penting untuk tubuh pun akan berlangsung merata.

5. Melindungi sendi

Manfaat olahraga untuk tulang dan sendi juga dapat diperoleh secara tidak langsung. Sebab saat kita beraktivitas fisik, otot, tendon dan ligamen yang ada di sekeliling sendi akan semakin kuat.Organ-organ yang mengelilingi ini lah yang akan memberikan perlindungan kepada sendi, sehingga tulang-tulang yang terlibat tidak rentan mengalami kerusakan, termasuk cedera.

6. Menyingkirkan zat sisa dari sendi

Olahraga memicu sebuah proses di tubuh yang dinamakan autofagi, yaitu ketika sel-sel yang rusak di sendi, akan dipecah dan disingkirkan. Dengan begitu, sel-sel di tulang dan sendi akan senantiasa melakukan regenerasi dan mengurangi risiko kerusakan.

7. Mengaktifkan gen yang menyehatkan untuk sendi

Berolahraga secara teratur dengan intensitas yang sesuai akan membantu mengaktifkan gen yang dapat membangun tulang, khususnya tulang rawan.Baca Juga: Mengenal Macam-macam Kelainan yang Bisa Terjadi pada Tulang

Jenis olahraga yang baik untuk tulang dan sendi

Pemanasan penting dilakukan untuk mendapatkan manfaat olahraga bagi tulang dan sendi
Pemanasan bisa mengurangi nyeri pada radang sendi
Dari sekian banyak jenis olahraga, ada beberapa jenis yang dipercaya sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi, seperti di bawah ini.

• Pemanasan ringan

Pemanasan ringan sebelum olahraga tidak hanya akan mengurangi risiko terjadinya cedera saat berolahraga, tapi juga akan membantu meredakan nyeri bagi Anda yang mengidap radang sendi.

• Olahraga dengan memanfaatkan berat badan

Olahraga yang dilakukan dengan memanfaatkan berat badan kita sendiri disebut sebagai weight bearing exercise. Jenis olahraga ini akan membantu menguatkan otot dan tulang dengan cara melawan gaya gravitasi.Saat kaki Anda menopang bobot tubuh, maka tulang akan mendapatkan tekanan yang membuatnya bekerja lebih keras. Oleh karena itu, tulang terlatih dan lama-kelamaan akan menjadi lebih kuat.Contoh dari jenis olahraga ini antara lain:

• Latihan kekuatan

Latihan kekuatan tidak hanya akan membantu menambah massa otot, tapi juga kekuatan tulang. Contoh latihan yang dapat Anda lakukan antara lain angkat beban dan push up.

• Latihan kelenturan

Semakin lentur, maka risiko terjadinya cedera saat bergerak atau berolahraga akan semakin rendah. Saat tubuh Anda lentur, maka sendi akan tidak akan sulit untuk digerakkan dan mempermudah Anda dalam beraktivitas.Contoh olahraga yang bisa dilakukan untuk melatih kelenturan antara lain yoga, tai chi dan pilates.Manfaat olahraga bagi tulang dan sendi sangat beragam. Namun perlu diingat bahwa manfaat tersebut bisa didapatkan jika Anda melakukannya secara teratur setiap hari.Jangan lupa, sertakan juga usaha ini dengan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang dan baik untuk tulang seperti makanan tinggi kalsium serta vitamin.
masalah tulangpenyakit sendikesehatan tulang
Arthritis Foundation. http://blog.arthritis.org/living-with-arthritis/exercise-benefits-for-joints/
Diakses pada 9 Februari 2021
Ortho Info. https://orthoinfo.aaos.org/en/staying-healthy/exercise-and-bone-health/
Diakses pada 9 Februari 2021
The American Orthopaedic Society for Sports Medicine. https://www.sportsmed.org//aossmimis/STOP/Downloads/SportsTips/ExerciseBoneHealth.pdf
Diakses pada 9 Februari 2021
Harvard Health Publishing. https://www.health.harvard.edu/womens-health/exercise-can-help-you-keep-your-bones-strong
Diakses pada 9 Februari 2021
Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/how-to-keep-your-joints-healthy-with-the-right-exercise/
Diakses pada 9 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait